Advertisements

Ukuran Ban PCX dan Rekomendasi Merk Nya

Advertisements

Ukuran Ban PCX – ukuran ban pada setiap motor berbeda, begitu juga dengan ukuran ban PCX, yang memiliki ukuran standar tersendiri berdasarkan tipenya. Agar tidak sampai salah ketika harus mengganti ban, sebaiknya anda mengetahu spesifikasi ukuran ban PCX anda.

Lalu berapa ukuran ban PCX? Ukuran ban PCX 150 adalah 100/80-14 untuk bagian depan dan 120/80-14 untuk bagian belakang.  Sedangkan ukuran ban PCX 160 adalah 110/70-14 untuk bagian depan dan 130/70-13 untuk bagian belakang.

Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang ukuran ban PCX, anda bisa menyimak artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban PCX
  • Upgrade Ukuran PCX
  • Rekomendasi Ban Honda PCX
  • Tanda-Tanda Waktu Mengganti Ban PCX
  • Cara Merawat Ban PCX Agar Awet

Ukuran Ban PCX

Berikut ini adalah ukuran ban PCX berdasarkan tipenya, yang tersaji dalam bentuk tabel.

Advertisements
Tipe PCXUkuran Ban DepanUkuran Ban Belakang
PCX 150100/80-14120/70-14
PCX 160110/70-14130/70-13

Upgrade Ukuran Ban Motor PCX

Ukuran ban PCX sudah ditentukan oleh pabrik dengan pemilihan ukuran dan desain sesuai dengan fungsi kendaraan, namun bagi sebagian pengguna, ukuran ban tersebut dianggap masih kurang besar. Dan banyak diantara mengganti dengan ukuran yang lebih besar.

Lantas berapa ukuran maksimal ban bisa dipasang pada PCX?

Ukuran ban maksimal yang disarankan adalah dengan menaikkan maksimal dua tingkat dari ukuran standar. Jika pada Honda PCX 150 ukuran ban belakangnya 120/70 anda bisa menggunakan ban ukuran maksimal 140/70. Prinsip ini juga berlaku pada PCX 160.

Ukuran tersebut merupakan ukuran yang disarankan dari sudut pandang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara. Namun sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu pada ahli mekanik motor, sebelum memutuskan mengganti ukuran ban yang berbeda dari ukuran standar.

Rekomendasi Ban Honda PCX

Pemilihan ban motor memiliki pengaruh yang lekat pada performa dan tingkat kenyamanan dan keamana anda ketika berkendara. selain itu pemilihan ban jugaberpengaruh pada tampilan motor anda. Berikut beberapa rekomendasi ban terbaik untuk Honda PCX yang bisa anda pertimbangkan :

  • Zeneos ZN62 dengan harga sekitar Rp.260.000
  • Michelin City Grip Pro dengan harga sekitar RP. 445.000
  • FDR Sport XR Evo dengan harga sekitar RP. 335.000
  • Pirelli Angel Scooter dengan harga sekitar Rp. 573.000
  • Metzeler Feel Free dengan harga sekitar RP. 995.000
Advertisements

Rekomendasi ban di atas bisa anda dapatkan di toko otomotif terdekat anda, atau melalui toko otomotif online terpercaya via Shopee, anda bisa mendapatkan harga promo dan gratis biaya pengiriman sesuai ketentuan. Silahkan kilk tombol di bawah ini untuk mengunjungi toko otomotif Shopee.

Tanda-Tanda Waktunya Mengganti Ban Motor PCX

Selain usia maksimal pemakaian , ban juga mempuyai resiko terjadinya kerusakan dini oleh berbagai faktor.  Bagi anda yang bingung kapan waktu yang tepat untuk mengganti ban PCX anda, berikut beberapa tanda yang bisa anda ketahui :

Usia ban memasuki usia maksimum pemakaian

Waktu ideal yang disarankan untuk mengganti ban adalah 12-15 bulan untuk ban depan dan 10-12 bulan untuk ban belakang. hal ini disarankan pada motor dengan pemakaian frekuensi sering. Ban pada mootor yang jarang digunakan dapat bertahan sedikit lebih lama.

Jarak tempuh mencapai 30.000 km

Ketika jarak tempuh motor anda mencapai 30.000 km, sebaiknya segera ganti ban motor anda. Biasanya setelah mencapai jarak tempuh ini, kondisi ban sudah jauh menipis dan kelenturan ban sudah berkurang.

Alur kembang ban menipis

Jika alur kembang pada sudah menipis, sebaiknya segera ganti ban anda, karena ban yang halus akan mempengaruhi daya cengkram ban yang berkurang, sehingga ban mudah tergelincir.

Ban sudah aus

Batas maksimal tingkat keusan ban dapat dilihat melalui TWI (tread wear indicator) yang merupakan penanda dengan gambar segitiga kecil pada sisi ban, jika permukaan ban sudah menyentuh ujung segitiga TWI, anda perlu mengganti ban PCX anda.

Cara Merawat Ban PCX Agar Awet

Advertisements

Agar ban awet dan mencegah kerusakan dini sebelum memasuki usia maksimal pemakaian, terdapat beberapa cara untuk merawatnya, berikut ulasannya:

  1. Hindari jalan rusak dan tidak rata

    Hindari melewati rute jalan  rusak dan tidak rata, jika tidak ada rute lainnya kurangi kecepatan motor anda dan jangan sampai mengebut.

  2. Hindari pengereman mendadak ketika  berkecepatan tingi

    Ketika motor anda melaju dengan kecepatan tinggi, hindari untuk melakukan pengereman mendadak. Karena hal ini bisa memuat ban cepat menipis serta motor akan sulit dikendalikan.

  3. Periksa tekanan angin ban secara berkala

    Cek secara rutin tekanan angin ban anda. Tekanan angin yang kurang bisa merusak ban dan velg, dan bila tekanan angin terlau tinggi dapat mengakibatkan ban pecah, selain itu tekanan ban yang tidak stabil pastinya akan mengganggu kenyamanan anda saat berkendara.

  4. Lakukan pemeriksaan berkala

    Lakukan pemeriksaan dan servis rutin motor PCX anda setiap bulan pada bengkel resmi, pemeriksaan ini bertujuan untuk memeriksa komponen motor termasuk salah satunya adalah kondisi ban.