Ukuran Gear RX King: Standar, Top Speed, Akselerasi

Ukuran Gear RX King – Yamaha RX King menjadi salah satu motor lawas yang banyak diminati hingga saat ini. Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang melakukan modifikasi terutama untuk ukuran gearnya.

Advertisements

Lantas berapa ukuran gear RX King? Ukuran Gear RX King Kobra adalah 14 T untuk gear depan dan 37 T untuk gear belakang. Sedangkan untuk ukuran gear RX King Master adalah 15 T untuk gear depan dan 47 T untuk gear belakang.

Anda bisa menyimak penjelasan lengkap mengenai ukuran gear RX King dalam artikel di bawah ini.

Daftar Isi:

  • Ukuran Gear Standar Yamaha RX King
  • Tarif Gear RX King Dipasaran
  • Alih Ukuran Gear Yamaha RX King Untuk Meningkatkan Akselerasi dan Top Speed
  • Pertanda Gear Yamaha RX King Harus Diganti

Ukuran Gear RX King

Ukuran gear yang ada sangat berpengaruh agar kendaraan bisa mendapatkan nafas dan tarikan yang panjang. Berikut ini ukuran gear Yamaha RX King tiap tipenya, yaitu:

Advertisements
TipeUkuran Gear DepanUkuran Gear Belakang
Yamaha RX King Kobra14 T37 T
Yamaha RX King Master15 T47 T

Pada Motor Yamaha series RX King untuk ukuran standar rantai yang disarankan adalah 428 – 100. Meski begitu ketika terjadi beberapa kemungkinan saat melakukan pemasangan, Anda bisa melakukan pemotongan rantai untuk menyesuaikannya.

Tarif Gear Yamaha RX King

Gear original untuk motor Yamaha RX King banyak dijual dibengkel, di toko otomotif maupun beberapa marketplace yang ada. Meski begitu Anda bisa mendapatkan pilihan produk mulai dari gear lengkap dengan rantai ataupun gearnya saja.

Untuk harga satu set gear resmi dari Yamaha untuk RX King bisa Anda beli di harga mulai dari Rp. 125.000 hingga Rp. 250.000. Harga ini bisa berbeda tergantung dari jenis bahan rantai yang Anda pilih.

Lalu untuk harga gear Yamaha RX King di merk selain Yamaha, Anda bisa mendapatkan harga di sekitaran Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 500.000. Jumlah harga yang berbeda ini berdasarkan kualitas dan jenis rantai yang digunakan.

Bagi Anda yang ingin membeli gear Yamaha RX King dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin, silahkan untuk membelinya di aplikasi Shopee. Anda akan mendapatkan banyak penawaran menarik dengan mengklik pada link berikut ini.

Advertisements

Ukuran Gear RX King Untuk Meningkatkan Performa

Kebanyakan orang selain melakukan modifkasi tampilan juga melakukan modifikasi performa kendaraan. Untuk bisa meningkatkan performanya maka bisa dilakukan dengan mengganti ukuran gear standarnya.

Maka dari itu berikut ini adalah tujuan dari mengganti ukuran gear Yamaha RX King yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

Untuk Peningkatan Akselerasi

Agar akselerasi kendaraan meningkat silahkan untuk meningkatkan ukuran gear belakang dikisaran 1-2 lebih besar, atau bisa juga dengan mengurangi ukuran gear depan dikisaran 1 – 2 tingkat lebih kecil. Dengan begitu Anda akan mendapatkan akselerasi yang meningkat.

Dalam merubah ukuran gear tidak bisa dilakukan terlalu jauh dari ukuran standarnya. Hal ini akan membayakan ketika digunakan.

Untuk Peningkatan Top Speed

Advertisements

Lalu ketika Anda ingin menambahkan top speed kendaraan maka berlaku kebalikan dari peningkatkan akselerasinya. Anda bisa mengurangi ukuran gear belakang 1 – 2 lebih kecil, atau menambahkan ukuran gear depannya lebih besar 1 – 2 dari ukuran standarnya.

Ketika Anda ingin meningkatkan top speed kendaraan, maka kemungkinan akselerasi kendaraan akan sedikit menurun. Sebab gear kendaraan hanya bisa melakukan penanganan pada salah satu fungsi.

Ciri Gear Yamaha RX King Harus Diganti

Gear termasuk salah satu komponen dengan usia yang cukup panjang. Idealnya ia bisa bertahan sampai dengan usia 25.000 km sebelum diganti. Meski demikian Anda bisa mengetahui ciri-ciri gear yang harus diganti, yaitu:

  • Rantai hampir putus ketika diayunkan
  • Rantai ketika disetel langsung kendur lagi
  • Ketika maju motor mudah tersendat
  • Timbulnya suara berisik bahkan saat kendaraan pelan
  • Tarikan motor yang terasa berat