Ukuran Standar Klep In dan Ex Karisma

Ukuran Klep Karisma – Klep mesin merupakan salah satu komponen yang berada pada motor 4 tak. Seperti Honda Karisma. Ukuran klep setiap jenis motor berbeda – beda, untuk mengetahui berapa ukuran klep Karisma, silahkan simak artikel di bawah ini.

Advertisements

Berapa ukuran klep Karisma standar? Ukuran klep Karisma adalah 24 mm untuk klep in (intake) dan ukuran klep ex (exhaust) lebih kecil yaitu 21 mm. Namun, kedua klep tersebut memiliki diameter batang sama, 5 mm.

Daftar Isi :

  • Ukuran Klep Karisma
  • Ukuran Celah Klep Karisma
  • Harga Klep Karisma
  • Dampak Celah Klep Karisma Terlalu Rapat
  • Dampak Celah Klep Karisma Terlalu Renggang
  • Tanda Klep Karisma Harus Disetel Ulang

Ukuran Klep Karisma

Advertisements

Pada motor Karisma terdapat 2 klep, yaitu intake dan exhaust yang memiliki ukuran dan fungsi yang berbeda.

Berikut ukuran klep Karisma standar.

Tipe MotorKlep InKlep Out
Karisma Std24 mm21 mm

Klep intake berfungsi mengatur campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam mesin. Sedangkan, klep out / exhaust berfungsi mengatur sisa gas hasil pembakaran.

Perlu diketahui bahwa ukuran klep in Karisma lebih besar, dibandingkan klep out. Hal tersebut dikarenakan ruang pembakaran membutuhkan udara yang banyak, sehingga ukuran diameter klep in dibuat menjadi lebih besar.

Harga Klep Motor Karisma

Berapa harga klep Honda Karisma?

Harga klep Karisma ori adalah sekitar 60.000. Sedangkan, untuk harga Karisma klep produk NPP sekitar Rp. 57.000 – Rp. 60.000.

Dengan harga tersebut Anda akan mendapatkan satu set klep, yaitu intake dan exhaust. Saat membeli klep pilih ukuran yang sesuai dengan standar. Jika ukuran diameter klep terlalu besar, akan berdampak pada jumlah konsumsi bahan bakar semakin banyak.

Bagi Anda yang hendak mengganti klep Karisma baru ukuran standar, silahkan lakukan pembelian secara online via Shopee dengan cara tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Ukuran Celah Klep Karisma

Selain memperhatikan ukuran klep, saat melakukan penggantian klep motor Honda Karisma, Anda juga harus memperhatikan ukuran celah klep / katup Karisma.

Untuk ukuran celah klep in dan klep out Karisma sama, yaitu 0,05 mm dengan batas toleransi ± 0,02 mm.

Celah katup klep harus diatur sesuai standar dengan tepat, karena jika terlalu rapat atau renggng dapat menimbulkan beberapa dampak.

Dampak Celah Klep Karisma Terlalu Rapat

Perlu diketahui bahwa setelan celah klep yang terlalu rapat membuat klep cepat membuka, dan lama menutup, sehingga membuat gas masuk lebih banyak.

Berikut dampak yang disebabkan oleh celah klep Karisma yang terlalu rapat.

  • Tekanan kompresi bocor
  • Konsumsi bahan bakar lebih boros
  • Mesin motor sulit dinyalakan
  • Mesin motor tidak stasioner
  • Terjadi ledakan pada karburator
  • Tenaga motor menjadi berkurang

Dampak Celah Klep Karisma Terlalu Renggang

Berbanding terbalik dengan celah klep yang terlalu rapat, celah klep Karisma yang terlalu renggang membuat klep lama membuka dan cepat menutup. Apabila hal ini terjadi pada klep intake, maka pasokan campuran bahan bakar udara yang masuk sedikit.

Di bawah ini merupakan dampak setelan celah klep terlalu renggang.

Advertisements
  • Jumlah bahan bakar yang masuk berkurang
  • Kekuatan tarikan mesin berkurang saat akselerasi
  • Motor sulit dinyalakan
  • Mesin motor tidak stasioner
  • Mesin motor menjadi cepat panas
  • Terdengar bunyi ngelitik saat motor menyala
  • Tekanan kompresi rendah

Oleh karena itu, jika Anda merasa mesin motor Honda Karisma kurang bertenaga saat menarik gas sedalam – dalamnya, maka ada kemungkinan ukuran celah klep terlalu renggang.

Tanda Klep Karisma Harus Distel Ulang

Secara normal, waktu penggantian klep Karisma dilakukan ketika telah mencapai jarak tempuh 20.000 km. Selain itu, Anda dapat melihatnya dari tanda – tanda di bawah ini.

Terdengar suara ngelitik pada mesin

Sebaiknya jika motor sering digunakan, lakukan pengecekan kondisi klep secara berkala. Hal tersebut dikarenakan, klep motor yang mengalami masalah akan mengeluarkan tanda.

Perlu diketahui bahwa tanda pertama yang sering muncul saat klep motor mengalami pengikisan atau pelebaran pada permukaan gesek dan retainer cap, yaitu muncul suara ngelitik pada mesin motor. Untuk memperbaiki hal tersebut, klep motor harus diatur ulang.

Mesin motor lebih cepat panas

Sebenarnya wajar apabila waktu menyalakan motor, mesin mengalami kenaikan suhu. Namun, jika mesin muncul panas berlebih, bisa jadi pertanda klep motor harus distel ulang. 

Tarikan mesin motor Karisma terasa berat

Selain kedua tanda yang telah disebutkan, tarikan mesin motor Karisma yang terasa berat dapat menjadi salah satu tanda klep motor harus distel ulang. Namun, perlu dilakukan pengecekan, karena bisa jadi penyebabnya komponen lain rusak.