Advertisements
banner iklan

Ukuran Ban R25 dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban R25 – Ban setiap motor memiliki spesifikasi ukuran yang berbeda-beda, begitu pula dengan ukuran ban Yamaha YZF – R25 atau yang sering disebut dengan Yamaha R25. Bagi anda pemilik motor R25 yang ingin mengganti ban Yamaha R25 anda, anda sebaiknya tau ukuran standarnya.

Lalu berapa ukuran ban R25? Ukuran standar ban R25 adalah 110/70-17 untuk ban depan dan 140/70-17 untuk ban belakang. Dengan ukuran standar velg 2,75 x 17 pada velg depan dan 5,00 x 17 pada velg belakang.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai ukuran standar ban R25, silahkan menyimak artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Yamaha R25
  • Rekomendasi Ban Yamaha R25
  • Tanda-Tanda Untuk Mengganti Ban Yamaha YZF-R25
  • Cara Merawat Ban Yamaha R25 dengan Tepat
Advertisements

Ukuran Ban R25

Berikut ini adalah ukuran standar Ban Yamaha R25 :

Tipe MotorUkuran Ban DepanUkuran Ban Belakang
Yamaha YZF-R25110/70-17140/70-17

Sebagai informasi tambahan ban Yamaha R25 menggunakan velg dengan ukuran standard 2,75 x 17 untuk bagian depan dan 5,00 x 17 untuk bagian belakang.

Rekomendasi Ban Motor R25 Terbaik

Kami mempunyai beberapa rekomendasi ban Yamaha R25 dengan kompon soft yang cocok untuk ban motor R25.  Berikut rekomendasinya :

  • Bridgestone Battlax S20 dengan harga sekitar Rp. 2.800.000
  • IRC Fasti 1 dengan harga sekitar RP.1.300,000
  • Corsa R93 dengan harga sekitar RP. 1.100.000
  • Corsa R46 dengan harga sekitar RP. 1.200.000
  • Michelin Pilot Power 3 dengan harga sekitar Rp. 3.000.000
  • Pirelli Supercorsa dengan harga sekitar Rp. 4.500.000

Apabila anda sedang mencari ban Yamaha YZF-R25 dengan kualitas original anda bisa membelinya di toko otomotif terverifikasi melalui Shopee. Anda juga bisa mendapatkan berbagai promo dan gratis biaya pengiriman. Silahkan tekan tombol di bawah ini untuk mengunjungi toko otomotif Shopee.

Advertisements

Tanda-tanda Anda Harus Mengganti Ban Yamaha R25

Sebagai mana komponen lainnya pada motor, ban juga mempunyai usia maksimum pemakaian, namun ban juga bisa mengalami kerusakan dini yang diakibatkan oleh berbagai hal, lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban?

Berikut tanda-tanda ban Yamaha R25 anda perlu diganti:

Usia ban sudah memasuki usia maksimum

Usia maksimum ban motor untuk bagian depan adalah 12-15 bulan dan 10-12 bulan untuk ban belakang. Hal ini berlaku pada motor yang memiliki frekuensi penggunaan yang tinggi. Pada kendaraan yang jarang digunakan, usia ban dapat bertahan sedikit lebih lama.

Jarak tempuh mencapai 30.000 km

Ketika jaraka tempuh anda sudah mencapai angka 30.000 km, maka sebaiknya anda segera mengganti ban anda. Biasanya pada jarak ini kondisi ban sudah menipis dan kelenturan ban sudah berkurang.

Alur kembang ban sudah menipis

Jika alur garis pada ban terlihat sudah tipis, segera ganti ban anda. Karena pada ban yang halus maka daya cengkram ban terhadap jalan juga berkurang, hal ini bisa mengakibatkan motor mudah tergelincir dan oleng.

Ban sudah aus

Ban aus atau ban gundul merupakan penipisan ban. Untuk mengetahui batas maksimal keausan ban anda bisa melihatnya melalui Tread wear indicator (TWI) yang merupakan penanda dengan gambar segitiga kecil pada sisi ban. Jika permukaan ban sudah menyentuh ujung segitiga TWI, tandanya ban anda sudah harus ganti.

Cara Merawat Ban R25 dengan Tepat

Advertisements

Untuk mencegah adanya kerusakan dini sebelum ban anda memasuki usia maksimum pemakaian, terdapat beberapa tips untuk merawatnya, diantaranya lain:

  1. Pastikan tekanan angin stabil

    Selalu pastikan tekanan angin ban motor anda stabil. Tekanan angin yang kurang dapat merusak ban dan velg motor, jika tekanan angin terlau tinggi dapat membuat ban pecah.
    Selain itu tekanan ban yang tidak stabil dapat mengganggu kenyamanan dan keamanan anda saat berkendara.

  2. Hindari jalan rusak dan tidak rata

    Usahakan untuk tidak melewati medan jalan rusak dan tidak rata, jika tidak ada pilihan rute lainnya, kurangi kecepatan anda dan tidak mengebut di jalan yang rusak dan tidak rata.

  3. Hindari rem mendadak saat motor melaju dengan kecepatan tinggi

    Melakukan pengereman saat motor sedang melaju dengan kecepatan tinggi dapat membuat ban cepat menipis, ketika ban menipis tentu saja motor akan sulit dikendalikan dan mudah tergelincir.

  4. Lakukan pemeriksaan rutin

    Selalu bawa motor anda untuk pemeriksaan dan servis rutin setiap bulan pada bengkel resmi, tujuannya untuk mengecek komponen-komponen motor termasuk ban.
    Anda juga bisa melakukan pemeriksaan ban mandiri dengan melihat kondisi fisik ban, dan tekanan angin ban secara rutin.