Ukuran Ban Wuling dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran ban Wuling – Mengetahui ukuran standar ban mobil anda, merupakan salah satu pengetahuan dasar yang perlu diketahui oleh pemilik mobil. Karena setiap mobil mempunyai ukuran standar ban yang berbeda, begitu juga dengan ukuran ban Wuling.

Advertisements

Berapa ukuran ban Wuling? Ukuran ban Wuling Confero adalah 195/60 R16, ukuran ban Wuling Almaz adalah 215/60 R17, ukuran ban Wuling Cortez adalah 205/55 R16, dan ukuran ban Wuling Formo adalah 195/60 R15.

Silahkan menyimak artikel di bawah ini untuk informasi lebih lengkap mengenai ukuran ban Wuling.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Wuling
  • Ukuran Tekanan Angin Ban Wuling
  • Tips Merawat Ban Wuling
  • Penyebab Ban Wuling Cepat Rusak

Ukuran Ban Wuling

Ban merupakan salah satu komponen yang berhubungan langsung pada kenyamanan dan laju kendaraan. Karena fungsinya yang cukup penting, jangan sampai asal ketika harus mengganti ban mobil. Anda bisa menggunakan ukuran standar sebagai patokan anda.

Berikut daftar ukuran standar ban Wuling : 

Advertisements
Tipe WulingUkuran Ban
Wuling Confero195/60 R16
Wuling Almaz215/60 R17
Wuling Cortez205/55 R16
Wuling formo195/60 R15

Jika anda sedang mencari ban Wuling original anda bisa mendapatkannya di toko otomotif online terpercaya via Shopee, anda juga bisa mendapatkan voucher gratis pengiriman. Silahkan klik tombol dibawah ini untuk melihat produknya :

Ukuran Tekanan Angin Ban Wuling

Tekanan angin ban sangat bepengaruh pada kondisi ban dan kenyamanan saat berkendara. Ban yang memiiki tekanan yang tepat dan stabil akan memberikan performa yang lebih baik, hemat bahan bakar dan ban juga akan awet. Berikut adalah tekanan angin yang ideal untuk ban mobil Wuling :

Tipe WulingTekanan Angin Ban DepanTekanan Angin Ban Belakang
Wuling Confero32 Psi35 Psi
Wuling Almaz35 Psi35 Psi
Wuling Cortez33 Psi33 Psi
Wulinh formo32 Psi35 Psi
Advertisements

Perlu diketahui umumnya tekanan angin dalam ban bisa berkurang 1-2 Psi setiap bulannya pada pemakaian sehari-hari, selain itu tekanan angin juga dipengaruhi oleh suhu ban. Sehingga anda perlu mengecek secara berkala tekanan angin anda, dan pastikan tekanan angin ban anda stabil.

Penyebab Ban Wuling Cepat Rusak

Selain termakan oleh usia maksimal pemakaian, Ban mobil juga bisa mengalami kerusakan dini yang disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa penyebab yang bisa anda ketahui :

  • Tekanan angin tidak stabil
  • Penggunaan ban yang tidak sesuai standar
  • Kualitas ban yang digunakan kurang baik
  • Sering melewati jalan yang rusak dan tidak rata
  • Sering melakuka pengereman dadakan ketika mobil melaju kencang
  • Tidak melakukan pemeriksaan rutin pada ban dan kendaraan

Tips Merawat Ban Wuling

Agar ban anda awet samapi masa usia maksimum pemakaian. Anda juga perlu melakukan perawatan pada ban Wuling, berikut tips merawat ban yang bisa anda ikuti:

Advertisements

Hindari jalan yang rusak dan tidak rata

Usahakan untuk tidak memilih rute jalan yang rusak dan tidak rata, jika memang tidak ada rute lain usahakan untuk tidak mengebut dan kurangi kecepatan anda. Karena jalan yang rusak dan tidak rata dapat cepat merusak ban dan velg anda.

Hindari pengereman mendadak saat mobil melaju kencang

Pengereman mendadak saat mobil masih melaju dengan kecepatan tinggi dapat menyebabkan ban mobil cepat menipis. Ketika ban sudah aus dan menipis, maka mobil akan mudah tergelincir dan akan susah dikendalikan

Pastikan tekanan angin ban Wuling anda stabil

Sesuaikan tekanan angin ban wuling anda dengan tekanan angin yang direkomendasikan. Tekanan angin yang kurang bisa merusak ban dan velg dan tekanan angin yang terlalu tinggi dapat membuat ban pecah. Dan tentu saja tekanan angin yang tidak stabil akan mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Gunakan ban dengan ukuran sesuai

Ukuran setiap sudah disesuaikan oleh pabrik sesuai dengan fungsi dan karakter mobil tersebut. Jadi pastikan anda memilih ban yang sesuai dengan spesikasinya. Karena jika ban mobil tidak sesuai dapat membuat ban dan velg cepat rusak dan kenyamanan anda saat berkendara juga terganggu.

Lakukan pemeriksaan rutin

Selalu lakukan pemeriksaan rutin setiap bulan mobil anda pada bengkel resmi, pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kondisi ban mobil anda dan komponen kendaraan lainnya. Selain itu, anda juga bisa melakukan pemeriksaan sendiri, berupa memeriksa kondisi fisik ban dan tekanan angin ban.