Advertisements
banner iklan

Ukuran Ban Vios dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban Vios – Vios merupakan jenis mobil sedan yang dikeluarkan oleh Toyota Astra Motor, Ukuran ban mobil Vios memiliki ukuran yang berbeda pada setiap tipenya. Bagi anda yang akan mengganti ukuran ban Toyota Vios, sebaiknya anda mengetahui ukuran standar ban mobil Vios anda.

Lantas, berapa ukuran standar ban Vios? Ukuran ban Vios standar adalah 185/55 R15 dan Vios All New tipe  G adalah 195/50 R16 dan Vios All New tipe E adalah 185/60 R15.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai ukuran ban Toyota Vios anda, silahkan baca artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Vios
  • Rekomendasi Merek Ban Toyota Vios
  • Tips Merawat Ban Toyota Vios Agar Awet
  • Penyebab Ban Toyota Vios Rusak
Advertisements

Ukuran Ban Mobil Vios

Toyota Vios memiliki ukuran ban yang berbeda-beda tergantung pada tipenya. Sehingga anda perlu mengetahui ukuran standar ban Vios sebelum mengganti ban anda, hal ini juga bisa anda gunakan sebagai patokan agar tidak salah dalam membeli ban.

Ukuran standar ban Toyota Vios standar  adalah 185/55 R15 dan Vios All new tipe G memiliki ukuran 195/50 R16 dan Vios All New E berukuran 185/60 R15

Jika anda ingin membeli ban Toyota Vios yang original, anda dapat membelinya di toko otomotif terverifikasi di Shopee, selain itu anda juga bisa mendapatkan gratis biaya kirim ke seluruh Indonesia. Silahkan klik tombol dibawah ini unruk mnegunjungi halaman toko otomotif Shopee:

Rekomendasi Merk Ban Mobil Vios

Pemilihan ban mobil  sangat berpengaruh dan  menunjang kenyamanan dan keselamatan ketika berkendara. Selain itu pemilihan ban juga mempengaruhi performa kendaran tersebut. Berikut beberapa rekomendasi merek ban mobil yang dapat anda gunakan pada Toyota Vios anda:

Advertisements

Bridgestone (Rp. 500 ribu – Rp. 2 juta)

Bridgestone merupakan salah satu ban terbaik yang bisa dijadkan pilihan anda. Merek ban ini sudah banyak digunakan oleh mobil-moil ternama di dunia termasuk Toyota Vios. Salah satu keunggulan ban ini adalah bentuk ulir ban yang stylish dan mempunyai tingkat keawetan yang tinggi.

Untuk ban Vios anda bisa menggunakan bridgestone techno 185/55 R15 dengan kisaran harga RP. 650.000 atau bridgestone techno 190/50 R16 dengan kisaran harga Rp. 750.000. anda juga bisa memilih model dan tipe lainnya dengan ukuran serupa, dengan menyiapkan uang Rp.500 ribu – Rp. 2 juta rupiah.

GT Radial (Rp. 600 ribu – 1 juta)

Ban ini cocok untuk anda yang mencari ban untuk Vios anda dengan harga terjangkau namun kualitas tinggi. 

Ban ini dilengkapi dengan serat yang dipercaya mampu bertahan akan tusukan benda tajam dan mampu bertahan lama dan awet. Harga ban GT Radia ukuran R15 berkisar mulai dari Rp. 600 ribu dan ukuran ring 16 berada di kisaran mulai dari Rp. 700 ribu.

Yokohama (Rp. 1 juta – 3 juta )

Ban Yokohama merupakan merk Jepang dan banyak digunakan pada mobil balap dan penggila kecepatan, dengan desain khusus yang bertujuan agar dapat melintasi segala macam medan jalan.

Untuk ban Toyota Vios anda bisa menggunakan ban Yokohama Blueart ES32 185/55 R15 dengan kisaran harga Rp. 1.099.000 atau Yokohama DB E70C 185/60 R15 dengan kisaran harga Rp. 2.626.600 untuk tipe dan model ban lainnya dengan ukuran ring 15-16 anda bisa menyiapkan kocek Rp. 1 juta – Rp. 3 juta untuk ban Vios dengan merk ini.

Penyebab Toyora Vios Rusak

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan ban Toyota Vios anda Rusak, berikut beberapa penyebabnya :

Advertisements
  • Tekanan angina ban yang tidak stabil
  • Kualitas ban yang digunakan kurang baik
  • Melewati jalanan yang rusak dan berbatu dengan kecepatan tinggi
  • Mengganti ukuran ban yang tidak sesuai dengan speifikasi velg

Tips Merawat Ban Toyota Vios Agar Awet

Untuk mencegah adanya kerusakan dini dan memperpanjang umur ban Toyota Vios anda, terdapat beberapa tips yang bisa anda ikuti :

Hindari jalan rusak dan berbatu

Usahakan untuk menghindari jalanan yang rusak dan berbatu, jika rute tidak bisa dihindari usahakan untuk tidak mengebut aua kurangi kecepatan mobil anda.

Hindari pengereman dadakan saat motor melaju dengan kecepatan tinggi

Hindari kebiasaan melakukan pengereman dadakan saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, hal tersebut bisa membuat ban cepat aus dan menipis, ketika ban menipis mobil akan susah dikendalikan dan mudah tergelincir.

Pastikan tekanan angin ban stabil

Usahakan untuk selalu memastikan tekanan angin ban anda stabil. Tekanan angin yang kurang dapat menyebabkan bertumpu langsung pada velg yang menyebabkan terjadi gesekan langsung antara velg dan ban sehingga ban akan cepat sobek dan velg rusak. jika tekanan terlalu tinggi dapat menyebabkan ban pecah.

Lakukan pemeriksaan rutin

Bawa mobil anda ke bengkel resmi untuk pemeriksaan rutin, pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kondisi komponen-komponen mobil, salah satunya adalah kondisi ban mobil anda.