Ukuran Ban Innova dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran ban Innova – Toyota Innova merupakan salah satu mobil MPV yang sudah populer sejak tahun 2004. Toyota Innova sendiri diproduksi dalam beberapa macam tipe dengan ukuran ban yang berbeda – beda.

Advertisements

Lalu berapa ukuran ban Innova? Ukuran ban Innova Tipe G dan V adalah 205/65 – 15, Ukuran ban Innova Reborn adalah 205/65 – 16, dan ukuran ban Toyota Innova Venturer adalah 215/55 – 17.

Berikut adalah beberapa pembahasan tentang ban Innova pada artikel ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Innova Lengkap
  • Modifikasi Ukuran Ban Toyota Innova
  • Rekomendasi Merk Ban Toyota Innova Terbaik
  • Penyebab Ban Mobil Toyota Innova Rusak
  • Waktu Ganti Ban Mobil Innova yang Tepat
  • Tips Merawat Ban Mobil Innova Agar Tahan Lama

Ukuran Ban Innova

Toyota Innova dari generasi lama hingga generasi baru memiliki ukuran ban yang berbeda – beda. Berikut adalah ukuran standar ban Toyota Innova lengkap.

Tipe MobilUkuran Ban
Toyota Innova Tipe G205/65 – 15
Toyota Innova Tipe V205/65 – 15
Toyota Innova Reborn/All New Kijang Innova205/65 – 16
Toyota Innova Venturer215/55 – 17
Advertisements

Jika ingin membeli ban mobil Innova lengkap berbagai merk, Anda bisa memilih produknya secara lengkap di Shopee. Ada voucher gratis ongkir yang bisa Anda dapatkan. Tekan tombol di bawah ini untuk menuju ke toko Shopee.

Modifikasi Ukuran Ban Toyota Innova

Untuk mengubah tampilan mobil dan menambah kenyamanan dalam berkendara, Anda bisa mengubah ukuran ban serta velg Toyota Innova.

Ada beberapa pilihan ukuran yang bisa Anda jadikan referensi, antara lain:

Modifikasi ukuran ban Innova menjadi 225/55 R17

Untuk mobil Toyota Innova yang memiliki ukuran ban 205/65 R15, Anda bisa melakukan modifikasi ukuran ban menjadi 225/55 R17. Ukuran tersebut diupgrade 2 tingkat dari ukuran standarnya.

Perlu diingat, upgrade ukuran ban Innova harus dilakukan pada semua ban mobil, baik  ban depan maupun ban belakang.

Modifikasi ukuran ban Innova menjadi 235/55 R18

Toyota Innova terbaru memiliki ukuran ban standar 205/65 ring 16. Anda masih bisa upgrade ke ukuran ban yang lebih besar menjadi 235/55 ring 18. Ukuran tersebut dirasa pas jika diaplikasikan pada Toyota Innova untuk penggunaan sehari – hari.

Sebagai tambahan informasi, upgrade ukuran ban Innova menjadi lebih besar memiliki pengaruh terhadap konsumsi bensin. Namun besar kecilnya pengaruh tersebut tergantung pada ukuran upgrade ban yang dipakai.

Jika upgrade ukuran yang dipakai di atas 4 sampai 5 tingkat dari ukuran standar ban Innova, maka pengaruh terhadap bahan bakar pun akan jauh lebih terasa.

Rekomendasi Merk Ban Toyota Innova Terbaik

Ada banyak merk ban mobil berkualitas yang bisa Anda gunakan untuk mobil Innova. Namun untuk standarnya, ban Toyota Innova menggunakan ban merk Bridgestone Turanza ER33 dan Bridgestone Ecopia EP150.

Kedua ban tersebut terbuat dari teknologi canggih dan di desain khusus untuk memberikan kenyamanan serta keamanan dalam berkendara.

Merk ban ini juga memiiki keunggulan dalam menghemat bahan bakar serta tahan dalam kondisi apapun. Sehingga ban merk ini memiliki daya tahan yang lebih lama.

Sedangkan untuk harga jual ban Bridgestone Turanza ER33 dan Bridgestone Ecopia EP150 adalah sebagai berikut :

  • Bridgestone Turanza ER33 Rp. 1.718.000
  • Bridgestone Ecopia EP150 Rp. 858.000.
Advertisements

Selain kedua merk tersebut, ada juga beberapa merk ban lainnya yang cocok digunakan untuk mobil Innova Anda, antara lain :

  • Dunlop D80V4 (Rp. 735.000)
  • Dunlop SP Touring R1 (Rp. 650.000)
  • Hankook Optimo K415 (Rp. 656.000)
  • Hankook Kinergy Eco 2 (Rp. 750.000)
  • Michellin Primacy LC (Rp. 950.000)

Penyebab Ban Mobil Innova Rusak

Sama halnya dengan mobil lain, Toyota Innova yang tidak pernah dilakukan pengecekan juga berpotensi mengalami kerusakan pada bannya. Berikut beberapa hal penyeba mobil innova mengalami kerusakan:

  • Ban Innova mulai aus karena usia pemakaian yang sudah lama.
  • Tekanan angin ban mobil Innova yang tidak sesuai standar.
  • Beban yang diangkut mobil Innova terlalu berat.
  • Penggunaan spesifikasi ban dan velg Innova yang tidak sesuai standar.
  • Gaya berkendara yang buruk.
  • Mobil sering melewati jalanan yang rusak dengan kecepatan tinggi.
Advertisements

Waktu Ganti Ban Mobil Innova yang Tepat

Agar kondisi ban mobil Innova lebih awet, Anda perlu mengecek kondisi ban Innova secara rutin. Jika di rasa ban sudah tidak nyaman saat mobil dikendarai, maka bisa jadi ban mobil sudah waktunya untuk diganti.

Lalu kapan waktu ganti ban mobil Toyota Innova yang tepat?

Waktu ganti ban mobil Innova yang tepat adalah saat jarak tempuh mobil mencapai 40.000 km atau setiap 3 tahun sekali.

Namun jika kondisi ban sudah terlihat aus dan tidak nyaman sebelum jangka waktu tersebut, Anda bisa segera melakukan penggantian agar berkendara menjadi lebih aman dan nyaman.

Tips Merawat Ban Mobil Innova Agar Tahan Lama

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kualitas ban Innova agar lebih tahan lama.

Lakukan pengecekan rutin pada kondisi ban mobil Innova

Cara paling mudah untuk melakukan pengecekan kondisi ban adalah dengan memperhatikan permukaan ban. Jika permukaan ban terlihat sudah halus atau retak – retak, maka ban harus segera diganti. Sebaiknya pakai ban dengan kualitas yang bagus agar tahan lama.

Pastikan tekanan angin ban mobil Innova pas

Sebelum menggunakan mobil Innova untuk berpergian terutama jarak jauh, pastikan dulu kondisi angin ban Innova tidak kurang atau berlebihan.

Tekanan angin ban Innova yang kurang bisa merusak ban serta velg. Begitupun jika tekanan angin ban terlalu tinggi bisa menyebabkan ban pecah.

Untuk mendapatkan tekanan angin ban yang pas, Anda bisa mengisi angin ban nitrogen di bengkel yang dilengkapi alat pengukur tekanan angin.

Perhatikan beban angkut mobil Innova agar tidak melebihi batas maksimum

Setiap ban mobil memiliki kapasitas maksimal beban yang berbeda – beda. Anda bisa melihat maksimum beban angkut pada kode yang ada di permukaan ban.

Untuk itu, hindari mengangkut beban yang terlalu berat pada mobil Iinnova agar kualitas ban tetap terjaga.

Ubah kebiasaan berkendara yang buruk

Hal terpenting untuk menjaga kualitas ban Innova adalah dengan menerapkan gaya berkendara yang baik. Jangan melaju dengan kecepatan tinggi di saat mobil melewati jalanan yang rusak.

Selain itu berkendara denga hati – hati juga mampu mengurangi resiko rem mendadak karena adanya menabrak batu atau lubang yang ada di jalan.