Ukuran Komstir Motor : Honda, Yamaha, dan Suzuki

Advertisements

Ukuran Komstir Motor – Komstir merupakan bagian penting yang ada pada motor yang fungsinya untuk menyeimbangkan serta menstabilkan stang motor. Komstir ini letaknya ada di bagian stir motor, atau lebh tepatnya berada di antara segitiga atau fork.

Ukuran komstir yang digunakan untuk tipa sepeda motor berbeda – beda. Untuk itu, kami telah menyediakan daftar ukuran komstir motor lengkap semua di bawah ini.

Jika Anda ingin ingin mengganti komstir, Anda dapat mengunjungi toko otomotif di shopee melalui tombol berikut.

Toko ini menyediakan sparepart untuk honda, yamaha, suzuki, dan lainnya.

Daftar Isi :

  • Ukuran Komstir Motor Honda
  • Ukuran Komstir Motor Yamaha
  • Ukuran Komstir Motor Suzuki
  • Ciri – ciri Komstir Motor Rusak
  • Waktu yang Tepat Ganti Komstir Motor
  • Setelan Komstir Motor

Ukuran Komstir Motor Honda

Berikut ini daftar ukuran komstir untuk motor Honda:

Merk MotorUkuran Komstir
Grand Supra 100 Supra Fit Supra X 125 FI Revo 100 Revo AT Revo FI Karisma Kirana Beat Scoopy Vario 110, 125, 150Kerangka bawah : Diameter dalam 35 mm, diameter luar 54 mm, Kerangka atas : Diameter dalam 27,40 mm, diameter  luar 45 mm, Segitiga bawah : Diameter luar 51 mm, diameter dalam 33 mm Segitiga atas : Diameter dalam 27,40 mm, diameter luar 45 mm,  
CBR 150 CBR 150 R Megapro  New Verza CB150 VerzaKerangka bawah : diameter dalam 27,50 mm, diameter luar 48,50 m, Kerangka atas : diameter dalam 27, 50 mm, diameter luar 48,50 mm, Segitiga bawah : diameter dalam 26,50 mm, Diameter luar 42 mm Segitiga atas : diameter dalam 25,60 mm, diameter luar 42 mm  
Tiger Tiger 2000 Megapro GL Pro Neotech GL 100Kerangka bawah : diameter dalam 24 mm, diameter luar 41 mm Kerangka atas : diameter dalam 24 mm, diameter luar 41 mm Segitiga bawah : diameter dalam 23,5 mm diameter luar 38 mm, Segitiga atas : diameter dalam 22 mm, diameter luar 41 mm  

Ukuran Komstir Motor Yamaha

Berikut rincian ukuran komstir untuk motor Yamaha.

Merk MotorUkuran Komstir
Mio Mio  Soul Mio J Mio M3 Fino Vega Jupiter MX 150 MX New RX KingDiameter Luar 48 mm
Diameter dalam 30 mm
Vixion Scorpio R 15 R 25 Soul GT Xeon Nmax Lexi AiroDiameter Luar 48 mm
Diameter dalam 25 mm

Ukuran Komstir Motor Suzuki

Merk MotorUkuran Komstir
Smash Smash Titan Shogun Shogun 125 Shogun Axello 125 Satria 2 tak Satria FU Spin Skydrive Skywave Nex RCDiameter dalam 24 mm
Diameter luar 39 mm
Thunder TRS A100Ukuran komstir :Diameter dalam 25 mm, diameter luar 39 mm
Ukuran pelor : Diameter dalam 27,5 mm, diameter luar 45 mm
Ukuran peluru : Diameter 5 mm

Ciri – Ciri Komstir Motor Rusak

Komstir motor yang rusak akan menimbulkan beberapa ciri – ciri, antara lain :

Setir susah dibelokkan

Jika stang sulit dikendalikan, maka bisa jadi penyebabnya adalah komstir yang rusak. Akibatnya, pada saat setir dibelokkan akan terasa sedikit kaku sehingga motor menjadi lebih sulit untuk dikendalikan.

Muncul suara aneh

Kerusakan komstir bisa juga ditunjukkan dengan munculnya suara aneh pada stang, terutama pada saat motor melewati jalan yang bergelombang.

Timbul getaran

Ciri lainnya komstir rusak adalah timbulnya getaran pada motor terutama pada saat berada di tanjakan. Biasanya getaran tersebut akan terasa semakin parah.

Rem Blong

Rem blong juga bisa disebabkan oleh komstir yang rusak. Karena rusaknya komstir bisa membuat adanya jarak saat menggunakan rem depan. Jika jarak pengereman berubah, maka rem akan terasa blong.

Waktu yang Tepat Ganti Komstir

Sebenarnya tidak ada waktu yang spesifik kapan harus mengganti komstir. Namun biasanya pada jarak tempuh di atas 15.000 km komstir motor mulai mengalami kerusakan. Anda bisa mengeceknya untuk mengetahui letak kerusakan komstir dan memperbaikinya.

Setelan Komstir Motor

Biasanya para pengguna sepeda motor menyetel komstir pada motor mereka sesuai dengan kebutuhannya.  Beberapa setelan komstir motor yang sering diaplikasikan pada motor antara lain:

Setelan komstir kencang

Setelan komstir yang sedikit kencang cocok digunakan untuk motor balap lurus ataupun drag. Namun jika setelan komstir terlalu kencang diaplikasikan untuk motor sehari – hari, maka motor akan sulit dibelokkan sehingga akan menyulitkan pemakainya.

Setelan komstir kendor

Setelan komstir motor yang kendor akan terasa pada saat melewati jalanan yang rusak. Biasanya pada saat rem mendadak, stang terasa mau copot.

Setelan komstir seperti ini tidak berbahaya bagi pengendara sepeda motor, namun efeknya komstir akan cepat rusak.

Setelan komstir yang pas

Setiap pengendara memiliki setelan komstirnya masing – masing sesuai kebutuhan. Namun yang jelas setelan komstir yang pas untuk motor adalah stang kemudi tidak berbelok ke arah kanan atau kiri dengan sendirinya alias seimbang. Sehingga setir motor terasa seimbang dan bisa dikendalikan dengan mudah.