Ukuran Ban Scorpio dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran ban Scorpro – Ban yang pada suatu kendaraan haruslah menyesuaikan jenis kendaraan tersebut. Ban untuk jenis motor sport harus memiliki tampilan yang gagah dan juga mampu menjaga keseimbangan.

Advertisements

Lalu berapakah ukuran ban Scorpio? Ukuran ban Scorpio adalah 100/90 – 18. Ukuran ini merupakan ukuran standar yang dibawa oleh pabrikan Yamaha. Sedangkan jika Anda hendak melakukan modifikasi, pastikan untuk melakukan inch up tidak terlalu jauh dengan ukuran patokannya.

Di bawah ini telah kami sajikan penjelasan lengkap mengenai ukuran ban Scorpio, yang bisa Anda simak.

Daftar Isi:

  • Ukuran Ban Scoprio yang Tepat
  • Rekomendasi Merk Ban untuk Yamaha Scorpio
  • Penyebab Terjadi Kerusakan Pada Ban Scorpio
  • Pentingnya Merawat Ban Scorpio dengan Baik
Advertisements

Ukuran Ban Scorpio

Bagi sebagian orang pastinya ada yang belum familiar dengan motor Scorpio. Meskipun termasuk kedalam jenis motor lama, namun Yamaha Scorpio hingga saat ini masih memiliki peminat yang cukup banyak. Terutama penggemar motor jaman dulu.

Sedangkan untuk ukuran ban pada motor Yamaha Scorpio adalah 100/90 – 18. Ukuran ban ini termasuk yang tidak kecil namun masih dapat untuk menjaga keseimbangan pada jenis motor Scorpio, yang termasuk jenis motor sport terbaik pada masanya.

Rekomendasi Merk Ban Motor Scorpio

Di bawah ini merupakan beberapa merk ban untuk Yamaha Scorpio, yang dapat Anda gunakan:

  • Aspira Premio Sportivo 100/90 Rp. 272.000
  • Aspira TL Premio Terreno 100/90 RR Rp. 391.000
  • Irc R18 300 NR65 Scorpio Rp. 230.000
  • Irc 275 – 18 NR65 Scorpio Rp. 89.000
  • FDR R18 Sport Evo Tubeless Scorpio Rp. 500.100
  • Zeneos Zn 91 R18 Tubeless Rp. 296.500
  • Swallow X Worm R18 Rp. 300.000
Advertisements

Jika Anda hendak membeli ban Scorpio dengan mudah, silahkan untuk membelinya pada aplikasi Shopee. Disni Anda akan mendapatkan banyak sekali pilihan produk ban Anda denga potongan harga dan gratis ongkir sesuai ketentuan. Klik tombol di bawah ini, agar dapat masuk pada aplikasi Shopee.

Penyebab Terjadi Kerusakan Pada Ban Yamaha Scorpio

Di bawah ini adalah tanda terjadinya kerusakan kepada ban Scorpio Anda, yaitu:

Ban Tergores Benda Tajam

Benda tajam yang ada pada jalanan relatif banyak sekali. Sebagai contoh adalah kerikil dan batu tajam, paku, pecahan kaca dan masih banyak lagi. Ban yang terkena benda tajam akan beresiko tinggi untuk pecah.

Tekanan Angin yang Ada Tidak Sesuai Standar

Sedangkan jika tekanan angin di dalam ban Anda tidak sesuai dengan standard, maka hal ini justru akan membebani kinerja ban Anda. Ban yang terlalu tinggi maupun terlalu rendah tidak baik bagi kendaraan Anda.

Sering Melakukan Pengereman Dadakan

Perlu Anda ketahui bahwa kebiasaan mengerem mendadak sangat tidak dianjurkan. Sebab hal tersebut dapat membuat gaya gesekan yang ada pada ban semakin lebih besar. Hal tersebut justru akan membuat permukaan ban Anda cepat terkikis.

Ukuran Velg Baan yang Tidak Sesuai

Velg adalah komponen yang berfungsi untuk mensupport kinerja pada ban. Maka dari itu pastikan untuk mengetahui ukuran ban beserta ukuran velgnya. Ukuran velg yang terlalu besar maupun kecil akan mengganggu performa kerja pada ban Anda.

Ukuran Ban Tidak Sesuai Standar

Modifikasi memang diperbolehkan, asal tidak terlalu jauh dengan standard ukuran yang dianjurkan. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap keseimbangan mobil Anda, terutama pada ukuran ban mobil.

Manfaat Merawat Ban Motor Scorpio dengan Baik

Berikut adalah manfaat merawat ban Scorpio Anda dengan baik, yaitu:

Advertisements

Menghemat Biaya Perawatan

Ketika Anda merawat ban Anda secara baik, maka Anda

dapat menghemat biaya perawatan dan servis pada kendaraan Anda. Sebab ban yang tidak dirawat cenderung dapat mengalami banyak kerusakan, yang juga dapat membuat Anda mengeluarkan uang yang banyak.

Dapat Menjaga Keamanan dan Keselamatan Berkendaraa

Ban yang dirawat secara baik dapat membuat pengendaranya merasa nyaman saat berkendaraa. Bukan hanya itu saja, ban dengan perawatan yang bagus juga akan aman ketika digunakan.

Hal tersebut berarti saat merawat ban mobil, selain menjaga keselamatan diri Anda sendiri. Anda juga dapat berkontribusi untuk menjaga keselamatan pengguna jalan yang lainnya.

Mengurangi Resiko Kecelakan

Perawatan ban kendaraan yang dilakukan secara baik dapat membuat resiko terjadinya kecelakaan dijalan raya menjadi lebih sedikit. Berbeda jika Anda kurang merawat ban Anda, maka hal tersebut juga mampu membuat kecelakaan saat berkendaraa.

Ban Memiliki Usia yang Lama

Ban yang dirawat secara baik juga dapat berusia lebih lama, dibandingkan dengan ban yang tidak dilakukan perawatan sama sekali. Alih-alih membeli ban baru dengan harga yang mahal, pastinya Anda akan lebih diuntungkan ketika merawat ban Anda.