Ukuran Standar Klep In dan Ex CBR

Ukuran Klep CBR – Klep merupakan salah satu komponen pada motor Honda CBR yang fungsinya sebagai pemisah antara ruang bakar dan udara. Jika klep CBR bermasalah, maka sirkulasi udara bisa tercampur dengan zat yang bisa menimbulkan kinerja motor menjadi tidak normal.

Advertisements

Lalu berapa ukuran klep CBR? Ukuran klep CBR150R old, All New CBR150R, dan CBR250RR adalah 24,5 mm untuk klep in dan 21 mm untuk klep ex.

Anda bisa memperoleh informasi lebih lengkap tentang ukuran klep CBR melalui pembahasan di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Klep CBR
  • Harga Klep Honda CBR
  • Batas Kerenggangan Klep Honda CBR
  • Ciri – Ciri Klep Motor CBR Harus Disetel Ulang
  • Dampak Buruk Setelan Klep CBR yang Tidak Tepat

Ukuran Klep CBR

Advertisements

Klep hanya digunakan pada jenis motor DOHC seperti Honda CBR. Ukuran klep yang digunakan pada Honda CBR juga sama. Berikut ini daftar ukuran klep Honda CBR 150R dan CBR 250RR lengkap:

Tipe MotorUkuran Klep InUkuran Klep Ex
All New Honda CBR 150 R24,5 mm21 mm
Honda CBR 150 R old24,5 mm21 mm
Honda CBR 250 RR24,5 mm21 mm

Sebagai informasi tambahan, Klep In memiliki fungsi untuk mengatur besarnya campuran udara dan bahan bakar yang masuk ke mesin. Sedangkan Klep Ex berfungsi untuk mengatur keluarnya gas sisa pembakaran.

Harga Klep Honda CBR

Klep Honda CBR bisa Anda beli di toko sparepart ataupun secara online. Harga klep ex Honda CBR original sekitar Rp. 65.000 per satuannya. Sedangkan untuk klep in Honda CBR harganya sekitar Rp. 34.000.

Selain melalui toko sparepart, Anda juga bisa membelinya lewat Shopee. Tersedia banyak promo dan gratis ongkir untuk setiap pembelian produknya. Silahkan tekan tombol di bawah ini untuk menuju ke link tokonya.

Advertisements

Batas Kerenggangan Klep Honda CBR

Motor CBR yang sudah berusia lama biasanya mengalami keausan pada beberapa komponennya, termasuk klep. Jika klep terlalu renggang, efeknya bisa membuat performa mesin CBR menjadi berkurang.

Oleh sebab itu, pada setiap motor memiliki batas ukuran celah klep nya tersendiri. Jika ukuran kerenggangan klep melebihi batas toleransi, maka klep harus disetel ulang ataupun ganti shim.

Berikut adalah batas kerenggangan klep Honda CBR.

Tipe MotorCelah Standar Klep InCelah Standar Klep ExBatas Toleransi
CBR 150 R0,16 mm0,25 mm± 0,03 mm
CBR 250 R0,16 mm0,27 mm± 0,03 mm

Dari tabel tersebut diketahui bahwa batas celah klep Honda CBR adalah ± 0,03 mm. Jadi apabila jarak renggang klep CBR melebihi batas toleransi tersebut, maka klep  CBR harus disetel ulang.

Ciri – Ciri Klep Motor CBR Harus Disetel Ulang

Sebagai pemilik motor CBR, Anda harus mengetahui jika ada masalah yang terjadi pada motor Anda. Saat klep CBR bermasalah, maka motor CBR akan menimbulkan beberapa gejala.

Berikut adalah ciri – ciri klep Honda CBR harus disetel ulang:

Advertisements
  • Timbul suara ngelitik pada mesin CBR.
  • Tarikan mesin CBR terasa berat.
  • Mesin cepat panas saat motor digunakan.
  • Penggunaan bahan bakar jadi lebih boros.
  • Mesin CBR sulit dinyalakan.
  • Mesin terasa tersendat saat digunakan.

Jika menemukan ciri – ciri di atas pada motor CBR Anda, maka segera lakukan cek ke bengkel terpercaya. Akan lebih baik jika klep motor dicek setiap 6000 km.

Dampak Buruk Setelan Klep CBR yang Tidak Tepat

Setelan klep atau valve pada motor CBR mempengaruhi tekanan kompresi yang terjadi pada ruang bakar. Oleh sebab itu setelan klep tidak boleh terlalu rapat ataupun longgar.

Berikut adalah dampak buruk setelah klep yang tidak tepat.

Dampak Buruk Setelan Klep CBR Terlalu Rapat

Setelan klep yang terlalu rapat bisa menyebabkan overlap menjadi tinggi. Hal tersebut bisa mengakibatkan konsumsi bensin CBR menjadi lebih boros. Selain itu, settingan klep yang terlalu rapat juga bisa menyebabkan mesin cepat panas.

Dampak Buruk Setelan Klep CBR Terlalu Renggang

Sedangkan setelan klep CBR yang terlalu renggang bisa membuat durasi buka dan tutup klep menjadi lebih cepat. Akibatnya, aliran bahan bakar ke ruang bakar menjadi sedikit. Kondisi tersebut bisa menyebabkan suhu mesin CBR jadi meningkat.

Oleh sebab itu, setelah klep motor CBR harus sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tujuannya agar konsumsi bensin CBR tidak boros dan suhu mesin tidak cepat panas karena kekurangan pasokan bahan bakar.