Ukuran Gear Satria: Standar, Top Speed, Akselerasi

Ukuran Gear Satria – Motor Suzuki Satria termasuk jenis motor Underbone dengan kapasitas mesin 4 Tak. Banyak pengguna motor satria yang modifikasi motor ini untuk keperluan balap dengan cara mengubah ukuran gearnya agar performa bisa meningkat.

Advertisements

Lantas berapa ukuran gear Satria? Ukuran gear Satria RU 120 R dan Satria RU 120 LSCM  adalah 13 T untuk gear depan dan 43 T untuk gear belakang. Lalu ukuran gear Satria 120S, Satria F150, New Satria FU, Satria Euro3 dan Satria F150 Fi adalah 14 T gear depan dan 43 T gear belakang.

Berikut ini penjelasan mengenai ukuran gear Satria.

Daftar Isi:

  • Ukuran Gear Standar Suzuki Satria
  • Tarif Gear Suzuki Satria Dipasaran
  • Ganti Ukuran Gear Satria Guna Peningkatan Top Speed dan Akselerasi
  • Ciri Gear Suzuki Satria Harus Diganti
Advertisements

Ukuran Gear Satria

Suzuki Satria  memiliki tipe yang cukup banyak. Pada tiap tipenya motor ini dibekali ukuran gear yang berbeda. Berikut ukuran standar Suzuki Satria dalam bentuk tabel:

Tipe Suzuki SatriaUkuran Gear DepanUkuran Gear Belakang
Suzuki Satria 120S14 T43 T
Suzuki Satria RU 120R13 T43 T
Suzuki Satria RU 120 LSCM13 T43 T
Suzuki Satria F15014 T43 T
Suzuki New Satria FU14 T43 T
Suzuki New Satria Euro314 T43 T
Suzuki Satria F150 Fi14 T43 T

Pada umumnya Anda bisa memasangkan gear motor Suzuki Satria di ukuran panjang rantai sebesar 428 – 120 L. Sebab ukuran ini bisa dipasangkan untuk kompatibel motor Suzuki Satria mulai dari tahun 2005 – 2012.

Advertisements

Tarif Gear Suzuki Satria Dipasaran

Dibeberapa penyedia onderdil kendaraan patokan harga untuk gear Suzuki Satria berbeda. Hal ini ditentukan oleh penjual dan wilayah Anda melakukan pembelian.

Meski demikian untuk harga satu set gear lengkap Anda bisa mendapatkan harga dikisaran Rp. 115.000 – Rp. 350.000. Harga ini bisa berbeda tergantung tipe motor Suzuki Satria yang Anda gunakan.

Sedangkan untuk gear saja di motor Suzuki Satria bisa Anda peroleh dengan harga mulai dari Rp. 45.000 – Rp. 300.000. Beberapa merk onderdil yang ada menyediakan pilihan gear dengan pilihan modifikasi, baik dari segi bahan maupun warna cat yang digunakan.

Anda bisa membeli gear motor Suzuki Satria dengan harga terbaik melalui aplikasi Shopee. Anda akan mendapatkan banyak pilihan produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Klik link dibawah ini untuk masuk di aplikasi Shopee.

Ganti Ukuran Gear Satria Guna Meningkatkan Performa

Ketika ingin mendapatkan peningkatkan performa dari suatu kendaraan, banyak pengguna yang melakukan penggantian ukuran pada gear kendaraan. Hal ini karena gear yang menjadi titik tumpu dari kinerja mesin kendaraan.

Berikut ini adalah 2 fungsi ganti ukuran gear pada Suzuki Satria yang bisa Anda ketahui, yaitu:

Untuk Meningkatkan Top Speed

Advertisements

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman berkendara dengan kecepatan yang meningkat silahkan untuk mengganti ukuran gear belakang menjadi lebih kecil sekitar 1-2 tingkat. Anda juga bisa mengganti ukuran gear depannya jadi 1-2 lebih besar.

Hal tersebut akan langsung berpengaruh terhadap kecepatan maksimal kendaraan Anda, namun berdampak buruk untuk akselerasi kendaraan yang dihasilkan.

Untuk Meningkatkan Akselerasi

Sedangkan jika ingin mendapatan akselerasi yang bagus, Anda bisa merubah ukuran gear belakang menjadi lebih besar  1-2 tingkatan, atau bisa juga dengan menurunkan ukuran gear depannya jadi 1-2 lebih kecil dibandingkan dengan ukuran standarnya.

Hal sebaliknya berlaku ketika Anda melakukan peningkatan akselerasi maka top speed harus dikorbankan.

Ciri Gear Motor Satria Harus Diganti

Gear kendaraan bisa bertahan sampai dengan jarak 25.000 km atau sekita 2 tahun 3 bulan. Meski demikian hal ini kembali lagi pada pemakaian dan perawatan kendaraan Anda.

Berikut ini adalah beberapa ciri gear Satria harus diganti, yaitu:

  • Tarikan kendaraan berat
  • Gear aus atau terkikis
  • Kondisi rantai yang kendur dan longgar
  • Muncul suara berisik yang menggangu
  • Ketegangan rantai tidak stabil