Ukuran Standar Klep In da Ex Jupiter

Ukuran Klep Jupiter – Pada motor Yamaha Jupiter terdapat sebuah komponen yang bernama klep. Fungsi klep Jupiter adalah agar sirkulasi udara tidak tercampur dengan zat – zat yang bisa menyebabkan kinerja motor terganggu. Klep itu sendiri memiliki ukuran yang berbeda – beda di setiap motornya.

Advertisements

Berapa ukuran klep Yamaha Jupiter? Ukuran klep Jupiter old dan Jupiter Z adalah 23 mm untuk klep in dan 20 mm untuk klep ex. Ukuran klep New Jupiter MX 135 adalah 19 mm untuk klep in dan 17 mm untuk klep out. Sedangkan ukuran klep Jupiter Z1 adalah 26 mm untuk klep in dan 21.5 mm untuk klep ex.

Informasi yang lebih lengkap tentang ukuran klep Jupiter bisa Anda baca di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Klep Jupiter
  • Harga Klep Yamaha Jupiter
  • Standar Ukuran Kerenggangan Klep Yamaha Jupiter
  • Ciri – Ciri Klep Motor Jupiter Harus Disetel Ulang
  • Dampak Buruk Setelan Klep Jupiter yang Tidak Tepat

Ukuran Klep Jupiter

Advertisements

Klep Jupiter ada dua bagian, yaitu Klep In dan Klep Ex. Klep in berfungsi untuk mengatur masuknya udara dan bahan bakar ke dalam mesin. Sedangkan Klep Ex berfungsi untuk mengatur gas sisa pembakaran.

Yamaha Jupiter memiliki ukuran diameter klep yang berbeda – beda di setiap tipenya. Berikut adalah daftar ukuran klep Yamaha Jupiter lengkap:

Tipe MotorUkuran Klep InUkuran Klep Ex
Yamaha Jupiter old (lama)23 mm20 mm
Yamaha Jupiter Z23 mm20 mm
Yamaha New Jupiter MX 13519 mm17 mm
Jupiter Z126 mm21.5 mm

Harga Klep Motor Jupiter

Pembelian klep Yamaha Jupiter bisa dilakukan di toko sparepart terdekat rumah Anda. Untuk harga klep Yamaha Jupiter berkisar antara Rp.  30.000 – Rp. 50.000 untuk produk original.

Atau Anda juga bisa membeli klep motor Jupiter di aplikasi Shopee. Tersedia banyak pilihan dan gratis ongkir yang bisa Anda dapatkan. Silahkan tekan link di bawah ini untuk melihat produknya.

Advertisements

Standar Ukuran Kerenggangan Klep Yamaha Jupiter

Seiring bertambahnya usia motor membuat banyak komponennya yang mulai aus, salah satunya adalah klep. Klep motor Jupiter yang tidak pernah dicek bisa mengalami pergeseran yang bisa mengganggu kinerja motor Jupiter.

Oleh sebab itu, pada setiap motor memiliki standar ukuran kerenggangan klep yang berbeda – beda. Berikut standar ukuran kerenggangan klep Yamaha Jupiter:

Tipe MotorCelah Standar Klep InCelah Standar Klep Ex
Yamaha Jupiter old0,5 mm0,08 mm
Yamaha Jupiter Z0,05 mm0,08 mm
Yamaha New Jupiter MX 1350,10 mm0,15 mm
Jupiter Z10,08 mm0,10 mm

Ciri – Ciri Klep Motor Jupiter Harus Disetel Ulang

Advertisements

Setelan klep Jupiter yang tidak sesuai standar akan menyebabkan beberapa masalah. Berikut ini beberapa ciri – ciri klep Jupiter perlu disetel ulang:

  • Mesin Jupiter sulit dihidupkan.
  • Suara mesin Jupiter terdengar berisik dan kasar.
  • Konsumsin bensin Jupiter jadi lebih boros.
  • Mesin Jupiter cepat panas.

Jika menemukan gejala tersebut, segera bawa motor Jupiter Anda ke bengkel terpercaya untuk melakukan pemeriksaan.

Agar motor Jupiter Anad lebih nyaman digunakan untuk harian sebaiknya lakukan servis secara rutin untuk pengecekan klep setiap 6000 km.

Dampak Buruk Setelan Klep Jupiter yang Tidak Tepat

Klep Jupiter berfungsi untuk menjaga sirkulasi udara agar tidak tercampur dengan zat – zat yang mengganggu kinerja motor. Oleh sebab itu, setelan klep Jupiter harus sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh pabrik.

Jika setelah klep Jupiter tidak sesuai bisa membuat motor tidak bisa berfungsi dengan normal. Berikut adalah beberapa dampak buruk setelan klep Jupiter yang tidak tepat.

Dampak Buruk Setelan Klep Jupiter Terlalu Rapat

Setelan klep motor Jupiter yang terlalu rapat bisa menyebabkan mesin jadi cepat panas dan klep menguap, sehingga kompresi bisa terjadi kebocoran.

Selain itu, setelan klep Jupiter yang terlalu rapat juga bisa menyebabkan konsumsi bensin menjadi lebih boros.

Dampak Buruk Setelan Klep Jupiter Terlalu Renggang

Begitu juga dengan setelah klep Jupiter yang terlalu renggang bisa menyebabkan mesin cepat panas. Selain itu, setelan klep yang terlalu renggang membuat suara mesin terdengar lebih berisik dari kondisi normalnya.