Ukuran Klep GL Max, Pro, dan Neotech

Ukuran Klep GL – Klep atau valve adalah salah satu komponen pada Honda GL yang mempunyai fungsi utama sebagai katup pemisah antara ruang bakar dengan pembuangan gas hasil pembakaran. Klep sendiri memunyai ukuran yang berbeda pada setiap motor.

Advertisements

Lantas berapa ukuran klep GL? Ukuran Klep GL Pro adalah 31,1 mm pada klep intake (kelp Hisap) dan 26 mm pada klep exhaust (klep buang) sedangkan ukuran klep GL Max adalah 30 mm pada klep intake dan 25 mm pada klep exhaust

untuk informasi lebih lanjut mengenai standar ukuran klep GL, anda bisa menyimak artikel berikut ini :

Daftar Isi :

  • Ukuran standar klep GL
  • Harga klep Honda GL
  • Setelan Standar Celah Klep honda GL
  • Dampak Setelan Celah Klep GL tidak tepat
  • Tanda Klep Perlu Disetel Ulang

Ukuran Klep GL

Pada motor Honda GL terdapat dua tipe klep yang mempunyai fungsi dan ukuran berbeda, yaitu klep Intake (klep hisap) dan klep exhaust (klep buang). Berikut ini tabel daftar ukuran klep GL berdasarkan tipe:

Advertisements
Tipe GLDiameter Klep InDiameter Klep ExDiameter Batang
Honda GL Pro31,5 mm26 mm5,5 mm
Honda GL Pro Neotech31,5 mm26 mm5,5 mm
Honda GL Max30 mm25 mm5,5 mm
Honda GL Max Neotech30 mm25 mm5,5 mm

Klep intake mempunyai fungsi sebagai pintu masuknya campuran udara dan bahan bakar sedangkan klep exhaust berfungsi sebagai pintu gas buang hasil pembakaran sebelum menuju knalpot.

Selain itu ukuran klep intake cenderung lebih besar daripada klep exhaust. Hal ini karena ruang bkaar membutuhkan suplai bahan bakar dan udara yang lebi banyak dibandingakna gas buang yang dihasilkan.

Harga klep Honda GL di pasaran

Dari segi harga klep original GL Pro set intake dan exhaust dipasaran berkisar antara Rp. 20.000 – Rp. 40.000 sedangkan untuk klep original GL Max Rp. 20.000 – Rp. 50.000

Dan untuk harga klep GL Pro dan GL Max dari merek lain seperti NPP dan Federal berkisar antara Rp. 40.000 – Rp. 180.000

jika anda ingin membeli klep Honda GL ori, anda bisa membelinya di toko otomotif melalui Shopee, terdapat berbagai pilihan harga promo dan diskon yang sedang berlaku. Anda bisa klik link dibawah ini untuk melihat produk :

Advertisements

Setelan Standar Celah Klep  Honda GL

Dalam pemasangannya, selain perlu memperhatikan ukuran klep, anda juga perlu memperhatikan ukuran celah dalam penyetelan klep. Pada penyetelan klep yang tidak sesuai dengan standar akan berefek pada performa motor yang tidak optimal.

setelan standar celah klep Honda GL semua tipe adalah sama, yaitu 0,10 mm untuk klep intake dan klep exhaust.

Penyetelan klep tidak boleh terlalu rapat ataupun terlalu renggang, karena selain akan berpengaruh pada kinerja motor, ukuran klep yang tidak tepat juga bisa menyebabkan berbagai dampak buruk lainnya.

Dampak Setelan Celah Klep Honda GL Tidak Tepat

Berikut ini adala dampak dari penyetelan klep Honda GL yang tidak sesuai :

Advertisements

Dampak Setelah Celah Klep Honda GL Teralalu Rapat

Setelan celah klep yang terlalu rapat akan menyebabkan klep cepat terbuka dan telat menutup, apabila ini terjadi pada klep intake maka campuran bahan bakar yang masuk akan lebih banyak sehingga konsumsi bensin jadi lebih boros, dan memicu ledakan pada karburator

selain itu pada klep yang terlalu lama terbuka akan menyebabkan kebocoran pada kompresi mesin sehingga tenaga yang dihasilkan akan menurun dan performa motor tidak optimal

Dampak Setelan Celah Klep Honda GL Terlalu Renggang

Berbanding terbalik dengn klep yang terlalu rapat, pada setelan klep yang terlalu rapat menyebabkan klep telat terbuka dan lebih cepat menutup sehingga pasokan campuran bahan bakar dan udara yang masuk lebih sedikit.

Kurangnya suplai bahan bakar pada ruang bakar dapat menyebabkan motor cepat panas dan suara mesin akan terdengar lebih kasar. Selain itu motor akan sulit dihidupkan dan tarikan motor terasa lebih berat. 

Tanda Klep Honda GL Perlu Disetel Ulang atau diganti

Idealnya klep menggantian klep dilakukan setiap jarak tempuh motor GL anda mencapai kelipatan 20.000 km, namun seiring dengan penggunaan motor, kondisi dan setelan klep juga dapat berubah.

Berikut ini adalah tanda bahwa klep GL anda perlu disetel ulang :

  • Konsumsi bensin lebih boros
  • Tedengar suara ngelitik dari mesin motor
  • Motor yang lebih cepat panas dari biasanyaa
  • Performa motor yang tersa menurun
  • Motor sulit dihidupkan
  • Motor tersedat-sedat ketika melaju