Ukuran Ban Shogun dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban Shogun – Seperti yang telah diketahui bahwa ukuran antara ban depan dan belakang motor berbeda. Untuk mengetahui ukuran ban Shogun, silahkan Anda menyimak artikel di bawah ini.

Advertisements

Berapa ukuran standar ban Shogun? Ukuran ban Shogun adalah  70/90 – 17” di bagian depan. Sedangkan, ukuran ban belakang yaitu 80/90 – 17”

.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Shogun
  • Rekomendasi Merk Ban Suzuki Shogun
  • Ciri – Ciri Ban Shogun Harus Diganti
  • Penyebab Ban Motor Shogun Cepat Gundul
Advertisements

Ukuran Ban Shogun

Suzuki memproduksi motor Shogun dengan berbagai tipe, antara lain 125 R, 125 RR, SP, FI, Axelo, dst. Setiap tipe terebut memiliki spesifikasi masing – masing.

Namun, berdasarkan informasi yang kami peroleh, sebagian besar ukuran ban Shogun adalah 70/90 – 17” untuk ban bagian depan, dan 80/90 – 17” bagian ban belakang.

Sedangkan, untuk ukuran ban depan Shogun 110 (Kebo), jika dituliskan dalam inchi yaitu 2.50 – 17”, dan ban belakang 2.75 – 17”.

Terdapat alasan mengapa ukuran ban belakang motor lebih besar dibanding ban depan, yaitu ban belakang lebih banyak menopang beban, sehingga perlu penahan atau penopang yang lebih besar.

Perlu diketahui bahwa melakukan modifaksi pada velg dan ban motor untuk mendapatkan penampilan yang lebih keren, dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti berkurangnya performa mesin, dan handling.

Apabila Anda melakukan modifikasi, sebaiknya lakukan konsultasi kepada ahlinya terlebih dahalu, dan perhatikan ukuran standar maksimal. Untuk upgrade ukuran ban, disarankan menaikkan ukuran satu atau maksimal 2 langkah dari ukuran standar.

Rekomendasi Merk Ban Suzuki Shogun

Berikut beberapa merk ban luar Suzuki Shogun beserta harganya.

  • Michelin City Grip Pro Tubeless (80/90 Ring 17) Belakang, Rp. 320.000
  • Michelin City Grip Pro Tubeless (70/90 Ring 17) Depan, Rp. 274.000
  • Erco Non Tubeless (80/90 Ring 17), Rp. 115.000
  • FDR Flemmo Non Tubeless (80/90 Ring 17) Belakang, Rp. 172.000
  • Dunlop TT900 Non Tubeless (70/90 Ring 17), Rp. 135.000.
Advertisements

Bagi Anda yang hendak membeli ban motor Suzuki Shogun secara online, silahkan cek ketersediaan produk dengan cara klik tombol berikut.

Dengan membeli melalui tombol tersebut, Anda akan mendapatkan potongan harga dan voucher gratis ongkir sesuai dengan ketentuan dan ketersediaannya.

Penyebab Ban Motor Shogun Cepat Gundul

Kebotakan yang terjadi pada ban motor Shogun dapat disebabkan karena beberapa penyebab. Di bawah ini merupakan penyebab ban motor Shogun cepat gundul.

  • Sering membawa beban berlebih
  • Parkir dibawah terik matahari dan standar samping
  • Kurangnya perawatan pada ban
  • Sering berkendara dengan tekanan ban kurang
  • Sering melakukan pengereman, saat berkendara dengan kecepatan tinggi.

Ciri – Ciri Ban Motor Shogun Harus Diganti

Untuk mengetahui kapan ban motor Shogun harus diganti, Anda dapat melihatnya dari ciri – ciri yang ditunjukkan.

Berikut ciri – ciri ban motor Suzuki Shogun harus diganti.

Advertisements

Saat berkendara terasa tidak stabil

Ketidakseimbangan yang dirasakan saat mengendarai motor dapat disebabkan, karena beberapa hal, salah satunya yaitu kerusakan pada bagian steering.

Namun, sebelum berasumsi adanya kerusakan pada steering, sebaiknya lakukan pengecekan pada kondisi ban motor, karena bisa saja motor oleng disebabkan ban gundul.

Muncul benjolan pada ban

Ketika terdapat benjolan pada ban motor, sebaiknya segera lakukan penggantian. Permukaan ban yang tidak rata, dapat berbahaya saat berkendara dalam kecepatan tinggi, dimana ban dapat bocor dan meledak.

Timbulnya benjolan pada ban motor Shogun biasanya disebabkan karena ban sering terkena benturan keras pada saat perjalanan.

Ban motor Shogun terasa keras

Ban motor terbuat dari karet yang memiliki sifat elastis. Namun, dalam jangka waktu yang lama ban motor dapat kehilangan kelenturannya.

Untuk itu, saat membeli ban motor, usahakan untuk selalu cek kode produksinya. Secara umum, batas waktu penyimpanan ban sekitar 5 tahun dari tanggal pembuatan.

Alur garis ban motor Shogun menipis

Alur garis yang terdapat ban motor berfungsi sebagai pemecah genangan air saat diperjalanan. Jika alur garis pada ban sudah menipis, maka pertanda ban motor sudah gundul. Secara ideal, penggantian ban motor dilakukan sekitar 1 sampai 2 tahun. Namun, hal tersebut tergantung intensitas penggunaan.

Indikator batas ketebalan sejajar dengan tapak ban

TWI (Tread Wear Indicator) merupakan indikator penanda biasanya berbentuk segitiga yang terdapat pada sisi ban sebagai penunjuk keausan ban.

 Apabila ban motor telah mendekati indikator TWI, maka pertanda ban telah menipis, dan sebaiknya segera lakukan penggantian.