Advertisements
banner iklan

Ukuran Ban Kijang dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban Kijang – Setiap mobil memiliki ukuran standar ban yang berbeda – beda. Karena fungsi ban yang cukup penting, maka pemilihan ukuran ban mobil harus sesuai. Bagi Anda pemilik mobil Kijang yang ingin mengganti ban, ketahui dulu ukuran standar ban Kijang.

Lalu berapa ukuran ban Kijang? Ukuran ban Kijang Super adalah 175/80 – 13, ukuran ban Kijang LSX dan LGX adalah 195/80 – 14, dan ukuran ban Kijang Krista adalah 195/65 – 14.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang ban Kijang, silahkan baca artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Toyota Kijang
  • Rekomendasi Merk Ban Toyota Kijang yang Bagus
  • Penyebab Ban Mobil Toyota Kijang Rusak
  • Tips Merawat Ban Mobil Kijang Agar Lebih Awet
Advertisements

Ukuran Ban Toyota Kijang

Berikut adalah tabel ukuran ban standar Toyota Kijang.

Tipe MobilUkuran Ban
Toyota Kijang Super175/80 – 13
Toyota Kijang LSX195/80 – 14
Toyota Kijang LGX195/80 – 14
Toyota Kijang Krista195/65 – 14

Jika Anda ingin membeli ban mobil Toyota Kijang dengan harga yang terjangkau, silahkan lihat produknya di Shopee. Ada voucher gratis ongkir yang bisa Anda dapatkan. Silahkan tekan tombol di bawah ini untuk melihat produknya.

Rekomendasi Merk Ban Toyota Kijang yang Bagus

Banyak merk ban dengan kualitas bagus yang bisa Anda gunakan untuk memodifikasi mobil Toyota Kijang. Berikut adalah beberapa merk ban yang bagus untuk Toyota Kijang:

Advertisements
  • Bridgestone Ecopia (Rp. 750.000)
  • Gt Radial Savero MT Plus (Rp. 835.000)
  • Dunlop SP Touring (Rp. 500.000)
  • Achilles 838 MT (Rp. 855.000)
  • Mmichelin Energy XM2 Plus (Rp. 800.000)

Penyebab Ban Mobil Toyota Kijang Rusak

Seringkali Anda tidak sadar melakukan suatu hal yang bisa menyebabkan ban mobil Kijang bisa rusak. Untuk menghindari permasalahan tersebut, Anda perlu mengetahui hal – hal apa saja yang tidak boleh Anda lakukan agar ban mobil Kijang Anda bisa rusak.

Berikut adalah beberapa penyebab ban Toyota Kijang bisa rusak:

  • Tekanan angin ban terlalu tinggi sehingga ban mobil Kijang pecah
  • Usia ban Kijang yang sudah lama sehingga perlu diganti
  • Velg mobil Kijang peyang atau bermasalah
  • Sering rem mendadak di jalan yang penuh lubang sehinga ban menjadi tipis
  • Ukuran ban Kijang yang tidak sesuai dengan spesifkasi velgnya

Tips Merawat Ban Mobil Kijang Agar Lebih Awet

Untuk menjaga kondisi ban Toyota Kijang agar lebih awet, Anda perlu melakukan beberapa perawatan. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat mobil Kijang.

Advertisements

Gunakan ukuran ban standar Mobil Kijang

Setiap mobil memiliki ukuran ban yang berbeda – beda. Ukuran ban tersebut sudah disesuaikan dengan bentuk serta kenyamanan mobil tersebut ketika digunakan nantinya.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan ban mobil dengan ukuran standar yang telah sesuai. Karena jika tidak, maka bisa membuat ban cepat rusak dan kenyamanan berkendara jadi terganggu.

Cek tekanan angin dalam ban mobil Kijang

Sebelum menggunakan mobil Kijang untuk berpergian, sebaiknya Anda periksa dulu tekanan angin di dalam ban Kijang apakah stabil atau tidak.

Jika tekanan angin ban kurang, Anda bisa membawanya ke bengkel untuk mengisi angin ban dengan tekanan yang sesuai.

Karena jika tekanan angin terlalu sedikit, bisa mengakibatkan mobil sulit dikendalikan. Namun jika tekanan angin ban terlalu tinggi, bisa menyebabkan ban Kijang pecah.

Kurangi kecepatan saat melewati jalan yang tidak rata

Jalanan yang tidak rata bisa membuat ban serta velg mobil Kijang rusak. Apalagi jika mobil Kijang Anda kendarai dengan kecepatan tinggi, kemudian tiba – tiba Anda mengerem mendadak saat menemukan lubang di jalan. Selain berbahaya, hal tersebut bisa membuat ban mobil Anda semakin tipis.

Oleh sebab itu, kendarai mobil Kijang Anda dengan hati – hati. Kurangi kecepatan saat melewati jalan yang penuh batu dan lubang untuk menjaga keawetan ban serta komponen mobil Kijang lainnya.

Lakukan servis rutin pada Toyota Kijang

Meskipun mobil Kijang Anda sudah berusia lama, mesin serta bagian mobil lainnya akan tetap dalam kondisi baik jika Anda melakukan perawatan yang maksimal.

Perawatan tersebut bisa dengan melakukan servis Toyota Kijang secara rutin untuk memantau kondisi mobil tersebut. Biasanya, servis mobil dilakukan setiap 2 – 3 bulan sekali di bengkel resmi ataupun bengkel umum.