Ukuran Gear Scorpio : Standar, Top Speed, Akselerasi

Ukuran Gear Scorpio – Motor Yamaha Scorpio termasuk jenis motor yang bisa dikatakan sebagai motor naked, versi  lain dari RX King namun dengan ukuran mesin 4 tak. Meski demikian banyak pengguna yang ingin meningkatkan kemampuannya dengan mengganti ukuran gear yang dimiliki.

Advertisements

Lalu berapa ukuran gear Scorpio? Ukuran gear Scorpio adalah  15 T pada bagian depan dan 44 T pada bagian belakang. Ukuran tersebut merupakan ukuran standar Scorpio semua tipe, yaitu Scorpio P, Scorpio Z, Scorpio New, maupun Scorpio King.

Jika Anda mencari penjelasan lengkap terkait ukuran gear Scorpio, silahkan membaca pada artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Ukuran Gear Yamaha Scorpio
  • Harga Gear Yamaha Scorpio Dipasaran
  • Ganti Ukuran Gear Yamaha Scorpio Guna Upgrade Akeselerasi Kendaraan
  • Tanda Gear Yamaha Scorpio Harus Diganti

Ukuran Gear Scorpio

Advertisements

Pastinya setiap kendaraan dibekali dengan komponen yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Berikut ini adalah tabel ukuran gear Yamaha Scorpio pada tiap tipenya, yaitu:

Tipe Yamaha ScorpioUkuran Gear DepanUkuran Gear Belakang
Yamaha Scorpio P15 T44 T
Yamaha Scorpio Z15 T44 T
Yamaha Scorpio New Z15 T44 T
Yamaha Scorpio King15 T44 T

Ukuran diatas merupakan ukuran gear standar pada Yamaha Scorpio yang ditentukan oleh pabrikan Yamaha. Sedangkan ukuran tersebut bisa dipasangkan pada ukuran standar rantai Yamaha Scorpio sebesar 428 L.

Harga Gear Yamaha Scorpio Dipasaran

Dalam pembelian gear dari Yamaha Scorpio, Anda dapat memilih beberapa set produk pembelian. Kebanyakan product akan dikemas dalam bentu 1 set gear yang sudah termasuk dengan rantai di dalamnya.

Meskipun demikian, bagi Anda yang hanya ingin membeli gear saja, juga terdapat pilihan product yang menyediakan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembelian bagi konsumen.

Sedangkan berdasarkan beberapa situs resmi Yamaha, harga set gear Yamaha Scorpio semua tipe dijual dengan harga mulai dari Rp. 490.000 – Rp. 780.000 hal ini ditentukan dari jenis rantai yang Anda pilih.

Lalu untuk harga gear Yamaha Scorpio semua tipe pada beberapa merk lain memiliki harga yang relatif lebih rendah, yaitu mulai dari Rp. 125.000 – Rp. 250.000. Patokan harga yang ada ini ditentukan dari standar kualitas, merk dan jenis bahan yang digunakan.

Saat ini Anda sudah bisa lebih mudah untuk berbelanja kebutuhan kendaraan Anda dari rumah. Jika Anda ingin membeli gear original untuk motor Yamaha Scorpio semua tipe, anda bisa melakukan pembelian melalui aplikasi Shopee.

Advertisements

Ganti Ukuran Gear Yamaha Scorpio

Gear pada kendaraan memiliki fungsi untuk penggerak pada mesin. Maka dari itu dengan mengganti ukuran gear Yamaha Scorpio dari ukuran standarnya Anda dapat mendongkrak performa kendaraan secara instan.

Meski demikian Anda juga perlu mengetahui tujuan dari penggantian ukuran gear Yamaha Scorpio tersebut. Ingin melakukan upgrade akselerasi atau menginginkan peningkatan pada top speednya.

Guna Upgrade Akeselerasi Kendaraan

Dalam melakukan penggantian ukuran, anda bisa merubah gear belakang dengan ukuran yang lebih besar antara 1 – 2 tingkat, ataupun dengan merubah ukuran gear depan dengan ukuran 1 – 2 tingkat lebih kecil. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan akselerasi kendaraan.

Ketika meningkatkan akselerasi pada kendaraan, maka motor akan sedikit kehilangan top speed yang dimiliki. Begitu pula sebaliknya. Sebab gear pada kendaraan akan memiliki pengaruh pada salah satu aspek yang diinginkan.

Guna Upgrade Top Speed

Advertisements

Dalam melakukan upgrade top speed pada kendaraan, Anda bisa menurunkan ukuran gear belakang  jadi 1 – 2 lebih kecil dari ukuran standarnya. Atau juga bisa dengan menaikkan ukuran gear depannya menjadi 1 – 2 tingkat lebih besar.

Hal tersebut adalah cara agar kendaraan memiliki top speed yang lebih baik dari sebelumnya.

Tanda Gear Yamaha Scorpio Harus Diganti

Pada umumnya gear kendaraan terutama pada motor harus diganti ketika sudah mencapai jarak 25.000 km. Meski demikian hal ini kembali lagi pada cara berkendara dan perawatan yang Anda lakukan.

Beberapa ciri gear harus diganti, yaitu:

  • Permukaan rantai aus
  • Suara berisik saat kendaraan melaju pelan
  • Tarikan berat