Ukuran Ban Triton dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban Triton – Mobil pabrikan Mitsubishi ini memiliki beberapa tipe yang beredar di pasaran dengan spesifikasi berbeda – beda. Bagi Anda yang ingin mengetahui ukuran ban Triton, silahkan simak artikel di bawah ini.

Advertisements

Berapa ukuran ban Triton? Ukuran ban New Triton Double Cabin Ultimate adalah 165/60 R18. Untuk ukuran ban Triton setiap tipenya berbeda – beda.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Triton
  • Modifikasi Ban Mitsubishi Triton
  • Rekomendasi Merk dan Harga Ban Mobil Triton
  • Tanda – Tanda Ban Mobil Triton Mulai Rusak
  • Cara Pilih Ban Mitsubishi Triton Yang Tepat
Advertisements

Ukuran Ban Triton

Pada saat melakukan penggantian atau modifikasi ban mobil Triton, Anda harus selalu memperhatikan ukuran ban standar. Setiap tipe Mitsubishi Triton memiliki ukuran ban masing – masing. Ukuran ban Triton Double Cabin Ultimate adalah 265/70 R16.

Untuk mengetahui ukuran ban Triton lebih lengkap, berikut daftar ukuran ban Triton.

Tipe MobilUkuran Ban
Triton265/70 R16
New Triton Double Cabin Ultimate 4×4 A/T265/60 R18
New Triton Double Cabin Exceed 4×4 M/T245/65 R17
New Triton Double Cabin GLS 4×4 M/T245/70 R16
New Triton DC/SC HDX 4×4 M/T205R16C 110/108R

Jika ban mobil Triton yang dimiliki telah mengalami kendala, dan Anda ingin segera melakukan penggantian, silahkan lakukan pembelian secara online via Shopee. Cek ketersediaan ban Triton ukuran standar dengan cara tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Modifikasi Ban Mitsubishi Triton

Saat melakukan modifikasi pada bagian ban Triton, sebaiknya perhatikan ukuran standar dan indeks kemampuan ban menahan beban (Load Index). Jika Anda hendak mengganti ban, lebih baik gunakan ukuran yang sama atau lebih besar, agar ban dapat menahan baban secara maksimal.

Selain itu, ketahui jenis ban yang akan dipilih saat modifikasi sesuai kebutuhan. Jika mobil Triton sering melintas di jalanan aspal, sebaiknya gunakan tipe ban All Terrain (AT) untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan.

Sebagai rekomendasi, Anda dapat melakukan modifkasi ban Triton menggunakan ukuran 265/75 – 16” atau 275/70 – 17”.  Namun, untuk mendapatkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, serta mengurangi dampak negatif yang muncul, lakukan diskusi kepada seseorang yang lebih paham.

Rekomendasi Merk Ban Mobil Triton

Berikut beberapa rekomendasi merk dan harga ban Triton.

  • Maxxis Bravo 980 A/T (265/70) R16, Rp. 2.030.000
  • Yokohama Geolandar G94 A/T (265/65), Rp. 2.150.000
  • GT Radial Savero A/T Plus (265/70 R16), Rp. 1.150.000
  • GT Radial Savero Komodo X-Treme (265/75 R16), Rp. 2.100.000
  • Bridgestone Dueler D697 (265/70 R16), Rp. 1.555.000.
  • Kanati Trail Hog A/T (265/75 R16), Rp. 1.250.000
  • Maxxis Bighorn 764 M/T (265/75 R16), Rp. 2.175.000
Advertisements

Tanda – Tanda Ban Mobil Triton Mulai Rusak

Dikarenakan ban menjadi salah satu hal terpenting pada kendaraan bermotor, maka sebelum terjadi kerusakan yang parah, ketahui ciri – ciri ban mobil Triton mulai rusak.

Berikut ciri – ciri ban Triton mulai rusak.

Ban menipis secara merata

Jika kembangan pada alur ban sudah mulai menghilang, hal itu menandakan bahwa ban mobil Triton telah menipis. Ketika alur pada ban telah hilang, maka pada saat mobil melintasi genangan air, ban tidak dapat membuang air, dan membahayakan keselamatan.

Terdapat benjolan pada ban

Selain benturan keras yang mengenai ban pada saat berkecepatan tinggi, pengisian angin yang berlebihan dapat menimbulkan benjolan pada ban.

Saat terdapat benjolan pada ban, mobil akan terasa bergetar saat berjalan. Dengan adanya benjolan tersebut, sebaiknya segera lakukan penggantian.

Banyak bekas tambalan pada ban Triton

Apabila ban mobil Triton sudah terlalu sering ditambal, tetapi tetap saja digunakan secara terus menerus, hal tersebut dapat menimbulkan bahaya.

Hal ini dikarenakan tambalan ban dapat lepas, saat kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi dan suhu menjadi meningkat.

Adanya keretakan pada sisi ban Triton

Biasanya keretakan pada ban terjadi karena kepanasan, atau karena faktor usia. Jika pada ban Anda telah muncul keretakan, sebaiknya segera ganti ban mobil Triton.

Umur ban telah melebihi batas

Saat umur ban semakin bertambah, maka terjadi pengerasan pada bagian kompon, sehingga dapat mengurangi kinerja ban. Selain umur, intensitas penggunaan ban juga dapat mempengaruhi waktu pemakaian ban.

Cara Pilih Ban Mitsubishi Triton Yang Tepat

Agar Anda tidak salah memilih ban mobil Mitsubishi Triton, berikut beberapa petunjuk memilih ban Triton yang tepat.

  1. Pilih jenis ban sesuai kebutuhan
  2. Perhatikan ukuran standar ban Triton
  3. Perhatikan bagian alur atau bentuk motif ban
  4. Cek kode produksi ban.

Sebagai informasi tambahan, sebaiknya lakukan pengecekan tekanan angin secara rutin untuk menjaga ban lebih awet. Hal ini dikarenakan, jumlah tekanan angin pada ban yang berlebih dapat mengakibatkan ban pecah.

Namun, jika tekanan angin ban mobil berkurang dapat menyebabkan pengurangan tekanan angin setiap bulannya.