Ukuran Gear Jupiter : Standar dan Road Race

Ukuran Gear Jupiter – Salah satu fungsi gear Jupiter yaitu mentransfer putaran dari mesin ke roda belakang. Ukuran gear Jupiter berbeda – beda tergantung tipenya. Untuk mengetahui ukuran gear Jupiter, silahkan simak artikel berikut.

Advertisements

Berapa ukuran gear Jupiter? Ukuran gear Jupiter adalah 15 bagian depan. Sedangkan, ukuran gear belakang Jupiter Z yaitu 36, dan Jupiter MX sebanyak 39 di bagian belakang, dan 15 di bagian depan.

Daftar Isi :

  • Ukuran Gear Jupiter
  • Harga Gear Motor Jupiter
  • Ukuran Gear Jupiter Z Road Race
  • Efek Ganti Ukuran Gear Jupiter
  • Kapan Gear Motor Yamaha Jupiter Harus Diganti?
  • Tips Merawat Gear Motor Jupiter

Ukuran Gear Jupiter

Di bawah ini merupakan daftar ukuran gear Jupiter.

Advertisements
Tipe MotorUkuran Gear DepanUkuran Gear Belakang
Jupiter Z / Burhan1536
Jupiter Z New1440
Jupiter Z11341
Jupiter MX1539
Jupiter MX New1438

Harga Gear Motor Jupiter

Apabila kondisi gear Jupiter sudah dalam kondisi tidak baik, sebaiknya segera lakukan penggantian dengan yang baru.

Berapa harga gear Jupiter ori?

Harga gear Jupiter origina adalah Rp. 171. 000 – Rp. 205.000. Harga tersebut sudah satu set dengan rantai.

Bagi Anda yang mengganti gear Jupiter dengan ukuran standar dan sesuai kebutuhan, silahkan lakukan pembelian secara online dengan menekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Ukuran Gear Jupiter Z Road Race

Untuk meningkatkan performa motor Jupiter Z pada saat road race, Anda dapat mengganti ukuran gear. Namun, mengganti ukuran gear yang tidak sesuai standar dapat menimbulkan efek samping.

Jika untuk menambah kecepatan dan mengorbankan tingkat akselerasi, Anda dapat mengubah ukuran gear depan Jupiter Z untuk keperluan road race menjadi lebih besar yaitu 16.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, sebaikanya perubahan ukuran gear jangan terlau banyak cukup 2 – 3 mata untuk gear bagian belakang dan 1 mata untuk gear bagian depan.

Namun, untuk mendapatkan kenyamanan dan sesuai kebutuhan saat berkendara, sebaiknya lakukan diskusi terlebih dahulu dengan bengkel profesional.

Efek Ganti Ukuran Gear Jupiter

Biasanya seseorang mengganti ukuran gear, saat melakukan perubahan ukuran velg menjadi lebih besar / kecil. Namun, perlu diketahui bahwa penggantian ukuran gear tidak sesuai standar dapat menimbulkan efek samping.

Dampak Ganti Ukuran Gear Depan Motor Jupiter

Advertisements

Ganti ukuran gear depan Jupiter menjadi lebih besar dari ukuran standar memiliki dampak positif dan negatif.

Ketika gear motor bagian depan diubah menjadi lebih besar, maka jumlah mata gear akan semakin banyak, dan membuat putaran bertambah berat. Dengan begitu, akselerasi motor akan mengalami penurunan, tetapi capain top speed menjadi lebih baik.

Sedangkan, apabila ukuran gear depan Jupiter diperkecil, maka jumlah mata gear menjadi lebih sedikit, sehingga membuat tarikan putaran mesin bawah menjadi lebih ringan dan akselerasi lebih cepat.

Dampak Ganti Ukuran Gear Belakang Motor Jupiter

Apabila ganti ukuran gear belakang Jupiter sama dengan rekomendasi pabrik, maka memberikan efek positif. Namun, jika ukuran gear belakang diperbesar atau diperkecil, maka akan menimbulkan efek kebalikan dari efek penggantian ukuran gear bagian depan.

Akibat mengganti ukuran gear belakang lebih besar yaitu meningkatkan perputaran gerakan yang terjadi karena adanya dorongan antara piston dan poros engkol, sehingga tarikan motor menjadi lebih baik.

Meskipun begitu, ukuran gear belakang lebih kecil juga dapat memberikan efek negatif, yaitu dapat mengurangi top speed, dan membuat nafas motor pendek.

Setelah mengetahui dampak ganti ukuran gear motor di atas, sebaiknya jangan mengganti ukuran gear secara sembarangan.

Kapan Gear Motor Yamaha Jupiter Harus Diganti?

Berdasarkan informasi yang diperoleh, waktu penggantian gear Yamah Jupiter secara ideal dilakukan setiap jarak tempuh motor mencapai 15.000 km dan kelipatannya. Namun, untuk mengetahui kapan waktu penggantian gear tidak selalu berpatokan dengan jarak tempuh.

Untuk mengetahui waktu penggantian gear Jupiter, Anda melihat dari ciri – ciri, dan tergantung cara berkendara. Ciri – ciri gear motor harus diganti yaitu jarak antara mata gear tidak sama, sehingga muncul suara berisik saat rantai berputar. Selain itu

Tips Merawat Gear Motor Jupiter

Tidak hanya bergantung pada rasio ukuran gear, tetapi juga cara perawatan gear dapat mempengaruhi kinerja gear Jupiter.

Berikut cara merawat gear motor Yamaha Jupiter.

  • Bersihkan gear dan rantai secara rutin minimal 1 bulan sekali
  • Atur posisi gir dan rantai tepat berada di tengah
  • Perhatikan kualitas gear, saat membeli gear baru
  • Hindari penggunaan oli bekas, saat membersihkan gear
  • Apabila terkena air hujan, segera bersihkan menggunakan air PAM untuk menghindari korosi.