Ukuran Ban Livina dan Grand Livina Beserta Rekomendasi Nya

Ukuran ban Livina– Nissan Livina dan Grand Livina memiliki ukuran standar ban yang berbeda – beda. Meski begitu, Anda masih bisa melakukan modifikasi dengan melakukan upgrade ukuran ban. Upgrade ukuran ban dilakukan dengan menaikkan ukuran ban dari ukuran standarnya.

Advertisements

Lalu berapa ukuran ban Livina dan Grand Livina? Ukuran ban Livina, Grand Livina, dan All New Livina Tipe E dan EL adalah 185/65 – 15, sedangkan ukuran ban All New Livina Tipe VE dan  VL adalah 205/55 – 16.

Berikut ini beberapa pembahasan tentang ban Livina dan Grand Livina pada artikel ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Livina dan Grand Livina
  • Modifikasi Ukuran Ban Nissan Livina dan Grand Livina
  • Rekomendasi Merk Ban Livina dan Grand Livina Terbaik
  • Penyebab Ban Mobil Nissan Livina dan Grand Livina Rusak
  • Waktu Ganti Ban Mobil Livina dan Grand Livina yang Tepat
  • Tips Perawatan Ban Mobil Livina dan Grand Livina Agar Lebih Awet
Advertisements

Ukuran Ban Livina dan Grand Livina

Meskipun sama – sama produksi Nissan, Livina dan Grand Livina memiliki ukuran ban yang berbeda. Berikut ini ukuran ban Livina dan Grand Livina beberapa tipe dalam bentuk tabel

Tipe MobilUkuran Ban
Grand Livina185/65 – 15
Livina185/65 – 15
All New Livina tipe E185/65 – 15
All New Livina tipe EL185/65 – 15
All New Livina tipe VE205/55 – 16
All New Livina tipe VL205/55 – 16

Jika Anda ingin membeli ban Livina dan Grand Livina berbagai ukuran, Anda bisa mengeceknya melalui aplikasi Shopee. Ada banyak promo dan gratis ongkir yang tersedia. Silahkan tekan link berikut ini untuk melihat produk di tokonya.

Advertisements

Modifikasi Ukuran Ban Nissan Livina dan Grand Livina

Ada beberapa pemilik mobil Livina yang melakukan modifikasi pada ban Livina. Tujuannya untuk meningkatkan ground clearance (jarak terendah mobil dengan tanah) serta membuat tampilan mobil Livina menjadi lebih keren.

Untuk modifikasi itu sendiri, Livina tipe VE and VL bisa diganti dengan ukuran ban yang lebih besar tanpa harus mengganti ukuran velg. Anda bisa naikkan satu tingkat dari ukuran standarnya menjadi 215/55 dengan ring 16.

Sedangkan untuk Livina tipe E dan EL, ganti ukuran ban yang lebih besar harus disertai dengan penggantian ukuran velg. Karena ukuran ban 185/65 tersebut sudah pas dengan ukuran velg 15. Untuk melakukan perubahan ukuran ban, Anda bisa konsultasikan ke mekanik yang lebih ahli.

Rekomendasi Merk Ban Mobil Livina dan Grand Livina Terbaik

Beberapa rekomendasi merk ban Livina dan Grand Livina yang bagus:

  • Yokohama Blue Earth AE01 (Rp. 575.000)
  • Bridgestone Turanza AR – 20 (Rp. 740.000)
  • Bridgestone Ecopia MPV – 1 (Rp. 675.000)
  • Continental Comfort Contact 5 (Rp. 640.000)
  • GT Radial Champiro BXt Pro (Rp. 455.000)

Penyebab Ban Nissan Livina dan Grand Livina Rusak

Pemilik mobil Livina dan Grand Livina harus mengetahui beberapa hal yang menyebabkan ban mobil cepat rusak. Penyebab ban mobil Livina dan Grand Livina cepat rusak antara lain:

Advertisements
  • Ban mobil Livina sudah aus.
  • Velg mobil Livina peyang.
  • Ukuran ban dan velg tidak sesuai standar.
  • Mobil sering melewati jalan yang rusak dengan kecepatan tinggi.
  • Tekanan angin ban Livina tidak stabil.
  • Beban yang diangkut mobil Livina terlalu berat.

Waktu Ganti Ban Mobil Livina dan Grand Livina yang Tepat

Waktu yang tepat untuk mengganti ban Livina dan Grand Livina adalah ketika jarak tempuh mobil mencapai 40.000 km atau setiap 3 – 3.5 tahun sekali. Tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu.

Namun waktu penggantian ban tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor lain seperti kualitas ban serta gaya berkendara pemilik mobil.

Bisa saja ban Livina perlu diganti sebelum 3 tahun jika kondisi ban sudah terlihat aus. Oleh sebab itu, lakukan pemeriksaan pada permukaan ban untuk melihat apakah ban Livina masih dalam kondisi bagus atau perlu diganti.

Tips Merawat Ban Mobil Livina dan Grand Livina

Beberapa tips perawatan ban mobil Livina dan Grand Livina yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Periksa tekanan angin ban mobil Livina sebelum digunakan

Tekanan angin ban juga berpengaruh terhadap awetnya usia ban. Jika tekanan angin ban terlalu rendah, maka kawat ban menerima beban terlalu berat sehingga ban menjadi rusak. Selain itu, tekanan angin ban yang kurang juga bisa membuat velg Livina cepat rusak.

Begitupun jika tekanan angin ban Livina terlalu tinggi, bisa membuat tapak ban menonjol dan cengkraman ban pada aspal menjadi kurang.

Oleh sebab itu, periksa tekanan angin ban sebelum mobil Livina digunakan. Atau Anda bisa mengganti angin ban mobil Livina menggunakan nitrogen agar tekanan angin ban tetap stabil.

Kendarai mobil Livina dengan hati – hati untuk menghindari lubang dan batu di jalan

Ubah kebiasaan buruk Anda dalam berkendara. Kurangi kecepatan saat Anda melewati jalan yang tidak rata. Hindari rem mendadak karena bisa membuat ban cepat halus.

Gunakan ban dan velg Livina dengan ukuran yang sesuai standar

Livina dan Grand Livina memiliki ukuran ban standarnya. Oleh sebab itu, gunakan merk ban dan velg Livina yang sesuai. Jika ingin mengganti ukuran ban, konsultasikan dulu dengan mekanik agar tidak mempengaruhi kinerja ban.

Lakukan pengecekan rutin pada ban mobil Livina

Periksa kondisi ban Livina secara rutin. Jika permukaan ban terlihat halus, maka segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk penggantian mobil yang baru.