Advertisements

Ukuran Ban L300 dan Rekomendasi Merk Nya

Advertisements

Ukuran Ban L300 – Mengetahui ukuran standar ban sudah seharusnya diketahui oleh para pemilik mobil, karena setiap mobil memiliki standar ukuran ban yang berbeda-beda. Begitu pula dengan ukuran ban L300.

Lantas berapa ukuran ban L300? Ukuran ban L300 adalah 185 R14, ukuran ini merupakan ukuran standar bawaan dari pabrik.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ukuran ban L300 anda bisa mengecek artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban L300
  • Rekomendasi Merk Ban L300
  • Penyebab Ban L300 Cepat Rusak
  • Tips Merawat Ban L300
Advertisements

Ukuran Ban L300

Sebelum mengganti ban L300, sebaiknya anda tau spesifikasi standar ban L300 yang anda gunakan, karena ban yang tidak sesuai dapat merusak velg serta mengganggu kenyamanan anda saat berkendara.

Mitsubishi L300 memiliki ukuran standar ban 185 R14, dengan tekanan angin ban bagian depan 3,0 kgf/cm2 (43 Psi) dan ban bagian belakang 3,75 kgf/cm2 (54 Psi).

Rekomendasi Merk Ban L300

Bagi anda yang ingin mengganti ban L300, kami mempunyai rekomendasi  merk ban mobil terbaik yang bisa digunakan pada L300, berikut rekomendasinya :

  • Achilles Ultravan 88, harga mulai dari Rp. 600.000
  • Goodyear Cargo, harga sekita Rp. 648.000
  • Dunlop LT5, harga sekitar Rp. 745.000
  • Bridgeston Duravis, harga sekitar Rp. 820.000
  • Michelin XCD2, harga sekitar Rp. 1.100.000

Jika anda ingin membeli ban L300 dengan penawaran terbaik dan kualitas original, anda bisa membeli melalui toko otomotif terpercaya di shopee, selain itu anda juga akan mendapatkan gratis biaya pengiriman. Silahkan kilk tombol di bawah ini untuk melihat produk.

Advertisements

Penyebab Ban L300 Cepat Rusak

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan ban mobil L300 anda mengalami kerusakan dini, berikut beberapa faktor penyebab yang dapat anda ketahui:

  • Tekanan angin ban tidak stabil
  • Membawa beban muatan yang melebihi batas maksimum
  • Pemilihan kualitas ban yang kurang baik
  • Sering melewati jalanan rusak dan tidak rata
  • Menggunakan ban dengan ukuran yang tidak sesuai

Tips Memilih Ban Untuk Mobil Muatan Berat L300

Ban merupakan komponen yang sangat berpengaruh dalam menunjang keselamatan saat berkendara, terlebih ban mobil muatan berat seperti L300. Banyak yang perlu dipertimbangkan sebelum menggantinya,berikut beberapa tips memilih ban untuk L300:

Kenali kontruksi ban

Tips pertama adalah mengetahui kontruksi ban, terdapat dua jenis konstruksi ban yaitu ban bias dan ban radial. Perbedaannya terdapat pada kontruksi benang, ban bias berkonstruksi menyilang dan ban radial cenderung searah.  

Sehingga ban bias mempunyai telapak yang lebih tebal dan ban radial mempunyai telapak lebih tipis, tapi untuk daya cengkeram permukaan jalan, ban radial lebih bagus serta mampu menahan bobot lebih berat.

Pilih alur ban yang tepat

Untuk mobil L300 yang biasa digunakan muatan berat dan melewati medan berpasir dan berbatu disaranankan untuk menggunakan ban dengan  alur zig zag sehingga memiliki daya cengkram yang kuat dan kendaraan tidak mudah tergelincir.

Perhatikan tekanan udara ban

Perlu diketahui terdapat perbedaan tekanan udara ketika mobil membawa muatan ringan dan berat. jika kendaraan bermuatan penuh, tekanan ban harus disesuaikan agar ban bekerja maksimal.  Setiap bobot bertambah 100- 150 kg disarankan tambah angin sekutar 2 -4 psi.

Untuk standar tekanan angin anda bisa melihatnya di stiker yang tertera pada pintu mobil Meski begitu harus dipahami risiko menambah muatan dari batas maksimal dan jangan sampai mengabaikan safety dalam berkendara.

Tips Perawatan Ban L300

Untuk menjaga kondisi ban dan mencegah kerusakan dini pada ban L300, terdapat beberapa tips yang dapat anda ikuti:

Advertisements

Hindari jalan rusak dan berlubang

Usahakan untuk menghindari jalanan yang rusak dan berlubang. Jika tidak bisa menghindari jalanan yang rusak usahakan untuk mengurangi kecepatan mobil anda dan tidak mengebut terutama ketika mobil membawa muatan.

Pastikan tekanan angin ban stabil

Selalu pastikan tekanan angin ban selalu cukup dan stabil. Tekanan ban angin yang tidak stabil, dapat berisiko merusak ban. Sesuaikan tekanan ban dengan tekanan angin ban dengan tekanan angin yang direkomendasikan oleh pabrik.

Hindari pengereman mendadak ketika mobil dalam kecepatan tinggi

Hindari mengerem mendadak saat mobil melaju dengan kencang hal ini dapat menyebabkan ban cepat aus dan mobil akan susah dikendalikan.

Lakukan pemeriksaan rutin

Selalu lakukan pemeriksaan rutin, cek secara berkala kondisi ban dan tekanan angin anda. Serta jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dan servis rutin setiap bulan pada bengkel resmi.