Ukuran Klep Scoopy : Klep In dan Ex

Ukuran Klep Scoopy ~ Setiap motor memiliki ukuran diameter, serta jarak celah klep masing – masing. Ukuran klep in dan klep ex Scoopy berbeda, dimana ukuran klep in lebih besar. Untuk mengetahui ukuran klep Scoopy dan jarak celah lebih lengkap, simak artikel di bawah ini.

Advertisements

Berapa ukuran klep Scoopy? Ukuran klep Scoopy adalah 25.5 mm klep intake, dan 21.5 mm klep exhaust, dengan ukuran diameter batang 5 mm.

Pada artikel Ukuran Klep Scoopy, akan membahas tentang :

  • Ukuran Klep Scoopy
  • Harga Klep Motor Scoopy
  • Ukuran Celah Klep Motor Scoopy
  • Ciri – Ciri Klep Scoopy Harus Disetel Ulang
  • Dampak Setelan Klep Scoopy Tidak Tepat
  • Efek Diameter Klep Scoopy Lebih Besar

Ukuran Klep Scoopy

Advertisements

Berdasarkan informasi yang diperoleh, ukuran klep in Scoopy yaitu 25.5 mm, sedangkan ukuran diameter klep out 21.5 mm.

Seperti kendaraan bermotor lainnya, ukuran klep intake Scoopy lebih besar bertujuan agar jumlah udara banyak yang masuk dalam ruang pembakaran sebelum proses kompresi. Sedangkan, ukuran klep out / exhaust lebih kecil karena fungsinya hanya sebagai penyalur buangan gas.

Harga Klep Motor Scoopy

Berapa harga klep Scoopy? Harga klep Scoopy original adalah Rp. 65.000 – Rp. 83.400 per set. Sedangkan, harga klep Scoopy NPP sekitar Rp. 55.000.

Ketika Honda Scoopy yang dimiliki memerlukan penggantian klep, sebaiknya gunakan produk original dengan ukuran standar pabrik. Untuk membeli klep Scoopy dapat dilakukan secara online melalui aplikasi Shopee. Cek ketersediaan produk klep Scoopy dengan cara klik tombol di bawah ini.

Advertisements

Ukuran Celah Klep Motor Scoopy

Kesalahan dalam pengaturan jarak celah klep dapat mempengaruhi performa mesin Scoopy dan jumlah konsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, ukuran celah klep motor Scoopy harus di atur dengan tepat, sesuai rekomendasi pabrik.

Di bawah merupakan ukuran celah klep Scoopy.

Tipe MotorCelah Klep InCelah Klep Ex
Scoopy0,16 mm0,16 mm
Scoopy FI0,16 mm0,16 mm
Scoopy eSP0,12 mm0,18 mm

Keterangan : Untuk batas toleransi ukuran celah klep Scoopy sebesar ± 0,02 mm.

Ciri – Ciri Klep Scoopy Harus Disetel Ulang

Untuk menjaga performa mesin Scoopy secara optimal, sebaiknya sering lakukan pengecekan pada klep. Berdasarkan informasi yang diperoleh, pengecekan dan penyetelan klep motor dapat dilakukan setiap 6000 km / 6 bulan sekali.

Selain itu, klep motor yang harus disetel ulang akan menunjukkan tanda – tanda, antara lain :

Advertisements

Terdengar suara ngelitik pada mesin motor

Salah satu pertanda klep mengalami pergeseran (lebih lebar) / kebocoran yaitu muncul suara ngelitik pada mesin motor.

Mesin cepat panas secara berlebihan

Dikarenakan setelan kerapatan klep tidak sesuai, akan berdampak pada campuran bahan bakar dan udara yang masuk pada ruang pembakaran. Jika bahan campuran yang masuk tidak sesuai, maka hasil pembakaran akan terganggu dan suhu mesin meningkat.

Tarikan mesin akan terasa berat

Selain peningkatan suhu mesin, ketika klep motor sudah waktunya untuk disetel ulang, tarikan mesin akan terasa berat. Namun, Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu secara pasti, karena hal tersebut dapat disebabkan kerusakan komponen lain.

Dampak Setelan Klep Scoopy Tidak Tepat

Seperti yang telah diketahui setelan klep yang terlalu rapat dapat membuat power mesin berkurang, sampai dengan ledakan karburator pada motor karbu.

Tidak hanya itu, ukuran celah klep yang terlalu renggang juga dapat menimbulkan beberapa efek samping, antara lain :

  • Suplai kebutuhan bahan bakar berkurang
  • Mesin mudah panas
  • Tarikan mesin menjadi berat
  • Tekanan kompresi menjadi berkurang

Efek Diameter Klep Scoopy Lebih Besar

Pengendara biasanya mengganti ukuran klep lebih besar dengan tujuan untuk meningkatkan performa kendaraan bermotor. Di samping adanya dampak positif yang diberikan, pembesaran diameter klep Scoopy juga menimbulkan dampak negatif, seperti konsumsi bahan bakar menjadi boros.

Namun, penggantian ini tidak dapat dilakukan secara sembarangan, karena perubahan klep diameter lebih besar sering menimbulkan tabrakan saat overlap (peristiwa klep in dan out sedikit terbuka seakan bersamaan).