Ukuran Gear Shogun : Standar dan Top Speed

Ukuran Gear Shogun – Salah satu komponen penting untuk menunjang gerak mesin pada suatu kendaraan adalah gear. Beberapa pengendara yang paham akan kendaraan bisanya banyak yang melakukan modifikafikasi dengan ganti ukuran gear untuk upgrade performa.

Advertisements

Lalu berapa ukuran gear Shogun?

Ukuran gear Shogun 125 dan Shogun 110  adalah 14 T gear depan dan 35 T untuk gear belakang.  Ukuran gear Shogun R 125 dan Shogun Axelo adalah 14 T gear depan dan 34 T gear belakang. Ukuran gear Shogun SP adalah 14 T depan dan 41 T belakang.

Bila Anda mencari penjelasan mengenai ukuran Suzuki Shogun, Anda bisa melihat pada artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Ukuran Standar Gear Suzuki Shogun
  • Harga Gear Suzuki Shogun Dipasaran
  • Ganti Ukuran Gear Suzuki Shogun Guna Upgrade Top Speed dan Akselerasi
  • Ciri Gear Suzuki Shogun Harus Diganti
Advertisements

Ukuran Standar Gear Suzuki Shogun

Motor Suzuki Shogun mempunyai beberapa variasi tipe dengan ukuran gear yang berbeda. Hal ini tentu saja disesuaikan dengan peningkatan kapasitas yang ada pada tiap-tiap tipe terbarunya.

Anda dapat melihat ukuran standar gear pada tiap motor Suzuki Shogun berikut ini:

Jenis MotorUkuran Gear DepanUkuran Gear Belakang
Suzuki Shogun 12514 T35 T
Suzuki Shogun 11014 T35 T
Suzuki Shogun R 12514 T34 T
Suzuki Shogun SP14 T41 T
Suzuki Shogun Axelo14 T34 T

Pemasangan gear pada Shogun 125 , Shogun 110 dan Shogun SP  bisa dipasangkan pada rantai dengan ukuran 428 L – 100 L. Sedangkan pada Shogun R 125 dan Shogun Axelo memakai rantai dengan ukuran 415 L – 110 L.

Harga Gear Suzuki Shogun Dipasaran

Advertisements

Ketika ingin membeli gear dipasaran, Anda bisa memilih untuk membeli gear atau langsung dalam bentuk satu set gear. Dimana dalam kemasannya terdapat satu pasang gear dan juga rantainya.

Melalui situs resmi dari Suzuki harga satu set gear dari Suzuki Genuine Part  bisa anda dapatkan mulai dari harga Rp. 95.000 – Rp. 350.000. Patokan harga yang ada biasanya ditentukan jenis motor yang Anda gunakan dan jenis rantai yang dipilih.

Sedangkan untuk harga gear motor Suzuki Shogun di merk yang lain, harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 110.000 – Rp. 500.000. Perbedaan selisih harga yang didaptkan diperoleh dari desain, jenis rantai dan kualitas yang ada.

Anda bisa membeli gear motor Suzuki Shogun yang original dengan mudah melalui aplikasi Shopee. Anda bisa mendapatkan banyak penawaran menarik termasuk promo dan diskon yang ada. Klik link di bawah ini untuk membeli gear Suzuki Shogun original

Ganti Ukuran Gear Shogun

Jika Anda kurang puas dengan perfoma yang diberikan oleh pabrikan motor. Maka Anda bisa meningkatkan performa kendaraan dengan melakukan penggantian ukuran gear standarnya. Hal ini berfungsi untuk mendongkrak tenaga motor Anda.

Maka dari itu berikut ini kami berikan 2 pilihan dari tujuan modifikasi ukuran gear pada Suzuki Shogun:

Upgrade Akselerasi

Jika Anda ingin mengupgrade akselerasi pada kendaraan, silahkan untuk mengganti ukuran gear belakang jadi lebih besar sekitar 1 – 2 tingkat atau mengganti ukuran gear depan lebih kecil 1-2. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan daya tarikan mesin pada kendaraan.

Namun saat Anda melakukan modifikasi untuk upgrade akselerasi, maka kecepatan yang dihasilkan bisa berkurang.

Upgrade Top Speed

Advertisements

Lalu saat Anda ingin upgrade kecepatan kendaraan, Anda bisa mengganti ukuran gear belakang menjadi lebih kecil (1-2) tingkat, atau ukuran gear depannya 1-2 tingkat jadi lebih besar.

Hal tersebut guna meningkatkan kecepatan pada mesin. Sedangkan dampak negatifnya tarikan mesin terasa berat.

Ciri Gear Suzuki Shogun Harus Diganti

Anda perlu mengganti ukuran Suzuki Shogun saat sudah mencapai jarak 25.000 km atau kelipatannya.. Namun berikut ini adalah tanda-tanda motor harus segera diganti gearnya, yaitu:

  • Tarikan motor terasa berat
  • Rantai motor terasa renggang
  • Permukaan gear yang terlihat aus
  • Muncul suara berisik dikecepatan yang rendah
  • Laju motor terasa tidak lancar atau tersendat