Advertisements

Ukuran Ban Scoopy dan Rekomendasi Merk Nya

Advertisements

Ukuran Ban Scoopy – Motor Scoopy kini telah diproduksi dalam beberapa generasi. Setiap generasi memiliki spesifikasi masing – masing. Bagi Anda yang ingin mengetahui ukuran ban Scoopy, silahkan untuk menyimak artikel di bawah ini.

Berapa ukuran ban Scoopy? Ukuran ban All New Scoopy adalah 100/90 Ring 12 untuk bagian depan. Sedangkan, ukuran ban bagian belakang 110/90 Ring 12. Ukuran ban Old Scoopy adalah 80/90 Ring 14 untuk ban depan, dan 90/90 Ring 14 untuk ban belakang.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Scoopy
  • Cara Merawat Ban Motor Scoopy
  • Akibat Penggunaan Ban Lebar Honda Scoopy
  • Rekomendasi Merk dan Harga Ban Scoopy
Advertisements

Ukuran Ban Scoopy

Perlu diketahui bahwa ukuran ban motor bagian depan dan belakang berbeda. Di bawah ini merupakan daftar ukuran ban Scoopy semua tipe yang tersaji dalam bentuk tabel.

Tipe ScoopyUkuran Ban DepanUkuran Ban Belakang
All New Scoopy100/90 Ring 12110/90 Ring 12
Old Scoopy80/90 Ring 1490/90 Ring 14

Ukuran ban Scoopy lama digunakan pada motor Scoopy generasi pertama sampai generasi ketiga, seperti Scoopy Karbu, Scoopy FI, dan Scoopy ESp.

Apabila ban motor Scoopy Anda telah mengalami kendala, seperti usia pemakaian terlalu lama atau terjadi pengelupasan, dan banyaknya bekas tambalan, sebaiknya segera lakukan penggantian. Untuk mendapatkan ban Honda Scoopy sesuai ukuran standar, kini dapat dilakukan secara online.

Bagi Anda yang hendak melakukan pembelian ban Scoopy secara online via Shopee, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Rekomendasi Merk Ban Motor Scoopy dan Harga Nya

Advertisements

Berikut beberapa rekomendasi ban motor Honda Scoopy.

  • Michelin Reinf 64P City Grip (100/90 – 12), Rp. 437.000
  • Michelin Reinf City Grip (110/90 – 12), Rp. 491.000
  • FDR City Go Tubeless (100/90 – 12), Rp. 215.000
  • FDR City Go Tubeless (110/90 – 12), Rp. 265.000
  • IRC MB 86 (100/90 – 12), Rp. 252.000
  • IRC MB 67 (110/90 – 12), Rp. 305.000
  • IRC SS-530F (80/90 – 14), Rp. 143.000
  • Federal Non Tubeless (90/90 – 14), Rp. 176.500.

Tips Merawat Ban Motor Scoopy

Untuk menjaga ban motor Scoopy lebih awet, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang, sebaiknya lakukan perawatan pada ban Anda secara rutin.

Di bawah ini merupakan beberapa cara merawat ban motor Honda Scoopy.

Bersihkan ban dari segala jenis kotoran

Ketika Anda baru saja berkendara, terutama melewati jalan yang tergenang air atau berlumpur, sebaiknya segera bersihkan kotoran yang menempel pada ban.

Hal tersebut dikarenakan, kotoran yang menepel pada ban dapat membuat kelembapan karet ban cepat berkurang, sehingga menimbulkan keretakan pada ban.

Lakukan pengecekan tekanan angin ban secara rutin

Dengan melakukan pengecekan tekanan angin ban secara rutin, Anda dapat mengetahui jika ban kekurangan angin atau tidak.

Perlu diketahui bahwa, ban motor yang kekurangan angin dan tetap digunakan untuk berkendara dapat membuat ban bocor dan gundul.

Hindari parkir motor Scoopy di bawah terik matahari secara langsung

Adanya pemuaian ban karena sinar matahari dapat menyebabkan ban motor Scoopy lebih cepat pecah. Untuk itu, sebaiknya parkirkan motor Anda di tempat yang teduh.

Akibat Penggunaan Ban Lebar Honda Scoopy

Saat Anda mengganti ukuran ban coopy menjadi lebih lebar dari ukuran standar, kemungkinan yang terjadi akan timbul beberapa efek samping. Berikut akibat penggunaan ban lebar pada motor matic.

Advertisements

Konsumsi Bahan Bakar Boros

Saat ukuran ban Scoopy lebih lebar, maka beban akan bertambah, dan mempengaruhi kerja mesin semakin berat. Dengan begitu, konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan akan semakin banyak.

Berkurangnya kelincahan motor

Penggantian ban gambot (ban ukuran yang lebih besar) dapat membuat motor lebih stabil dan cengkraman yang kuat. Namun, hal ini dapat mengurangi kelincahan motor saat kondisi jalan macet.

Kinerja rem lebih berat

Dikarenakan penggunaan ban dengan ukuran yang lebih besar, dapat membuat beban yang harus ditanggung rem menjadi lebih berat.

Namun, jika Anda menggunakan ukuran ban yang lebih besar, pihak bengkel akan menawarkan untuk penggantian ukuran piringan rem dengan diameter lebih besar.

Kinerja CVT tidak optimal

Selain beberapa hal yang mungkin terjadi di atas, penggantian ban motor matic dengan ukuran lebih besar dan lebar berpotensi membuat kinerja CVT cepat rusak.

Catatan : Selain ukuran ban standar, perhatikan ukuran velg saat mengganti ban Scoopy.