Ukuran Standar Klep In dan Ex R15

Ukuran Klep R15 ~ Dengan adanya klep pada motor R15 berfungsi sebagai pengatur jalur masuk dan keluarnya campuran bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran. Dikarenakan setiap motor memiliki ukuran klep masing – masing, silahkan simak artikel berikut untuk mengetahui ukuran klep R15.

Advertisements

Berapa ukuran klep R15? Ukuran klep R15 adalah 23 mm (klep in), dan 21 mm (klep Ex). Sedangkan, ukuran klep in All New R15 memiliki ukuran 20,5 mm, dan klep out 18 mm.

Daftar Isi :

  • Ukuran Klep R15
  • Harga Klep Motor R15
  • Ukuran Celah Klep R15 Standar
  • Tanda Klep R15 Harus Distel Ulang
  • Efek Samping Ganti Ukuran Klep R15 Lebih Besar

Ukuran Klep R15

Advertisements

Di bawah ini merupakan daftar ukuran klep R15.

Tipe MotorKlep InKlep Ex
R1523 mm21 mm
R15 V320,4 mm18 mm
All New R1520,5 mm18 mm

Seperti yang telah ditunjukkan pada tabel di atas, ukuran klep in lebih besar dibandingkan klep out. Hal tersebut dikarenakan pada proses pembakaran membutuhkan udara yng banyak, sehingga diameter klep in dibuat lebih besar.

Harga Klep Motor R15

Berapa harga klep motor Yamaha R15?

Harga klep R15 V2 old original Yamaha adalah Rp. 49.000 – Rp. 76.000 /pcs. Sedangkan, R15 V3 sekitar Rp. 57.000.

Klep merupakan komponen yang mmiliki tingkat keawetan yang tinggi. Namun, kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan perhitungan penggantian mesin, serta pemilihan kualitas bensin yang rendah dapat membuat klep patah.

Namun, secara normal penggantian klep dilakukan saat motor telah mencapai jarak tempuh 20.000 km. Sedangkan, seal klep rata – rata diganti saat berumur 3 tahun.

Bagi Anda yang ingin mengganti komponen klep R15 baru dengan ukuran standar dan original dapat dilakukan melalui aplikasi Shopee. Untuk cek ketersediaan produk klik tombol berikut.

Advertisements

Ukuran Celah Klep R15 Standar

Salah satu cara untuk mendapatkan hasil pembakaran yang sempurna, mengatur ukuran celah klep menjadi hal yang penting. Setiap kendaraan memiliki pengaturan ukuran celah klep masing – masing.

Berapa ukuran celah klep R15 standar? Ukuran celah klep R15 adalah 0,15 mm (celah klep in), dan 0,18 (celah klep out).

Jika ukuran celah klep tersebut mengalami perubahan menjadi lebih renggang atau lebih rapat dapat memberikan efek negatif pada mesin motor, dan konsumsi bahan bakar.

Tanda Klep Yamaha R15 Harus Distel Ulang

Perlu diketahui bahwa seiring dengan berjalannya waktu, posisi klep mesin dapat bergeser menjadi lebih renggang atau rapat dibandingkan posisi sebelumnya. Dengan adanya perubahan tersebut, akan menimbulkan beberapa pertanda untuk dilakukan penyetalan klep R15.

Di bawah ini merupakan tanda – tanda klep R15 harus distel ulang.

Advertisements

Timbul suara ngelitik pada mesin

Ketika timbul suara ngelitik pada mesin R15, hal tersebut menjadi tanda pertama klep mesin harus distel ulang. Suara tersebut timbul karena celah klep terlalu renggang. Untuk mengetahui ukuran celah klep standar R15, Anda dapat melihat di atas.

Mesin motor cepat panas

Akibat perubahan posisi klep R15 membuat bahan bakar dan udara yang masuk dalam ruang bakar berkurang, sehingga hasil pembakaran terganggu, dan mengakibatkan mesin motor menjadi cepat panas.

Tarikan mesin terasa berat

Selain kedua tanda di atas, adanya perubahan ukuran celah klep R15 membuat mesin kurang bertenaga, sehingga tarikan mesin terasa berat.

Efek Samping Ganti Ukuran Klep R15 Lebih Besar

Salah satu cara meningkatkan tenaga mesin motor yaitu memperbesar ukuran diameter klep. Namun, jika ingin memperbesar diameter klep, Anda juga harus mengganti per klep, dan noken as sesuai perhitungan.

Penggantian diameter klep R15 menjadi lebih besar tidak dapat sembarangan, sebaiknya tanyakan kepada teknisi profesional terlebih dahulu. Hal ini disebabkan, mengganti ukuran klep Yamaha R15 lebih besar dapat membuat konsumsi bensin lebih boros.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, untuk memperbesar tenaga / power mesin tidak harus mengganti ukuran diameter klep lebih besar, tetapi dapat dilakukan dengan cara memperbaiki kualitas port, saluran masuk dan dudukan klep.