Ukuran Gear GSX Standar dan Top Speed Nya

Ukuran Gear GSX – Suzuki GSX merupakan jenis motor sport yang memiliki performa tinggi, meskipun begitu banyak diantara pengendara yang masih kurang puas dan memodifikasi untuk mendapatkan performa lebih, salah satunya adalah dengan cara memodifikasi ukuran gear.

Advertisements

Lantas berapa ukuran gear GSX standar? Ukuran gear GSX R150 adalah 15 T untuk Gear depan dan 45 T untuk Gear belakang. ukuran tersebut merupakan ukuran standar bawaan yang ditentukan oleh Suzuki.

untuk penjelasan lebih lengkap ,mengenai ukuran gear GSX, anda bisa menyimak artikel berikut.

Daftar Isi :

  • Ukuran Gear GSX
  • Ganti Ukuran Gear GSX
  • Tanda Gear GSX rusak
  • Tips merawat Gear GSX
Advertisements

Ukuran Gear GSX

Ukuran gear pada setiap motor berbeda-beda, hal ini tergantung daya mesin, ukuran dan kekuatan motor, untuk menghasilkan performa yang optimal.

Suzuki GSX R150 memiliki ukuran standar gear depan 15 T dan gear belakang 45 T yang dipasangkan rantai dengan ukuran standar tipe 428 dengan panjang 61 link (122 mata). ukuran ini merupakan ukuran standar yang dikeluarkan oleh Suzuki.

Jika anda ingin membeli gear GSX original anda bisa membelinya di toko otomotif terpercaya Shopee. Anda juga bisa mendapatkan berbagai promo dan diskon yang sedang berlaku. Silahkan klik link dibawah ini untuk mengunjungi halaman Shopee :

Ganti Ukuran Gear GSX

Mengganti ukuran gear merupakan salah satu cara instan mengubah karakter performa motor, karena  akan memberikan efek langsung pada akselerasi atau top speed. Namun Pastikan anda tahu mana yang ingin anda upgrade, akselerasi atau top speed.

Untuk Upgrade  Akselerasi

Advertisements

Untuk meningkatkan akselerasi motor anda bisa mengganti ukuran gear belakang lebih besar 1-2 tingkat atau menurunkan ukuran gear belakang 1-2 tingkat. Dengan begitu tarikan motor akan terasa lebih ringan dan laju motor akan semakin kencang.

Namun hal ini akan berdampak pada nilai top speed yang akan menurun, sehingga motor kurang bertenaga ketika sedang melaju kencang.

Untuk Upgrade Top Speed

Sedangkan untuk upgrade nilai top speed anda bisa menurunkan ukuran gear belakang 1-2 tingkat atau menaikan ukuran gear belakang 1-2 tingkat.

Namun jika melakukannya Anda harus merelakan akselerasi yang menurun, selain itu tarikan mesin juga kan terasa lebih berat dan terasa loyo saat memulai laju motor.

Tanda Gear Motor GSX Rusak

Penggantian gear idealnya dilakukan setiap jara tepuh motor GSX mencapai kelipatan 25000 km. selain memiliki usia maksimum pemakaian, gear juga tak luput dari adannya kerusakan dini yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Berikut ini adalah tanda yang dapat muncul saat gear anda rusak dan perlu diganti :

Advertisements
  • Rantai motor yang mulai renggang
  • Penyetelan rantai motor susah dilakukan
  • Laju motor terhambat dan tidak lancar
  • Gear terlihat aus dan mata gear terlihat lebig runcing
  • Terdengar suara kasar dari arah rantau dan gear saat motor melaju

Tips Merawat Gear GSX Agar Awet

Agar gear Suzuki GSX awet sebelum memasuki masa maksimum pemakaian serta mencegah adanya kerisakan dini pada gear, anda perlu melakukan perawatan. Berikut ini beberapa tips dalam merawat Gear GSX yang bisa anda ikuti :

  • Lumasi gear dan dan rantai secara berkala
  • Gunakan oli baru saat melumasi gear dan rantai
  • Bersihkan secara rutin gear dan sela-sela rantai
  • Gunakan komponen gear yang original, sesuai ukuran standar dan berkualitas