Ukuran Klep Vega R dan ZR

Ukuran Klep Vega – Komponen klep motor terdiri dari klep masuk dan buang dengan ukuran masing – masing. Namun, biasanya ukuran diameter klep in (masuk) lebih besar, jika dibandingkan dengan klep ex (buang). Untuk mengetahui ukuran klep Vega, silahkan simak artikel berikut.

Advertisements

Berapa ukuran klep Vega? Ukuran klep Vega adalah 21 mm (klep in) dan 19 mm (klep ex). Sedangkan, ukuran klep in Vega ZR sebesar 23 mm, dan 20 mm  bagian klep ex.

Pada artikel Ukuran Klep Vega akan dibahas tentang :

  • Ukuran Klep Vega
  • Harga Klep Motor Vega
  • Ukuran Celah Klep Vega
  • Dampak Setelan Klep Vega Terlalu Rapat
  • Dampak Setelan Klep Vega Terlalu Renggang
  • Ciri – Ciri Klep Vega Harus Disetel Ulang

Ukuran Klep Vega

Advertisements

Di bawah ini merupakan ukuran klep Vega.

Tipe MotorKlep InKlep Out
Vega2119
Vega R2119
Vega ZR2320

Meskipun memiliki ukuran klep yang berbeda, Yamaha Vega memiliki diameter batang yang sama yaitu 4,5 mm.

Dengan adanya klep pada motor berfungsi sebagai pengendali sirkulasi campuran zat dan pengunci zat yang berada dalam ruang pembakaran.

Harga Klep Motor Vega

Berapa harga klep Vega R original?  Harga klep Vega R adalah Rp. 101.000. Sedangkan, harga klep Vega R New sekitar Rp. 106.900.

Setelah mengetahui ukuran dan harga klep Yamaha Vega, untuk pembelian klep dapat dilakukan secara online via Shopee. Bagi Anda yang ingin mengetahui ketersediaan produk klep Yamaha Vega, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Ukuran Celah Klep Yamaha Vega

Selain memperhatikan ukuran klep, jarak celah klep juga akan berpengaruh pada kinerja mesin motor Yamaha Vega. Ukuran celah klep standar adalah 0,05 mm (klep in) dan 0,08 (klep ex).

Salah satu fungsi dari adanya celah klep pada motor dapat membatasi ruang pemuaian komponen. Jika jarak celah klep tidak sesuai rekomendasi akan menimbulkan beberapa efek samping. Oleh karena itu, diperlukan penyetelan klep Yamaha Vega.

Tahukah Anda bahwa celah klep ex (klep buang) bertujuan untuk mencegah terjadinya pemuaian berlebih di klep in, karena suhu pada klep ex lebih tinggi.

Dampak Setelan Klep Vega Terlalu Rapat

Setelan klep Yamaha Vega yang terlalu rapat dapat menimbulkan beberapa efek samping, antara lain jumlah konsumsi bahan bakar lebih boros, mesin motor menjadi panas, dan akselerasi motor menjadi lambat.

Alasan yang membuat konsumsi bahan bakar boros yaitu posisi klep yang terlalu rapat membuat waktu buka klep in semakin lama, sehingga campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran lebih banyak. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, dapat menimbulkan overlapping klep.

Dampak Setelan Klep Vega Terlalu Renggang

Advertisements

Tidak hanya kerapatan, setelan klep yang terlalu renggang juga memiliki dampak buruk pada performa motor, antara lain :

  • Timbul suara berisik pada mesin
  • Pasokan bahan bakar yang masuk ruang pembakaran berkurang
  • Tenaga mesin motor berkurang
  • Mesin tersendat pada putaran tinggi.

Ciri – Ciri Klep Vega Harus Disetel Ulang

Seiring berjalannya waktu pemakaian dapat membuat klep bergeser posisi menjadi lebih rapat atau renggang. Oleh karena itu, diperlukan penyetelan ulang klep Yamaha Vega agar mesin dapat berjalan secara optimal.

Di bawah ini merupakan ciri – ciri klep Vega harus disetel ulang.

Timbul suara ngelitik pada mesin

Apabila suara ngelitik timbul pada mesin motor Vega, hal ini menjadi pertanda adanya pergeseran klep menjadi lebih renggang. Jika hal ini terjadi pada motor Anda, silahkan setel ulang klep motor Vega.

Tarikan gas motor terasa berat

Pertanda selanjutnya, klep yang harus disetel ulang akan membuat performa mesin turun dan tarikan gas motor terasa berat. Namun, hal tersebut tidak selalu disebabkan karena perubahan setelan klep.

Mesin motor lebih cepat panas

Tidak hanya suara ngelitik pada mesin, kondisi mesin yang cepat panas berlebihan juga menjadi salah satu tanda klep harus disetel ulang. Namun, untuk memastikan hal tersebut perlu dilakukan pengecekan.