Ukuran Ban Jupiter dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban Jupiter – Ukuran antara ban depan dan belakang Yamaha Jupiter berbeda, sehingga Anda harus lebih teliti pada saat melakukan penggantian ban motor. Untuk mengetahui ukuran ban Jupiter, Anda dapat menyimak artikel di bawah ini.

Advertisements

Berapakah ukuran ban Jupiter? Ukuran ban Jupiter adalah 70/90 R17 untuk bagian depan. Sedangkan, ukuran ban bagian belakang yaitu 80/90 R17.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Jupiter
  • Penyebab Ban Motor Jupiter Cepat Bocor
  • Tips Modifikasi Ukuran Ban Motor Jupiter
  • Rekomendasi Merk dan Harga Ban Jupiter
Advertisements

Ukuran Ban Jupiter

Dengan mengetahui ukuran standar ban Jupiter, Anda akan lebih mudah menentukan ukuran ban motor saat proses penggantian. Selain itu, ukuran standar ban juga menjadi hal penting untuk diketahui saat melakukan modifikasi ban.

Di bawah ini merupakan ukuran ban Jupiter sesuai dengan tipenya.

Tipe MotorUkuran Ban DepanUkuran Ban Belakang
Jupiter / Jupiter Z170/90 R1780/90 R17
Jupiter MX70/90 R17120/70 R17

Perlu diketahui bahwa, Jupiter Z old (2003 – 2006) memiliki ukuran ban yang sama dengan Jupiter dan Jupiter Z1.

Yamaha Jupiter Z dengan kapasitas 110.3 CC menjadi motor yang cukup sering dimodifikasi dan balapan yang memiliki ukuran ban berbeda. Berdasarkan informasi yang diperoleh, ukuran ban motor Jupiter Z road race yaitu 90/80 – 17.

Bagi Anda yang hendak melakukan penggantian ban motor Jupiter, Anda dapat membeli ban dengan ukuran standar secara online via Shopee. Untuk mengetahui ketersediaan produk ban Jupiter, silahkan tekan tombol di bawah ini.

Advertisements

Rekomendasi Merk Ban Motor Jupiter

Berikut beberapa rekomendasi merk dan harga ban Jupiter.

  • Corsa Planto XE-30 (80/90-17” F), Rp. 254.000
  • IRC NR69 (80/90 – 17”), Rp. 175.600
  • FDR Spartax (80/90 – 17”), Rp. 172.000
  • FDR TR TT (70/90 – 17”) Non – Tubeless, Rp. 141.200
  • IRC NR69 (70/90 – 17”) Non – Tubless, Rp. 148.000.

Penyebab Ban Motor Jupiter Cepat Bocor

Jika pada ban telah terdapat banyak bekas tambalan, senbaiknya segera lakukan penggantian. Kebocoran yang terjadi pada ban motor Jupiter dapat terjadi karena beberapa penyebab, antara lain :

  • Jumlah tekanan ban kurang
  • Ban motor telah menipis
  • Terdapat penumpukan pasir antara ban dan velg
  • Ban terkena benda tajam (paku, kaca, dsn sebagainya)
  • Adanya kerusakan pada velg
  • Tidak adanya penutup pentil ban
  • Penggunaan ban dengan kualitas tidak baik
Advertisements

Tips Modifikasi Ukuran Ban Yamaha Jupiter

Tidak disarankan memperkecil ukuran ban

Untuk mendapatkan tampilan motor lebih ramping, biasanya pengendara memilih ukuran ban lebih kecil dari standarnya.

Namun, penggunaan ban motor dengan ukuran lebih kecil dari standar dapat mengurangi daya cengkeraman berkurang sehingga terasa licin saat melewati jalan yang basah.

Maksimal naikkan ukuran ban 2 tingkat

Saat melakukan modifikasi ukuran ban motor lebih besar, Anda harus menghitungnya terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa, maksimal ganti ukuran ban lebih besar yaitu 2 tingkat di atas ukuran standar.

Jika Anda mengganti ukuran ban melebihi batas maksimal, maka dapat menimbulkan efek samping yaitu karet bundar akan bergesekan dengan suspensi.

Lakukan penggantian ban Jupiter di bengkel profesional

Saat modifikasi ukuran ban Jupiter, sebaiknya lakukan di bengkel profesional. Hal ini dikarenakan, ban merupakan salah satu komponen terpenting bagi keselamatan pengendara.

Selain itu, penggantian ban di tempat sembarangan dapat menimbulkan beberapa dampak negatif, seperti velg bengkok, ban tidak terpasang dengan benar, dan sebagainya.

Pilih desain tapak ban motor Jupiter sesuai kebutuhan

Pada saat modifikasi ukuran ban, pilih model tapak ban sesuai kebutuhan. Hal dikarenakan, modifikasi ban Jupiter tidak hanya bertujuan untuk mendapatkan tampilan yang keren, tetapi juga menyesuaikan dengan kebutuhan.

Jika motor Jupiter sering digunakan di jalanan perkotaan, hindari untuk memilih ban tahu (trail). Ban tahu merupakan ban yang cocok digunakan untuk medan berpasir dan tanah (offroad).

Hindari penggunaan ban tubeless dengan ban dalam

Meskipun biasanya pengendara mencoba mengkombinasikan ban dalam dengan ban tubeless, sebaiknya tetap Anda hindari.

Jika hal tersebut tetap dilakukan, dapat menimbulkan dampak negatif bagi keselamatan pengendara. Hal ini dikarenakan, ban dalam yang terdapat pada ban tubeless dapat berpotensi mengganggu gesekan. Selain itu, saat berkendara pada kecepatan tinggi, dadapat menimbulkan ban bergoyang.