Ukuran Piston Aerox Sesuai Kapasitas Mesin

Ukuran piston Aerox – Piston pada kendaraan merupakan salah satu komponen penting, yang bertugas untuk menciptakan ruang bakar bagi kendaraan. Piston sendiri memiliki bentuk silinder head dan silinder blok.

Advertisements

Lalu berapa ukuran piston pada motor Aerox? Ukuran piston Aerox adalah 58 mm, ukuran tersebut dapat Anda jadikan acuan dalam penggatian piston Aerox Anda.

Sedangkan bagi Anda yang membutuhkan penjelasan lebih rinci terkait ukuran piston Aerox. Silahkan menyimak artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Ukuran Piston Aerox
  • Permasalah yang Sering Terjadai Pada Piston Aerox
  • Tanda Piston Aerox Rusak
  • Jadwal Penggantian Piston Aerox
Advertisements

Ukuran Piston Aerox

Motor Yamaha Aerox hingga saat ini sebenarnya memiliki 5 jenis tipe motor yang dapat Anda ketahui. Meski demikian seluruh tipenya memiliki spesifikasi mesin yang sama yaitu 155 cc.

Hal yang membedakan terletak pada beberapa komponen lainnya. Maka dari itu dapat diketahui ukuran piston Aerox standard adalah 58 mm. Meski demikian motor Yamaha Aerox masih bisa melakukan upgrade kapasitas mesin dan piston sebagai berikut:

Kapasitas MesinUkuran Piston
155 cc (Standard)58 mm (standard)
177 cc62 mm
180 cc62,5 mm
185 cc63 mm

Sedangkan jika Anda hendak membeli produk piston Aerox dengan berbagai pilihan model dan harga, silahkan untuk melakukan pembelian pada aplikasi Shopee. Klik link di bawah ini agar bisa terhubung.

Advertisements

Permasalah yang Sering Terjadai Pada Piston Aerox

Anda perlu memahami beberapa masalah yang bisa terjadi pada piston motor Aerox Anda. Berikut ini merupakan permasalahan umum yang sering terjadi pada piston Aerox, yaitu:

Bore Up yang Salah

Bore up merupakan salah satu kegiatan modifikasi piston yang bertujuan untuk meningkatkan daya mesin motor. Sebagai contoh dari mesin 155 cc ke 220 cc. Hal ini disesuaikan dengan keinginan pemilik. Mengubah ukuran mesin kendaraan juga harus merubah ukuran piston.

Meski demikian masih banyak pengendara yang salah memadukan ukuran mesin dengan ukuran piston Aerox. Hal ini dapat menyebabkan bore up yang salah dan menyebabkan motor sering bermasalah.

Piston Jebol

Kondisi ini dapat ditandai dengan berkurangnya tekanan dan pembakaran yang dilakukan oleh piston, sebagai tenaga penggerak pada motor Aerox. Pada kondisi ini juga dapat menyebabkan piston pecah yang mewajibkan adanya penggantian piston.

Mesin Kendaraan Lebih Mudah Panas

Piston pada motor Aerox akan melakukan pembakaran yang lebih untuk meningkatkan kecepatan ketika berkendara. Oleh karena itu dengan pembakaran yang terlalu besar dapat menyebabkan mesin kendaraan cepat panas.

Boros Bahan Bakar dan Pelumas

Efek buruk lain yang dapat terjadi pada piston aerox adalah dapat menyebabkan kendaraan lebih boros pelumas dan juga bakan bakar. Kondisi ini dapat membuat Anda mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Top Speed Menurun

Meski sebagai penggerak dan pembakaran pada mesin kendaraan. Terdapat kondisi dimana piston motor Aerox dapat memiliki top speed yang menurun. Hal ini juga dapat disebabkan karena rumah filter yang rusak.

Piston Mengeluarkan Suara Bising

Kondisi piston yang sudah rusak adalah timbulnya suara berisik dari piston tersebut. Kondisi ini dapat disebabkan karena beberapa penyebab seperti adanya lubang atau celah pada piston tersebut.

Kondisi ini jika tidak segera ditangani dapat merusak komponen mesin lainnya

Tanda Piston Yamaha Aerox Rusak

Berikut ini adalah tanda-tanda yang dapat Anda ketahui  ketika piston Aerox rusak, yaitu:

  • Timbulnya suara kasar pada mesin ketika dikendarai
  • Knalpot motor mengeluarkan asap putih dengan aroma gosong dan tebal
  • Kompresi pada mesin kendaraan rendah
  • Oli sering habis
  • Kendaraan menjadi sulit untuk dinyalakan
  • Kinerja dari mesin motor menurun

Jadwal Penggantian Piston Yamaha Aerox

Penggantian piston kendaraan disarankan ketika jarak tempuh motor Anda sudah mencapai jarak 50.000 km. Ketika melakukan ganti piston Anda juga harus melakukan servis, ganti ring piston beserta ganti oli kendaraan.

Sedangkan biaya untuk ganti piston Yamaha Aerox di bengkel berkisar di harga Rp. 400.000. Biaya ini termasuk biaya pasang, piston, ring piston, pen dan juga clip.

Anda juga dapat mengganti piston Yamaha Aerox Anda jika sudah muncul tanda kerusakan pada piston, sesuai dengan penjelasan pada point sebelumnya.