Ukuran Kunci L Cakram Motor dan Mobil Honda

Ukuran kunci L cakram Honda – Pemasangan cakram pada pelek menggunakan baut L atau bintang yang diberi lem agar tetap kuat. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah alat untuk melepas baut tersebut dari piringan cakram yang bernama kunci L.

Advertisements

Lalu berapa ukuran kunci L cakram Honda? Ukuran kunci L cakram Honda adalah T40. Ukuran ini sama, baik untuk motor maupun mobil.

Berikut ini beberapa pembahasan tentang kunci L Cakram Honda pada artikel ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Kunci L Cakram Honda
  • Rekomendasi dan Harga Kunci L Cakram Honda
  • Cara Buka Cakram Honda Menggunakan Kunci L
  • Tips Buka Cakram Honda Pakai Kunci L yang Sering Slek
  • Pentingnya Ganti Cakram dan Kampas Rem Honda
Advertisements

Ukuran Kunci L Cakram Honda

Ukuran kunci L cakram Honda adalah T40. Ukuran L cakram ini baik mobil maupun motor, sama. Kunci L yang digunakan untuk membuka cakram Honda memiliki bentuk bintang pada ujungnya.

Kunci L cakram Honda tersebut memiliki fungsi untuk membuka baut pengikat pada kaliper rem cakram. Selain itu, kunci L cakram bintang bisa digunakan untuk motor Honda seperti Vario, Beat, Supra X 125, dan sepeda motor Honda lainnya.

Anda bisa membeli kunci L cakram Honda di toko – toko sparepart ataupun secara online. Untuk pembelian kunci L cakram Honda secara online, silahkan lihat produknya di aplikasi Shopee. Ada banyak pilihan produk serta gratis ongkir. Tekan tombol di bawah ini untuk menuju ke link tokonya.

Rekomendasi dan Harga Kunci L Cakram Honda

Terdapat berbagai macam merk serta kualitas bahan kunci L cakram Honda yang dijual di pasaran baik lokal ataupun luar negeri.

Pada umumnya, kunci L terbuat dari material chrome vanadium. Namun untuk kualitas yang lebih baik, Anda bisa memilih kunci L cakram Honda yang terbuat dari bahan besi baja S2.

Berkut ini beberapa rekomendasi merk Kunci L Cakram Honda yang dijual di pasaran:

Advertisements
  • Tekiro (Rp. 18.000)
  • Mollar (Rp. 10.000)
  • Lakoni Pro (Rp. 10.000)
  • Anata (Rp. 47.000)

Cara Buka Cakram Honda Menggunakan Kunci L

Penggantian cakram Honda bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuka baut rem cakram Honda menggunakan kunci L:

  1. Siapkan palu dan kunci L ukuran T40.
  2. Pastikan roda motor dalam posisi berdiri saat akan dilepas baut – baut nya.
  3. Kemudian, pukul semua baut piringan rem cakram menggunakan palu secara hati – hati.
  4. Buka semua baut pada piringan cakram menggunakan kunci L.
  5. Putar kunci L sampai semua baut terlepas.

Tips Buka Cakram Honda Pakai Kunci L yang Sering Slek

Baut yang dipasang di piringan rem cakram telah diberi lem agar piringan tetap kuat. Hal tersebut tentu membuat baut akan sangat sulit dilepas. Jika tetap dipaksa, maka membuat baut pengikatnya akan slek ataupun rusak.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuak baut cakram Honda menggunakan kunci L dengan mudah.

Advertisements

Pukul kepala baut menggunakan palu

Sebelum membuka baut menggunakan kunci L, Anda perlu memukul kepala baut menggunakan palu terlebih dahulu. Pukul secukupnya saja, tidak perlu terlalu keras. Tujuannya agar lem pada baut tersebut bisa terlepas.

Gunakan obeng ketok

Obeng ketok merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk melepas skrup dengan tingkat kekencangan yang tinggi. Anda bisa menggunakan obeng ketok yang ujungnya diganti dengan kunci L bintang. Dengan menggunakan alat tersebut, maka baut akan lebih mudah terlepas.

Pentingnya Ganti Cakram dan Kampas Rem Honda

Penggantian piringan cakram Honda perlu dilakukan saat kondisi ketebalanyya mulai berkurang. Biasanya hal tersebut ditunjukkan melalui permukaan piringan cakram yang sudah tidak rata atau cekung karena terkena gesekan kampas rem.

Jika kondisi cakram Honda sudah tidak bagus, maka Anda perlu segera melakukan penggantian. Penggantian cakram Honda harus bersamaan dengan kampas rem agar bentuk piringan cakram dan kampas rem bisa sesuai.

Lalu apa akibatnya jika cakram rem Honda dan kampas rem tidak diganti jika kondisiya sudah tidak baik?

Piringan cakram Honda yang sudah mengalami beret parah membuat daya pengereman menjadi kurang. Hal tersebut tentu akan membahayakan bagi pengendara motor.