Ukuran Gear Karisma : Standar, Akselerasi, Top Speed

Ukuran Gear Karisma – Honda Karisma adalah salah satu jenis motor bebek yang dikeluarkan dengan kapasitas mesin 4 tak. Banyak pemilik kendaraan yang melakukan modifikasi pada komponen gear untuk meningkatkan kinerja mesin kendaraan.

Advertisements

Berapakah ukuran gear Karisma? Ukuran gear Karisma 125 D dan Karisma X adalah sama, yaitu 14 T untuk ukuran gear depannya dan 35 T untuk ukuran gear belakangnya. Besaran ukuran gear ini bisa dipadukan dengan rantai berukuran 420 – 104 L.

Bagi Anda yang ingin melakukan upgrade ukuran gear Karisma, Anda dapat melihat penjelasan lengkapnya terlebih dahulu disini.

Daftar Isi:

  • Ukuran Gear Honda Karisma
  • Tarif Gear Honda Karisma Dipasaran
  • Ubah Ukuran Gear Karisma Untuk Peningkatkan Akselerasi & Top Speed
  • Pertanda Gear Honda Karisma Harus Diganti

Ukuran Gear Karisma

Advertisements

Gear pada tiap kendaraan tentu saja berbeda tergantung dari karakter kendaraan Anda. Meski demikian hal ini bukan berarti Anda tidak bisa melakukan modifikasi ataupun substitusi. Modifikasi tetap bisa dilakukan dengan catatan tidak terlalu jauh dari ukuran standarnya.

Berikut adalah ukuran gear Karisma standar yang bisa Anda lihat dalam bentuk tabel:

Jenis MotorUkuran Gear DepanUkuran Gear Belakang
Honda Karisma 125 D14 T35 T
Honda Karisma X14 T35 T

Ukuran gear depan dan belakang pada 2 tipe motor Honda Karisma diatas dapat Anda gunakan dengan ukuran standar rantai sebesar 420 – 104 L. Anda bisa mengurangi atau menambahkan sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

Tarif Gear Honda Karisma Dipasaran

Saat ini sudah banyak toko-toko atau bengkel yang menyediakan berbagai macam pilihan gear yang bisa Anda pilih. Namun sebagai pelanggan Anda tetap memiliki pilihan untuk mendapatkan produk dengan harga yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Dipasaran harga satu set gear (gear + rantai) Honda Karisma original dari Honda Genuine part bisa didapatkan mulai Rp. 118.000 sampai Rp. 350.000. Harga ini bisa berbeda tergantung dari tempat Anda membeli spare part ataupun jenis yang dipilih.

Sedangkan untuk harga gear saja untuk motor Honda Karisma bisa Anda beli diharga mulai dari Rp. 55.000 sampai dengan Rp. 250.000. Perbedaan harga yang signifikan untuk set gear dan gear ini karena merk yang direkomendasikan tidak sama.

Jika Anda sedang mencari produk gear Honda Karisma original dengan potongan harga, Anda bisa membeli pada aplikasi Shopee. Silahkan menekan tombol di bawah ini agar bisa masuk pada aplikasi Shopee.

Advertisements

Ubah Ukuran Gear Motor Karisma

Jika Anda kurang puas dengan kinerja mesin kendaraan Anda. Salah satu cara yang banyak digunakan oleh mayoritas pengendara adalah dengan mengganti ukuran gearnya. Sebelum melakukan itu, Anda harus mengetahui tujuan dan fungsi dari mengubah ukurannya.

Berikut fungsi mengubah ukuran gear motor karisma:

Untuk Peningkatan Akselerasi

Akselerasi adalah kecepatan motor untuk merubah kecepatannya. Sedangkan untuk merubah gear dengan tujuan akselerasi Anda bisa menaikkan gear belakang sebesar 1 atau 2 atau menurunkan ukuran gear bagian depan sebesar 1 atau 2.

Dengan melakukan perubahan ukuran tersebut, Anda akan mendapatkan akselerasi yang lebih baik dari sebelumnya. Hal ini juga berpengaruh pada tarikan yang terasa lebih enteng.

Untuk Peningkatan Top Speed

Advertisements

Jika anda ingin meningkatkan kecepatan maksimal kendaraan Anda, silahkan mengubah ukuran gear untuk peningkatan top speed. Naikkan ukuran gear depan 1 – 2 dari ukuran awal atau turunkan gear belakang lebih kecil sebesar 1 – 2.

Namun dengan melakukan ini, tarikan yang dihasilkan oleh Honda Karisma Anda akan terasa jauh lebih berat.

Tanda Gear Honda Karisma Harus Diganti

Perawatan pada gear harus dilakukan secara rutin meskipun usianya bisa bertahan sampai dengan 1 setengah tahun. Hal yang perlu Anda ketahui adalah beberapa tanda yang menimbulkan kerusakan pada gear, yaitu:

  • Rantai sudah renggang
  • Permukaan gear aus dan mata yang meruncing
  • Timbulnya suara kasar ketika dikendarai
  • Tarikan motor terasa sangat berat
  • Tarikan motor terasa loncat-loncat
  • Gear bisa dengan mudah digoyangkan