Advertisements

Ukuran Ban Xpander dan Rekomendasi Merk Nya

Advertisements

Ukuran ban Xpander – Mobil Xpander memiliki ukuran yang berbeda – beda disetiap tipenya. Oleh sebab itu, pemilik Xpander harus mengetahui ukuran ban standar yang digunakan sebelum melakukan penggantian dengan yang baru.

Berapa ukuran ban Mitsubishi Xpander? Ukuran ban Xpander Ultimate dan Xpander Sport adalah 205/55 – 16, ukuran ban New Xpander Exceed MT adalah 195/65 – 16, dan ukuran Xpander Cross GLS adalah 185/65 – 15.

Berikut ini beberapa pembahasan tentang ukuran ban Mitsibishi pada artikel ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Mitsubishi Xpander
  • Modifikasi Ukuran Ban Mitsubishi Xpander
  • Rekomendasi Merk Ban Mitsubishi Xpander Terbaik
  • Penyebab Ban Mobil Mitsubishi Xpander Rusak
  • Tips Perawatan Ban Mobil Xpander Agar Lebih Awet

Ukuran Ban Xpander

Mitsubishi Xpander terdiri dari beberapa macam tipe. Jadi ukuran ban yang digunakan pun juga berbeda. Berikut ini daftar ukuran standar ban mobil Xpander secara lengkap:

Tipe MobilUkuran Ban
Mitsubihsi Xpander Ultimate205/55 – 16
Mitsubishi Xpander Sport205/55 – 16
Mitsubishi New Xpander Exceed MT195/65 – 16
Mitsubishi Xpander Cross GLS185/65 – 15
Advertisements

Anda bisa membeli ban mobil Xpander berbagai macam tipe melalui aplikasi Shopee. Tersedia banyak harga promo serta gratis ongkir yang langsung bisa Anda dapatkan. Anda bisa cari ukuran Silahkan tekan link di bawah ini untuk menuju ke tokonya.

Modifikasi Ukuran Ban Mobil Xpander

Xpander menjadi salah satu mobil yang bisa dimodifikasi. Biasanya, modifikasi mobil Xpander dilakukan dengan mengganti ukuran velg serta ban.

Untuk modifikasi Xpander, biasanya ukuran ban Xpander di upgrade menjadi lebih besar yaitu 215/55 velg 17. Ukuran ini dirasa membuat berkendara menjadi lebih nyaman serta tampilannya juga terlihat pas.

Untuk pilihan kedua, Anda bisa memodifikasi ukuran ban Xpander menjadi 225/50 velg 18. Ukuran tersebut bisa membuat daya cengkram ban di aspal semakin kuat. Namun kekurangannya adalah suspensi jadi terasa lebih keras karena penggunaan profil ban yang tipis.

Penggantian ukuran ban Xpander tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing – masing. Anda tingga sesuaikan saja dengan keinginan serta kebutuhan Anda.

Rekomendasi Merk Ban Mobil Xpander Terbaik

Ada beberapa rekomedasi merk ban yang bagus untuk mobil Xpander, antara lain:

Advertisements
  • Dunlop Enasave (Rp. 750.000)
  • Hankook Kinergy Eco (Rp. 600.000)
  • Bridgestone Eecopia (Rp. 717.000)
  • GT Radial Champiro (Rp. 750.000)
  • Achilles (Rp. 635.000)

Penyebab Ban Mitsubishi Xpander Rusak

Ban mobil yang sudah aus menyebabkan performa ban menurun, sehingga perlu segera diganti. Kerusakan ban tersebut disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

Gaya berkendara yang buruk

Beberapa kebiasaan yang tanpa Anda sadari bisa merusak ban mobil lebih cepat adalah melalukan rem mendadak saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Hal tersebut bisa membuat ban mobil Xpander cepat aus.

Tekanan angin ban Xpander tidak stabil

Sebelum menggunakan mobil Xpander untuk berpergian, Anda harus mengecek dulu tekanan angin ban mobil Xpander. Pastikan tekanan angin ban dalam kondisi yang pas, tidak kurang atau tidak berlebih.

Karena jika tekanana angin ban terlalu rendah bisa menyebabkan tapak luar ban cepat aus. Begitupun jika angin ban terlalu tinggi bisa menyebabkan ban pecah.

Mobil Xpander tidak pernah diservis

Advertisements

Permasalahan yang biasanya muncul jika mobil Xpander jarang diservis adalah ban mobil yang goyang ataupun bergerak tidak lurus. Jika terus dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan ban mobil Xpander cepat aus.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan pengecekan secara rutin untuk mengetahui kerusakan yang mungkin ada pada mobil Xpander Anda.

Beban mobil Xpander terlalu berat

Setiap ban memiliki kapasitas maksimum beban yang berbeda – beda. Jika beban yang diangkut mobil  Xpander Anda diatas kapasitas maksimum, maka kinerja ban akan lebih berat dan ban pun bisa cepat rusak.

Oleh sebab itu, perhatikan kapasitas maksimum ban Xpander agar tidak terjadi kelebihan muatan. Anda bisa melihat kapasitas ban Xpander pada kode yang ada di ban.

Tips Perawatan Ban Mobil Xpander Agar Lebih Awet

Agar mobil Xpander Anda lebih tahan lama, Anda perlu melakukan pengecekan secara rutin. Dengan begitu, kondisi komponen mobil beserta komponen lainnya dapat diketahui dengan jelasnya.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk merawat ban mobil Xpander agar tahan lama:

  • Selalu pastikan tekanan angin ban mobil Xpander dalam kondisi yang pas.
  • Gunakan ukuran ban dan velg Xpander yang sesuai.
  • Kendarai mobil Xpander dengan hati – hati agar tidak menabrak batu dan lubang di jalan.
  • Jangan sering rem mendadak.
  • Jaga kapasitas maksimum mobil Xpander, jangan sampai berlebihan muatan.
  • Ganti ban Xpander jika terlihat sudah aus.
  • Gunakan jenis ban yang tepat dan berkualitas baik.
  • Gunakan nitrogen untuk mengisi ban mobil Xpander.