Ukuran Gear CBR Standar dan Top Speed Nya

Ukuran Gear CBR – Honda CBR (city bike racer) merupakan jenis motor sport perkotaan yang memiliki performa layaknya motor balap. meskipun memiliki performa cukup tinggi, tak jarang dari pemilik CBR memodifikasi untuk upgrade performa, salah satunya dengan mengganti ukuran gear.

Advertisements

Lantas berapa ukuran standar gear CBR? Ukuran gear CBR 150R adalah 15 T untuk gear depan dan 45 T untuk gear belakang, sedangkan ukuran CBR 250RR adalah 14 T untuk gear depan dan 38 T untuk gear belakang.

Untuk informasi selengkapnya mengenai ukuran gear CBR, anda bisa membaca penjelasan berikut ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran gear CBR
  • Harga gear CBR dipasaran
  •  Ganti ukuran gear CBR untuk upgrade akselerasi dan top speed
  • Tanda gear CBR perlu diganti

Ukuran Gear CBR

Setiap motor memiliki ukuran gear yang berbeda-beda, hal ini bergantung pada ukuran daya mesin untuk menghasilkan performa maksumal. Berikut ukuran gear CBR dalam bentuk tabel:

Advertisements
Tipe Honda CBRUkuran Gear DepanUkuran Gear Belakang
CBR 150R15 T45 T
CBR 250RR14 T38 T

Gear standar CBR 150 dipasangkan rantai dengan ukuran standar 520-112L dan untuk gear CBR 250RR dipasangkan rantai dengan ukuran standar 428-128L.

Harga Gear CBR Dipasaran

Penjualan gear CBR dipasaran umumnya dijual dalam bentuk set yang berisi gear dan rantai, karena gear dan rantai merupakan sepasang komponen yang berkerja sama dan memiliki masa pakai yang sama.

Berdasarkan situs resmi Honda genuine part, harga set gear CBR 150R dijual dengan rentang harga Rp. 139.500 – Rp. 296.000 tergantung tipe rantai yang anda pilih. Dan untuk harga set Gear CBR 250RR dijual dengan harga Rp. 1.237.000.

Sedangkan harga gear Honda CBR 150R dan CBR 250RR untuk merk lain dipasaran berkisar antara Rp. 150.000 – Rp. 1.600.000. tergantung merk, kualitas dan desain gear yang anda pilih.

Jika anda ingin membeli gear CBR original standar, anda bisa membelinya di toko spare part terpercaya melalui Shopee, anda bisa mendapatkan berbagai penawaran harga promo serta diskon yang sedang berlaku. Silahkan klik link dibawah ini untu mengunjungi produk :

Advertisements

Ganti Ukuran Gear CBR

Salah satu cara instan untuk mengubah karakter performa motor adalah memodifikasi ukuran gear. Karena ukuran gear akan memberikan efek langsung pada performa akselerasi atau top speed motor. Namun anda perlu memastikan mana yang ingin anda upgrade, akselerasi atau top speed.

Ganti Ukuran Gear CBR Untuk Upgrade Akselerasi

Untuk upgrade akselerasi anda bisa mengganti ukuran gear belakang lebih besar 1-2 tingkat  atau menurunkan ukuran gear depan 1-2 tingkat dari ukuran standar. Dengan begitu akselerasi akan meningkat dan tarikan motor akan terasa lebih ringan.

Namun anda perlu merelakan nilai top speed yang menurun dan motor yang akan kurang bertenaga saat tengah berkendara dengan kencang.

Ganti Ukuran Gear CBR Untuk Upgrade Top Speed

Sedangkan untuk upgrade top speed anda bisa menggunakan ukuran gear belakang lebih kecil 1-2 tingkat atau menaikan ukuran gear depan 1-2 tingkat. Dengan begitu capaian top speed akan meningkat.

Namun tentu saja akselerasi akan menurun serta motor akan terasa lebih berat dan lemah saat memulai laju kendaraan.

Tanda Gear Motor CBR Perlu Diganti

Advertisements

Waktu yang ideal untuk mengganti gear adalah setiap jarak tempuh CBR mencapai kelipatan 25.000 km. Namun gear juga bisa mengalami kerusakan dini yang diakibatkan oleh berbagai faktor.

Berikut ini adalah tanda yang bisa muncul saat gear rusak dan perlu diganti :

  • Rantai motor mulai merenggang
  • Penyetelan rantai yang susah
  • Gear muali aus dan mata gear terlihat lebih runcing
  • Terdengar suara kasar dari arah gear dan rantai saat sedang melaju
  • Laju motor brebet dan tidak lancar