Berapa Ukuran Foto KTP ? Berikut Penjelasan Nya

ukuran foto ktp
Advertisements

Ukuran Foto KTP – Foto KTP termasuk salah aspek penting dalam KTP sebagai identitas resmi setiap penduduk Indonesia, bagi anda yang penasaran mengenai format ukuran foto KTP, anda bisa menyimak artikel berikut ini.

Lalu Berapa Ukuran Foto KTP ? Ukuran foto KTP adalah 2×3 cm dengan panjang 2 cm dan lebar 3 cm.

Daftar Isi :

  • Ukuran Foto KTP
  • Ukuran foto KTP 3×4 untuk apa?
  • Cara Print Foto ukuran KTP di Word
Advertisements

Layanan KTP Online

Saat ini prosedur pengambilan foto KTP dilakukan bersamaan dengan pengurusan KTP yaitu saat perekaman data KTP elektronik baik di Kantor Kecamatan atau Dukcapil setempat . Jadi anda tidak perlu membawa foto sebagai persyaratan pengajuan KTP.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini layanan KTP hampir seluruh Dukcapil Kota dan Kabupaten bisa dilakukan secara online. silahkan klik tombol di bawah ini untuk pendaftaran KTP online :

Nb : Belum semua Dukcapil Kota / Kabupaten di setiap daerah memiliki layanan online

Ukuran Foto KTP

Sesuai dengan standar, ukuran  pas foto KTP mempunyai ukuran 2 x 3 cm. Namun perlu anda ketahui bahwa ukuran foto 2×3 cm tidak sepenuhnya benar, ukuran spesifik foto 2×3 sesuai standar adalah 2,16 x  2,79 cm. 

Berikut ini daftar ukuran foto KTP dalam berbagai satuan :

SatuanUkuran
Centimeter (mm)2,16 x 2,79
Milimeter (mm)21,6 x 27,9
Inchi0,85 x 1,11 in
Pixel resolusi 72 DPI61 x 79 pixel
Pixel resolusi 96 DPI82 x 105 pixel
Pixel resolusi 150 DPI128 x 165 pixel
Pixel resolusi 300 DPI255 x 330 pixel
Advertisements

Namun anda tidak perlu lagi pusing memikirkan ukuran foto KTP, karena saat ini foto KTP hanya bisa dilakukan bersamaan dengan pengurusan KTP, baik di Kecamatan maupun Dukcapil Kota / Kabupaten setempat anda.

Ukuran foto KTP 3×4 untuk apa?

meskipun format foto KTP hanya ukuran 2×3, namun banyak diantara masyarakat yang menyebut pas foto resmi dengan foto KTP meskipun ukurannya 3×4 ataupun 4×6.

lalu untuk apakah foto ukuran 3×4? Foto ukuran 3×4 biasanya diperuntukan untuk dokumen ijazah, SKCK lamaran kerja dan juga keperluan lainnya, sebagaimana juga dengan foto ukuran 4×6.

Cara Print Foto ukuran KTP di Word

Selain sebagai ukuran foto KTP, foto 2×3 juga banyak dibutuhkan untuk keperluan resmi lainnya seperti syarat nikah, lamaran kerja dan dokumen penting lainnya.
Jika anda mempunyai soft file foto ukuran KTP atau 2×3 anda bisa mencetaknya sendiri salah satu cara mudahnya melalui word, berikut langkahnya :

  1. Buka aplikasi Microsoft Word

    Pertama silahkan buka Microsoft Word pada komputer atau laptop anda.

  2. Klik Insert > Pictures

    Selanjutnya pada menu bar silahkan klik Insert kemudian klik Pictures, silahkan selanjutnya anda akan masuk jendela menu insert picture.
    Klik Insert lalu Pictures

  3. Pilih foto yang ingin anda cetak klik foto > klik Open

    Silahkan pilih foto yang hendak anda cetak, dengan cara klik foto tersebut hingga berwarna biru kemudian klik Open pada bagian bawah.

  4. Atur ukuran foto

    Untuk mengatur ukuran silahkan klik kanan foto kemudian pilih Size and Position. Hilangkan tanda centang pada kolom Lock aspect ratio > pada kolom Height masukkan 2,79 cm dan width masukkan 2,16 cm > klik Ok
    Atur ukuran foto

  5. Print Foto (tekan Ctrl + P)

    Sebelum memprint foto pastikan laptop atau komputer anda sudah terhubung dengan printer. Selanjutnya tekan tombol Ctrl dan huruf P secara bersamaan > pilih printer yang terhubung dengan komputer anda lalu klik Print.