Ukuran Gear KLX : Standar, Top Speed, Akselerasi

Ukuran Gear KLX – Kawasaki KLX dari produksi pabrikannya sudah memiliki performa dan desain motor yang cukup keren untuk penggunanya. Namun terkadang karena kebutuhan yang sudah berubah atau meningkat membuat modifikasi ukuran gear KLX ini dilakukan.

Advertisements

Lantas, berapa ukuran gear KLX standar? Ukuran gear KLX 150 dan KLX 150 S adalah 14 T gear depan dan 44 T gear belakang. Ukuran gear KLX 150 L adalah 14 T gear depan dan 47 gear belakang. Ukuran gear KLX 150 BF adalah 14 T gear depan dan 52 T gear belakang.

Berikut adalah informasi seputar ukuran gear KLX yang dapat Anda baca, yaitu:

Daftar Isi:

  •  Ukuran Gear Standar Kawasaki KLX
  • Harga Gear Kawasaki KLX Dipasaran
  • Ganti Ukuran Gear KLX Untuk Upgrade Top Speed dan Akselerasi
  • Ciri Kerusakan Pada Gear Kawasaki KLX

Ukuran Gear KLX

Ukuran gear KLX standar ditentukan performa yang dibutuhkan motor tersebut. Berikut ini beberapa ukuran gear KLX setiap tipe:

Advertisements
Tipe KLXUkuran Gear DepanUkuran Gear Belakang
Kawasaki KLX 15014 T44 T
Kawasaki KLX 150 S14 T44 T
Kawasaki KLX 150 L14 T47 T
Kawasaki KLX 150 BF14 T52 T
Kawasaki KLX 23014 T45 T
Kawasaki KLX 25014 T42 T

Pada series motor Kawasaki KLX 150 Anda bisa mengunakan rantai dengan ukuran 428 – 130. Sedangkan untuk jenis KLX 230 dan 250 silahkan untuk mengkombinasikannya dengan ukuran rantai sebesar 520 – 106 L.

Harga Gear KLX Dipasaran

Jenis spare part seperti gear untuk motor Kawasaki KLX memiliki harga yang bervariasi. Selain ditentukan oleh jenis motor KLX Anda, jenis rantai motor yang Anda pilih juga ikut menentukan. Namun Anda bisa memilih 2 jenis produk antara set gear atau gear saja.

Harga untuk set gear original motor Kawasaki KLX dipasaran adalah mulai dari Rp. 250.000 – Rp. 1.000.000. Namun harga paling mahal berada pada series KLX 230 dan KLX 250.

Lalu untuk harga gear Kawasaki KLX pada merk lain bisa Anda dapatkan mulai dari harga Rp. 150.000 – Rp. 500.000. Beberapa produsen gear tiap merk memiliki spesifikasi yang berbeda dan biasanya digunakan untuk tujuan modifikasi.

Bagi Anda yang bingung mencari produk gear untuk motor Kawasaki KLX, silahkan untuk membelinya melalui aplikasi Shopee. Disini Anda akan mendapatkan banyak kemudahan mulai dari transaksi dan pengiriman. Klik tombol di bawah untuk masuk di aplikasi Shopee.

Advertisements

Ganti Ukuran Gear Motor KLX

Sebelum melakukan pergantian ukuran gear Anda harus mengetahui tujuan penggantian gear antara untuk upgrade top speed maupun upgrade akselerasi kendaraan, seperti berikut ini:

Ganti Ukuran Gear KLX Untuk Upgrade Top Speed

Untuk meningkatkan kecepatan berkendara pada Kawasaki KLX silahkan untuk menurunkan ukuran gear belakang lebih kecil antara 1 – 2 tingkat atau bisa juga dengan menaikkan ukuran gear depan menjadi lebih besar 1 – 2 tingkat juga.

Hal tersebut akan berpengaruh secara langsung terhadap kecepatan kendaraan Anda. Namun Anda juga harus bersiap untuk mendapatkan tarikan yang berat ketika berkendara.

Ganti Ukuran Gear KLX Untuk Upgrade Akselerasi

Berbeda dengan menaikkan top speed, untuk meningkatkan akselerasi maka berlaku rumus sebaliknya. Anda bisa mengecilkan ukuran gear depan menjadi 1 – 2 dari ukuran normalnya atau dengan memperbesar ukuran gear belakang jadi 1 – 2 tingkat lebih besar.

Dengan begitu Anda akan mendapatkan akselerasi yang meningkat dengan tarikan nyaman untuk berkendara.

Ciri Kerusakan Pada Gear Kawasaki KLX

Advertisements

Setiap komponen kendaraan yang ada harus diperhatikan perawatan dan pergantiannya. Tidak terkecuali untuk gear kendaraan. Anda bisa mengganti gear saat sudah berusia di Km 25.000 atau satu tahu setengah tergantung pemakain.

Berikut adalah ciri kerusakan pada gear KLX yaitu:

  • Umur pemakaian yang cukup lama
  • Perputaran rantai yang tersendat
  • Rantai kendur
  • Rantai terlalu tegang
  • Muncul suara berisik pada kendaraan
  • Permukaan rantai usang dan aus
  • Tarikan motor berat