Ukuran Gear R15 Standar dan Top Speed Nya

Ukuran Gear R15 – Gear R15 menjadi salah satu komponen yang berfungsi untuk membantu pergerakan roda motor. Ukuran Gear R15 berbeda dengan tipe motor lainnya karena disesuaikan dengan  kecepatan atau akselerasi motor tersebut.

Advertisements

Lalu berapa standar ukuran gear R15? Ukuran gear R15 adalah 15 untuk gear depan dan 47 untuk gear belakang.

Untuk lebih jelasnya tentang gear R15, silahkan baca penjelasan di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Gear R15
  • Ukuran Gear Yamaha R15 Untuk Top Speed Lebih Tinggi
  • Ukuran Gear Motor R15 Untuk Akselerasi Lebih Cepat
  • Ciri – Ciri Gear Yamaha R15 Rusak
  • Cara Merawat Gear Motor Yamaha R15 Agar Lebih Awet

Ukuran Gear R15

Motor Yamaha R15 memiliki ukuran gear depan 15 dan gear belakang 47. Maksutnya adalah ukuran gear depan memiliki 15 mata dan gear belakang memiliki 47 mata.

Sedangkan rantai Yamaha R15 menggunakan tipe 428 dengan panjang rantai 57 atau 114 mata.

Jika Anda ingin membeli set gear R15 dengan harga yang murah, silahkan lihat berbagai pilihannya di Shopee. Tersedia berbagai macam ukuran serta promo gratis ongkir yang bisa Anda dapatkan. Silahkan Anda klik tombol di bawah ini untuk menuju ke link tokonya.

Advertisements

Ukuran Gear Yamaha R15 Untuk Top Speed Lebih Tinggi

Top speed merupakan kecepatan tertinggi yang bisa dicapai oleh motor. Top speed motor R15 bisa dirubah menjadi lebih tinggi dengan cara menambah ukuran gear depan. Namun perubahan ukuran gear tersebut perlu disesuaikan dengan karakteristik motor serta kondisi jalan yang sering dilalui.

Untuk meningkatkan top speed R15, Anda bisa menaikkan ukuran gear depan 1 – 2 tingkat dari ukuran standar, menjadi 16 atau 17.

Untuk cara yang kedua, Anda bisa menurunkan ukuran gear belakang 1 – 2 tingkat dari ukuran standarnya.

Anda bisa menggunakan salah satu dari kedua cara di atas. Dengan melakukan penggantian ukuran gear tersebut membuat perputaran mesin jadi lebih enteng, sehingga top speed R15 akan meningkat.

Peningkatan top speed pada R15 cocok digunakan di kondisi jalan yang relatif rata dan panjang.

Ukuran Gear Motor R15 Untuk Akselerasi Lebih Cepat

Advertisements

Ukuran gear R15 yang ideal agar akselerasi lebih cepat adalah menurunkan ukuran gear depan 1 – 2 tingkat dari ukuran standarnya.

Cara yang kedua adalah menaikkan ukuran gear belakang 1 – 2 tingkat dari ukuran standarnya.

Dengan menurunkan ukuran gear depan, maka putaran mesin bawah menjadi enteng sehingga akselerasi motor R15 akan lebih cepat.

Peningkatan akselerasi R15 akan sangat cocok digunakan di daerah perkotaan serta kondisi jalanan  yang penuh tanjakan.

Ciri – Ciri Gear Yamaha R15 Rusak

Gear dan rantai memiliki fungsi yang penting untuk jalannya motor. Jika tidak melakukan perawatan, bisa jadi gear motor R15 mengalami keausan.

Saat gear R15 mengalami kerusakan, akan ada beberapa gejala yang ditunjukkan oleh motor tersebut. Ciri – ciri gear Yamaha R15 rusak antara lain.

Advertisements

Rantai motor R15 mulai renggang

Ciri – ciri yang paling terlihat saat gear R15 mengalami kerusakan adalah rantainya terlalu kendur. Hal tersebut membuat gear dan rantai motor tidak bisa meneruskan tenaga dari putaran roda belakang. akibatnya laju motor jadi terasa berat.

Laju motor R15 jadi terhambat

Jika Anda menemukan gejala motor Anda terasa tersendat saat berjalan, bisa jadi gear motor sudah aus. Hal tersebut membuat perputaran mesin menjadi rendah karena putaran rantai yang tidak stabil.

Gear R15 terlihat aus

Seiring bertambahnya usia motor, ada beberapa komponen yang mengalami keausan. Begitupun juga komponen gear. Meskipun sudah dirawat dengan benar, jika komponen gear sudah aus maka perlu diganti dengan yang baru.

Cara Merawat Gear Motor Yamaha R15 Agar Lebih Awet

Agar gear motor R15 bisa lebih tahan lama, Anda perlu melakukan perawatan yang benar. Berikut adalah beberapa cara merawat gear motor Yamaha 515 agar lebih awet:

  1. Lakukan pelumasan yang baik pada rantai dan gear.
  2. Jangan menggunakan oli bekas untuk melumasi gear.
  3. Bersihkan gear R15 secara rutin.
  4. Lakukan servis dan pemeriksaan pada rantai dan gear R15 secara berkala.
  5. Gunakan komponen gear yang ori dan berkualitas.