Ukuran Ban Supra dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban Supra –Supra merupakan salah satu motor bebek yang cukup banyak penggunanya. Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, banyak pengguna Supra mengganti ukuran bannya menjadi lebih besar. Namun, pengguna Supra tersebut harus mengetahui ukuran standar ban Supra terlebih dulu.

Advertisements

Lalu berapa ukuran ban Supra? Ukuran ban Supra X 125 dan Honda Supra Fit adalah 70/90 – 17 untuk ban depan dan 80/90 – 17 untuk ban belakang. Sedangkan Supra GTR 150 adalah 90/80 – 17 untuk ban depan dan 120/70 – 17 untuk ban belakang.

Untuk mendapatkan informasi lebih legkap tentang ban Supra lebih lengkap, Anda bisa baca penjelasan di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Honda Supra Semua Tipe
  • Ganti Ukuran Ban Motor Supra Agar Tidak Mentok
  • Merek Ban Honda Supra yang Bagus
  • Penyebab Ban Motor Honda Supra Rusak
  • Cara Merawat Ban Honda Supra agar Lebih Awet
Advertisements

Ukuran Ban Honda Supra Semua Tipe

Jika ingin mengganti ban Supra, Anda perlu mengetahui dulu ukuran standar ban yang digunakan. Anda bisa mengetahui ukuran ban Supra yang Anda gunakan melalui tabel di bawah ini.

Merk MotorUkuran Ban DepanUkuran Ban Belakang
Honda Supra X 125 FI CW Luxury70/90 – 1780/90 – 17
Honda Supra X 125 FI Spoke70/90 – 1780/90 – 17
Honda Supra Fit70/90 – 1780/90 – 17
Honda Supra GTR 15090/80 – 17120/70 – 17

Jika ingin membeli ban Honda Blade dengan harga yang murah namun berkuaitas bagus, silahkan cek produknya melalui aplikasi Shopee. Ada berbagai macam merk ban Supra yang bisa Anda beli dengan bonus gratis ongkir. Silahkan tekan tombol di bawah ini untuk menuju ke link tokonya.

Ganti Ukuran Ban Motor Supra Agar Tidak Mentok

Penggantian ukuran ban Supra menjadi lebih besar sebenarnya boleh saja dilakukan, dengan syarat ukuran yang dipakai harus sesuai.

Karena jika ukuran ban yang dipakai terlalu besar bisa menyebabkan ban mentok dengan spakbor dan tidak nyaman saat dikendarai.

Lalu berapa ukuran ideal ganti ban Supra?

Advertisements

Idealnya, ukuran ganti ban Supra adalah naik dua tingkat dari ukuran standar.

Misalkan Anda menggunakan motor Supra dengan ukuran ban depan 70/90, dan ban belakang 80/90. Maka Anda bisa memperbesar ukuran ban menjadi 90/70 untuk ban depan dan 100/90 untuk ban belakang.

Sebenarnya bisa menggunakan ukuran ban yang lebih besar lagi, namun diperlukan modifikasi di beberapa bagian motor Supra seperti melebarkan swing arm, memotong spakbor, dan sebagainya.

Merek Ban Honda Supra yang Bagus

Ada berbagai macam merk ban Honda Supra dengan kualitas bagus yang dijual bebas di pasaran. Anda tinggal memilih yang memiliki spesifikasi sesuai. Berikut merk ban Honda Supra beserta dengan harganya:

Advertisements
  • Aspira SPR 33 (Rp. 205.000)
  • Aspira SPR 23 Tube (Rp. 132.000)
  • Aspira Mmaxio A-Tract Tubeless (Rp. 174.000)
  • Honda Genuine Part (Rp. 216.000)
  • Pirell Diablo  Rosso Sport (Rp. 315.000)

Penyebab Ban Motor Honda Supra Rusak

Ada beberapa jenis kerusakan yang terjadi pada ban motor Supra, seperi adanya keretakan, benjol, serta aus. Kerusakan ban motor Supra tersebut disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Tekanan angin ban motor Supra kurang
  • Velg motor Supra goyang
  • Busshing swing arm Supra sudah aus
  • Kualitas ban Supra yang digunakan buruk
  • Spesifikasi ban Supra tidak sesuai dengan velg yang digunakan.

Tips Merawat Ban Honda Supra agar Lebih Awet

Untuk menjaga kondisi ban Supra agar dalam kondisi baik, Anda perlu melakukan beberapa cara untuk merawatnya.

Berikut ini tips untuk merawat ban Supra agar lebih awet.

Cek tekanan angin ban motor Supra sebelum digunakan

Periksa apakah tekanan angin ban Supra dalam kondisi stabil atau tidak. Jika tekanan angin ban kurang, Anda bisa memompa sendiri ataupun membawanya ke bengkel untuk menambah angin ban.

Karena jika tekanan angin ban kurang bisa membuat kinerja mesin menjadi lebih berat dan velg pun bisa rusak. Namun jika tekanan angin di dalam ban terlalu tinggi, maka ban motor Supra Anda bisa pecah.

Kendarai motor Supra dengan hati – hati untuk menghindari lubang di jalan

Kurangi kecepatan Anda saat melewati jalanan yang tidak rata. Hal tersebut untuk menghindari hantaman lubang yang ada di jalan. Karena jika motor mengerem mendadak saat melewati jalan yang rusak, maka membuat ban motor tipis dan sulit dikendalikan.

Jangan kendarai motor dengan kecepatan tinggi di jalanan yang tidak rata

Mengendarai motor dengan kecepatan tinggi di jalanan yang tidak rata bisa menyebabkan ban motor dan velg rusak. Oleh sebab itu, Anda perlu mengurangi kecepatan berkendara Anda atau bisa juga mencari jalan alternatif lain.