Advertisements
banner iklan

Ukuran Ban RX King dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban RX King – Terdapat lebih dari satu tipe RX King yang diperjual belikan, seperti Cobra, Master, dan New King. Meskipun spesifikasi setiap tipe motor berbeda, tetapi terkadang memiliki beberapa kesamaan. Untuk mengetahui ukuran ban RX King, silahkan simak artikel di bawah ini.

Berapa ukuran standar ban RX King ? Ukuran Ban RX King adalah 2.75 – 18 4 PR untuk bagian depan. Sedangkan, 3.00 – 18 4 PR pada ban bagian belakang.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban RX King
  • Tanda – Tanda Ban RX King Harus Diganti
  • Tips Ban Yamaha RX King Lebih Awet
  • Rekomendasi Merk Ban Motor RX King
Advertisements

Ukuran Ban RX King

Ukuran ban depan RX King adalah 2.75 – 18 4PR, dan 3.00 – 18 4PR untuk bagian ban belakang. Ukuran tersebut merupakan ukuran standar RX King. Jika Anda ingin memodifikasi ukuran ban, sebaiknya jangan merubahnya menjadi ukuran lebih kecil dari standarnya.

RX King juga termasuk motor yang sering digunakan untuk balapan di jalanan (race road), sehingga pengendara akan mengganti ukuran ban. Berdasarkan informasi, ukuran ban race road hanya satu yaitu 90/80 Ring 17.

Untuk membeli ban RX King dengan ukuran standar, original, serta sesuai kebutuhan, dapat Anda lakukan secara online via Shopee.

Dengan melakukan pembelian secara online, memungkinkan Anda untuk mendapatkan beberapa keuntungan, seperti voucher atau gratis pengiriman, jika beruntung. Silahkan cek ketersediaan ban motor Yamaha RX King dengan cara klik tombol di bawah ini.

Rekomendasi Merk Ban Motor RX King

Berikut beberapa rekomendasi merk dan harga ban motor RX King.

Advertisements
  • Ban Astra AT-701 (2.75 R18) Tubetype, Rp. 174.000
  • Ban IRC NR65 (3.00 Ring 18) Tubetype, Rp. 232.000
  • Ban IRC NR25 (2.75 – 18 dan 3.00 – 18) Depan + Belakang, Rp. 550.000
  • Ban FDR Flemmo (90/90 – 18) Tubetype, Rp. 241.900
  • Ban Zeneos ZN91 (90/80 – 18), Rp. 350.000.

Tanda – Tanda Ban Motor RX King Harus Diganti

Biasanya saat ban mulai bermasalah atau waktunya diganti, terdapat ciri – ciri yang akan muncul atau dirasakan oleh pengendara, yaitu :

Motor terasa oleng / tidak stabil saat berbelok

Salah satu ciri ban motor yang sedang bermasalah, biasanya akan terasa tidak nyaman saat pengendara berbelok. Dengan begitu, alangkah baiknya jika Anda segera melakukan penggantian ban motor.

Namun, biasanya ketidakstabilan tersebut dapat disebabkan karena kerusakan bagian steering. Untuk itu, cek kondisi ban dan tekanan angin ban terlebih dahulu.

Timbul benjolan pada sisi ban

Jumlah intensitas penggunaan ban motor yang terlalu lama, dan tetrjadinya benturan yang keras dapat membuat ban motor timbul benjolan atau bergelombang. Benjolan tersebut akan sangat berbahaya, jika Anda paksakan untuk berkendara dengan kecepatan tinggi dan berbelok.

Terlihat sisi ban mulai gundul

Ban yang gundul atau tipis dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain jumlah jarak tempuh yang sudah banyak, serta kondisi tekanan angin.

Jumlah tekanan angin ban yang terlalu rendah, dapat membuat sisi luar ban gundul. Sedangkan, tekananan angin pada ban yang terlalu tinggi, dapat membuat sisi tengah ban cepat aus.

Permukaan ban retak

Keretakan pada ban motor dapat disebabkan karena cuaca ekstrem, dan kondisi permukaan jalan yang dilewati tidak rata. Jika ban motor telah mengalami keretakan, sebaiknya segera lakukan penggantian ban.

Alur kembang mulai menipis

Pada ban motor terdapat alur garis yang berfungsi sebagai pemecah genangan air. Untuk itu, pada saat alur pada ban telah gundul atau menipis, sebaiknya segera lakukan ganti ban. Hal ini dikarenakan, alur ban yang menipis dapat membuatn motor tergelincir.

Tapak ban motor sejajar dengan TWI

Advertisements

Pada ban motor terdapat TWI (Tread Wear Indicators) yang berbentuk segitiga sebagai penanda batas keausan motor. Jika ban telah dekat dengan ujung segitiga, sebaiknya Anda segera lakukan penggantian ban.

Ban motor RX King terasa keras

Apabila Anda telah merasakan bahwa ban motor Anda tidak lagi elastis atau keras, hal tersebut dapat menjadi petunjuk ban motor harus segera diganti.

Bagi Anda yang hendak membeli ban motor baru, sebaiknya perhatikan kode produksi ban, jangan sampai Anda membeli ban yang telah kadarluwasa.

Tips Ban Yamaha RX King Lebih Awet

Ban merupakan salah satu komponen penting untuk kendaraan bermotor. Namun, cara perawatan dan  dampak penggunaan dapat membuat ban motor RX King cepat rusak.

Oleh karena itu, di bawah ini telah kami sediakan beberapa tips agar ban motor Anda lebih awet.

  • Cek kondisi tekanan angin ban secara rutin
  • Hindari parkir motor di bawah terik matahari terlalu lama
  • Jangan membawa muatan dengan kapasitas berlebih
  • Usahakan menghindari jalan yang berbatu tajam
  • Hindari pengereman secara mendadak
  • Isi tekanan angin dengan nitrogen.