Ukuran Ban KLX dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran ban KLX – Kawasaki KLX merupakan salah satu motor trail yang banyak dimiliki oleh pecinta motor trail. Motor KLX ini memang didesain untuk pengendara yang suka berpetualang melewati bukit yang terjal, sehingga ban Kawasaki KLX juga memiliki ukuran yang berbeda dengan motor lain.

Advertisements

Lalu, berapa ukuran ban KLX? Ukuran ban KLX 150 S adalah 70/100 – 19 untuk ban depan dan 90/100 – 16 untuk ban belakang. Ukuran ban KLX 150 L adalah 21 x 1.60 untuk ban depan dan 18 x 1.85 untuk ban belakang. Sedangkan ukuran ban KL D-Tracker 150 adalah 100/80 – 17 untuk ban depan dan 120/70 – 17 untuk ban belakang.

Informasi seputar ban KLX secara lengkap bisa Anda peroleh melalui penjelasan di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Kawasaki KLX
  • Modifikasi Ukuran Ban Kawasaki KLX Supermoto
  • Rekomendasi Merk Ban Kawasaki KLX yang Bagus
  • Penyebab Ban KLX Rusak
  • Tips Perawatan Ban Motor KLX Agar Awet

Ukuran Ban Motor KLX

Motor KLX memiliki ukuran ban yang berbeda – beda. Jika ingin mengganti ban KLX, Anda harus mengetahui ukuran standar yang digunakan. Berikut ini tabel ukuran ban KLX lengkap.

Advertisements
Tipe KLXUkuran Ban DepanUkuran Ban Belakang
Kawasaki KLX 150 S70/100 -1990/100 – 16
Kawasaki KLX 150 L21 x 1.6018 x 1.85
Kawasaki KLX D-Tracker100/80 – 17120/17 – 17

Ada banyak pilihan ban KLX berkualitas yang bisa Anda beli dengan harga murah di Shopee. Banyak promo serta gratis ongkir yang bisa didapatkan sekarang. Tekan link di bawah ini untuk menuju ke tokonya.

Modifikasi Ukuran Ban Kawasaki KLX Supermoto

Motor KLX sebenarnya merupakan motor trail yang fungsi utamanya untuk off road di medan yang terjal, sehingga memiliki spesifikasi bannya tersendiri.

Namun banyak pemilik KLX yang ingin melakukan modifikasi jadi  Supermoto agar lebih cocok digunakan untuk pemakaian sehari – hari. Salah satu komponen yang diganti untuk melakukan modifikasi supermoto pada KLX adalah mengganti ban trail dengan ban motor biasa.

Lalu berapa ukuran ban yang pas untuk modifikasi KLX Supermoto?

Ukuran ban untuk modifkasi motor KLX adalah naik satu atau dua tingkat dari ukuran standarnya. Misalkan modifikasi ban KLX 150, Anda bisa menggunakan ukuran 120/70 – 17 untuk ban depannya. Sedangkan ban belakang bisa menggunakan ukuran 140/70 – 17 atau 150/55 – 17.

Untuk ukuran velg, Anda bisa menggantinya dengan ukuran 2.5 – 4 inchi.

Pemilihan ukuran ban tersebut harus sesuai dengan kapasitas mesinnya agar tarikan gas tidak terlalu berat.

Rekomendasi Merk Ban Motor KLX yang Bagus

Ada banyak merk ban KLX aftermarket dengan kualitas yang bagus untuk motor Anda. Berikut ini beberapa rekomendasi merk ban Kawasaki KLX yang bagus :

Advertisements
  • FDR Maxtreme (Rp. 410.000)
  • Corsa MT Cross (Rp. 513.000)
  • IRC GP 2 (Rp. 190.000)
  • Dunlop (Rp. 1.170.000)
  • Swallow Terra (Rp. 465.000)

Penyebab Ban KLX Rusak

Ada beberapa penyebab yang bisa membuat ban motor KLX menjadi rusak, antara lain:

  • Ban motor KLX sudah mulai aus
  • Tekanan angin ban motor KLX tidak sesuai
  • Ukuran velg KLX tidak sesuai dengan spesifikasi bannya
  • Suspensi motor terlalu keras
  • Tidak pernah melakukan pengecekan pada ban motor KLX
  • Bearing roda KLX oblak

Tips Perawatan Ban Motor KLX Agar Awet

Penggantian ban KLX membutuhkan biaya hingga ratusan ribu bahkan jutaan. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan beberapa perawatan agar ban motor KLX lebih awet.

Berikut ini beberapa tips untuk merawat ban motor KLX:

Advertisements

Periksa tekanan angin ban KLX sebelum digunakan

Sebelum digunakan, periksa dulu tekanan angin ban KLX. Jika dirasa angin ban kurang, Anda bisa membawanya ke bengkel untuk pengisian yang sesuai. Karena jika angin ban KLX terlalu sedikit bisa membuat beban motor bertambah dan kinerja mesin jadi lebih berat.

Gunakan ukuran velg dan ban yang sesuai

Jika Anda ingin mengganti ban KLX, sesuaikan ukuran ban dan velgnya dengan kapasitas mesin. Karena jika ukuran ban dan velg terlalu besar bisa membuat tarikan gas menjadi lebih berat.

Selain itu, penggunaan ban dan velg yang tidak sesuai dengan karakteristik motor juga bisa mempengaruhi kenyamanan serta kestabilan dalam berkendara.

Periksa ban motor KLX secara rutin

Untuk mengetahui kondisi ban motor KLX, Anda perlu melakukan pengecekan secara rutin. Caranya adalah lihat permukaan ban. Jika permukaan ban terlihat halus, maka segera lakukan penggantian dengan ban yang baru.

Atau Anda bisa melakukan servis rutin di bengkel untuk mengetahui komponen motor KLX  yang rusak. Servis rutinan motor KLX idealnya dilakukan setiap 2 – 3 bulan sekali.