Ukuran Ban Thunder dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban Thunder – ukuran standar ban pada setiap motor berbeda-beda, hal ini juga berlaku pada Suzuki Thunder, yang memiliki ukuran standar ban tersendiri. jadi anda tidak bisa asal ketika mengganti ban, pastikan anda mengetahui ukuran standarnya sebelum menggantinya.

Advertisements

Lantas berapa ukuran ban Thunder? Ukuran ban Thunder 125 adalah 80/90-18 untuk ban depan dan 90/90-18 untuk ban belakang. dan ukuran standar ban Thunder 250 adalah 100/80-18 untuk ban depan dan 120/80-17 untuk ban belakang

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap anda bisa membaca artikel berikut.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Thunder
  • Upgrade Ukuran Ban Motor Thunder
  • Rekomendasi Ban Suzuki Thunder
  • Tanda-tanda untuk Mengganti Ban Thunder
  • Cara Merawat Ban Thunder Dengan Tepat

Ukuran Ban Thunder

Berikut ini adalah ukuran ban Thunder berdasarkan tipenya :

Advertisements
Tipe ThunderUkuran Ban DepanUkuran Ban Belakang
Thunder 12580/90-1890/90-18
Thunder 250100/80-18120/80-17

Upgrade Ukuran Ban Motor Thunder

Ukuran ban Suzuki Thunder pastinya sudah ditentukan oleh pabrik dengan pemilihan desain serta ukuran yang sudah disesuaikan dengan spesifikasi dan fungsi motor tersebut, namun banyak diantaranya merasa kurang puas dan mengganti ban dengan ukuran lebih besar.

Lalu, berapakah ukuran maksimal ban Thunder bisa di upgrade?

Ketika ingin mengganti ukuran ban lebih besar, ukuran yang disarakan adalah maksimal naik dua tingkat dari ukuran standar ban. Jadi untuk Thunder 125 jika ukuran ban belakang 90/90-18 anda bisa menggunakan ban 110/90-18. Prinsip ini juga berlaku pada Thunder 250.

Jika anda mengupgrade ukuran jauh lebih tinggi dari ukuran standar, hal tersebut bisa menyebabkan ban akan mentok dengan shockbreaker, selain itu kerja mesin akan lebih berat dan bahan bakar akan lebih boros.

Rekomendasi Ban Motor Thunder

Pemilihan ban pada motor, tentu akan mempengaruhi performa dan kenyamanan saat berkendara. berikut rekomendasi ban berkualitas yang cocok digunakan pada  Suzuki Thunder :

  • FDR Flemmo 80/90-18 harga sekitar Rp. 242.500
  • FDR Flemmo 90/90-18 harga sekitar  Rp. 250.000
  • IRC NR57 80/90-18 harga sekitar Rp.224.000
  • IRC NR57 90/90-18 harga sekitar Rp. 254.000
  • Zeneos ZN91 100/80-18 harga sekitar Rp. 325.600
  • FDR Genzi Pro 120/80-17 harga sekitar RP. 384.000
  • Mizzle M700 100/80-18 dengan harga Rp.344.000
  • IRC Exato 120/80-17 dengan harga Rp. 313.000
Advertisements

Anda bisa mendapatkan ban rekomendasi diatas di toko otomotif terdekat, atau melalui toko otomotif online terpercaya melalui Shopee. Anda juga bisa mendapatkan gratis biaya pengiriman dan berbagai voucher promo yang berlaku. Silahkan klik tombol dibawah ini, untuk menuju toko otomotif Shopee.

Tanda-Tanda Untuk Mengganti Ban Motor Thunder

Selain termakan usia, ban juga berisiko mengalami kerusakan dini yang diakibatkan oleh berbagai penyebab. Berikut ini beberapa tanda ban Thunder anda perlu diganti :

Sudah pada usia maksimum pemakaian

Usia maksimal masa pemakian ban yang disarankan adalah 12-15 bulan untuk ban depan dan 10-12 bilan untuk ban belakang. hal ini disarankan untuk motor dengan frekuensi pemakain tinggi. Untuk motor yang jarang digunakan, ban bisa sedikit lebih awet.

Sudah menempuh jarak 30.000 km

Jika jarak tempuh pada motor anda sudah menunjukan angka 30.000 km, sebaiknya segera periksa kondisi ban anda, karena biasanya pada setelah mencapai jarak ini, kondisi ban sudah menipis dan kelenturan ban juga sudah berkurang.

Alur kembang ban sudah tipis

Jika anda melihat alur kembang ban sudah tipis sebaiknya ganti ban anda segera. Karena ban yang sudah halus memiliki daya cengkram yang buruk, sehingga motor mudah tergelincir.

Tapak ban sudah sejajar TWI

Advertisements

TWI (tread wear indicator) merupakan penanda berbentuk segitiga kecil pada sisi ban untuk mengetahui batas keausan ban, jika permukaan tapak ban sudah menyentuh ujung segitiga, segera ganti ban anda.

Ban terlalu sering ditambal

Ban yang sudah sering ditambal dapat menurunkan performa ban. sehingga ban akan lebih sering bocor dan kempes berulang kali. Anda perlu segera mengganti ban anda, bila mengalami hal tersebut.

Tips Agar Ban Suzuki Thunder Awet

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada ban sebelum masa gantinya, terdapat beberapa cara untuk merawatnya, berikut cara merawat ban yang bisa anda ikuti :

Tidak mengebut di jalan rusak dan tidak rata

Hindari untuk melewati rute jalan yang rusak dan tidak rata, jika tidak ada pilihan rute jalan lainnya usahakan untuk tidak mengebut.

Hindari pengereman mendadak

Hindari kebiasaan untuk mengerem dadakan ketika motor sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Hal tersebut menyebabkan ban cepat aus.

Periksa tekanan angin ban secara berkala

Periksa secara rutin tekanan angina ban anda, karena tekanan angin yang terlalu renda dapat merusak ban dan velg dan tekanan angin yang terlalu tinggi berisiko membuat ban pecah dan meledak. Tekanan ban yang tidak stabil pastinya akan mengganggu kenyamanan anda saat berkendara.

Lakukan pemeriksaan rutin

Lakukan pemeriksaan rutin pada kondisi ban seperti tingkat keuasan dan tekanan ban, selain itu lakukan pemeriksaan dan servis rutin Suzuki Thunder anda pada bengkel resmi, hal ini bertujuan untuk pengecekan seluruh komponen motor salah satunya adalah ban.