Advertisements

Ukuran Klep Satria : Klep In dan Ex

Ukuran Klep Satria – Komponen klep motor terdiri dari klep masuk dan keluar. Namun, setiap tipe motor memiliki ukuran klep masing – masing, seperti ukuran klep Satria karbu dan injeksi berbeda. Bagi Anda yang ingin mengetahui ukuran klep Satria, silahkan simak artikel di bawah ini.

Berapa ukuran klep Satria? Ukuran klep Satria FU 150 Karbu adalah 22 mm (klep intake) dan 19 mm (klep exhaust). Sedangkan, ukuran klep All Satria FU 150 Injeksi sebesar 24 mm (klep intake) dan 21 mm (klep exhaust).

Daftar Isi :

  • Ukuran Klep Satria
  • Harga Klep Motor Satria
  • Kenapa Celah Klep Satria Harus Disetel Ulang?
  • Akibat Celah Katup Rapat Satria
  • Akibat Celah Katup Renggang Satria
  • Tips Setel Ulang Klep Suzuki Satria

Ukuran Klep Satria

Advertisements

Di bawah ini merupakan ukuran klep Satria.

Tipe MotorKlep InKlep Ex
Satria FU 150 Karbu22 mm19 mm
All New Satria FU 150 Injeksi24 mm21 mm

Suzuki All New Satria FU 150 injeksi memiliki ukuran diameter klep intake dan exhaust lebih besar dibandingkan Satria FU 150 karbu. Selain itu, Satria injeksi dapat menggunakan klep intake dengan ukuran maksimal 26 mm, sedangkan Satria karbu hanya 25 mm.

Besar kecilnya ukuran diameter klep mempengaruhi jumlah pasokan udara dan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran, serta tenaga/ power yang dihasilkan mesin motor.

Harga Klep Motor Satria

Meskipun klep Suzuki Satria memiliki usia pemakaian yang lama, karena kesalahan perawatan atau atau penggantian mesin dapat membuat klep mengalami kerusakan.

Apabila hal tersebut terjadi pada motor Satria FU, sebaiknya segera lakukan penggantian. Berapa harga klep Satria FU ori?

Harga klep Satria FU 150  Karbu adalah Rp. 168.000 – Rp. 179.000/ set, berisi klep intake dan klep out. Sedangkan, klep Satria FU 150 injeksi sekitar Rp. 165.000.

Harga klep Satria FU 150 original jauh lebih murah daripada klep racing yang dibanderol dengan harga mencapai Rp. 450.000.

Bagi Anda yang hendak membeli klep Satria FU karbu atau injeksi sesuai ukuran standar dapat melalui aplikasi Shopee di bawah ini.

Advertisements

Kenapa Celah Klep Satria Harus Disetel Ulang?

Penyetelan celah klep Satria merupakan salah satu hal yang penting. Hal ini disebabkan, celah klep memiliki fungsi sebagai pengatur waktu saat katup membuka dan menutup yang disesuaikan dengan kondisi mesin.

Saat mesin motor Satria FU 150 menyala, piston dalam ruang bakar akan memberikan tekanan dan kompresi, sehingga membuat klep motor bergerak / bergesekan. Seiring berjalannnya waktu, semakin lama komponen mekanisme yang bersinggungan akan cepat aus.

Semakin tinggi tingkat keausan komponen, maka semakin besar celah klep pada motor. Oleh karena itu, untuk menghasilkan kinerja mesin yang optimal Anda perlu melakukan penyetelan celah klep Suzuki Satria.

Perlu diketahui bahwa, ukuran celah katup Satria FU 150 standar adalah 0,10 – 0,20 mm (celah klep intake), dan 0,26 – 0,30 mm (celah klep out).

Akibat Celah Klep Satria Yang Terlalu Rapat

Pada penjelasan di atas telah disebutkan mengenai ukuran celah standar Satria FU 150, jika penyetelan celah motor tidak sesuai angka tersebut / lebiih rapat dapat menimbulkan beberapa dampak berikut.

  • Waktu buka – tutup cepat
  • Konsumsi bahan bakar semakin banyak
  • Mesin cepat panas berlebih
  • Timbul suara mesin berisik
  • Tingkat akselerasi menurun

Akibat Celah Klep Satria Yang Terlalu Renggang

Advertisements

Di bawah ini merupakan akibat dari setelah celah katup renggang pada motor Satria FU.

  • Waktu buka – tutup katup lama
  • Tenaga mesin motor berkurang
  • Tarikan gas motor terasa berat
  • Berpotensi membuat kompresi mesin bocor

Tips Setel Ulang Klep Suzuki Satria FU

Berikut tips sebelum setel ulang kampas Satria FU 150.

Setel klep Satria FU 150 saat kondisi mesin dingin

Ketika mesin dalam suhu tinggi membuat komponenyang terbuat dari besi mengalami pemuaian, sehingga merubah ukuran cela klep menjadi lebih besar. Oleh karena itu, silahkan tunggu mesin dingin agar ukuran celah klep kembali ke semula.

Selain itu, penyetelan klep pada kondisi mesin panas dapat membuat ukuran setelan salah, dan mesin ngelitik.

Gunakan ukuran celah klep sesuai standar

Saat menyetel celah klep sebaiknya gunakan ukuran standar dari pabrik, agar jarak celah klep tidak terlalu rapat atau longgar.

Gunakan alat Feeler Gauge

Fuller Gauge merupakan lempengan plat yang dapat membantu dalam proses penyetelan celah klep. Alat ini memiliki beberapa ukuran yang berbeda. Dengan menggunakan alat ini setelan ukuran celah klep motor lebih presisi.