Ukuran Ban GTR dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban GTR – Honda Supra GTR sering disebut kebanyakan orang sebagai motor GTR. Jika Anda salah satu pemilik motor ini, perlu mengetahui ukuran ban GTR yang direkomendasikan.

Advertisements

Berapakah ukuran standard ban GTR?

Ukuran Ban GTR adalah 120/70 – 17 untuk ban bagian belakang. Sedang untuk ban bagian depannya memiliki ukuran sebesar 90/80 – 17. Ukuran ban ini merupakan kombinasi yang cukup kekar dibandingkan dengan ban motor bebek lainnya.

Di bawah ini telah kami rangkum penjelasan terkait ukuran ban GTR yang dapat Anda ketahui, yaitu:

Daftar Isi:

  • Standard Ukuran Ban GTR yang Tepat
  • Merk Ban GTR yang Bisa Anda Gunakan
  • Kesalahan Perawatan Ban GTR yang Harus Dihindari
  • Penyebab Ban GTR Rusak
Advertisements

Ukuran Ban GTR yang Tepat

Banyak yang belum mengetahui bahwa GTR adalah penyebutan untuk motor Honda Supra GTR. Maka dari itu Anda bisa mencari komponen pelengkap kendaraan untuk motor GTR, sama dengan komponen motor Supra GTR.

Ukuran ban depan untuk motor Supra GTR adalah 90/80 – 17. Lalu untuk ukuran ban bagian belakangnya adalah 120/70 – 17.  Dari segi ukuran ban tersebut dapat diketahui bahwa kaki-kaki motor GTR akan terlihat lebih tangguh.

Rekomendasi Merk Ban Supra GTR yang Bagus

Di bawah ini adalah merk ban GTR yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Aspira Premio Sportivo 90/80 – 17 Rp. 343.000
  • Michelin Pilot Street 90/80 – 17 Rp. 477.000
  • Corsa R99 90/80 – 17 Rp. 315.000
  • Corsa B – Track 90/80 – 17 Rp. 277.000
  • Irc Tubeless 120/70 Nr83 Rp. 675.000
  • Pirelli angel City 90/80 – 17 M/Ctl 46s Rp. 347.000
  • Ahm GTR 42711k56n10 Rp. 487.000
  • Irc Tubeless MX King GTR Nf67 120/70 R17 Rp. 384.000
  • Maxxis Extramaxx GTR Tubeless Rp. 828.000
  • Corsa R26 R17 Platinum Rp. 335.000
  • Michelin Pilot Street 120/70 – 17 Tubeless Rp. 549.000
Advertisements

Saat ini Anda bisa membeli ban GTR Anda melalui aplikasi Shopee. Pilihlah merk ban yang Anda inginkan dengan mudah. Klik link berikut ini untuk terhubung pada aplikasi Shopee.

Kesalahan Perawatan Ban Motor GTR

Berikut merupakan kumpulan kesalahan di dalam perawatan ban GTR yang harus Anda hindari, yaitu:

Membiarkan Ban Motor Kotor

Sering kali pengguna tidak terlalu memperhatikan kalau ban kendaraannya kotor. Padahal hal ini adalah salah satu sikap yang harus dihindari. Debu, tanah, air, lumpur dan kerikil yang ada pada ban dapat menyebabkan korosi jika tidak segera dibersihkan.

Tidak Menyesuaikan dengan Ukuran Standardnya

Modifikasi kendaraan memang bisa Anda lakukan. Namun upayakan untuk selalu menggunakan patokan ukuran standard dalam melakukan modifikasi. Jangan lakukan inch up terlalu jauh dengan ukuran standard yang ada..

Tidak Melihat Jenis Ban

Ban memiliki jenis dan type yang berbeda-beda. Jenis-jenis tersebut akan berkaitan dengan jangkauan medan yang akan Anda lewati. Maka dari itu pastikan untuk memperhatikan pemilihan jenis ban untuk medan jalan kendaraan Anda.

Tidak Memperhatikan Tekanan Angin Pada Ban

Tekanan angin di dalam ban adalah salah satu indikator yang harus diperhatikan. Dalam pengisiannya tekanan angin haruslah pas, tidak berlebihan dan juga kekurangan. Kurang lebih dari pengisian tekanan angin dapat menimbulkan kerusakan apda ban.

Memarkir Kendaraan Di Bawah Terik Matahari

Ban yang terlalu sering terpapar energi panas dapat merusak karet pada ban. Hal ini dapat dilihat dari ban yang timbul keretakan hingga ban yang meledak.

Penyebab Ban Motor GTR Rusak

Di bawah ini adalah beberapa penyebab ban GTR Anda rusak, yaitu:

Advertisements

Ban Terkena Paku

Paku termasuk benda tajam yang sering kali mengenai kendaraan di jalan raya. Ban yang terkena paku dapat bocor dan berbahaya jika digunakan. Sedangkan jika terlalu sering dilakukan penambalan ban juga bisa rusak.

Mengendarai Ban dengan Tekanan Angin yang Kurang

Kondisi ban dengan tekanan angin yang kurang idealnya tidak boleh untuk dikendarai. Hal ini karena ban tidak memiliki cukup daya untuk meredam tekanannya. Alhasil ban akan terbentur dengan jalanan bahkan velg kendaraan.

Kualitas Ban yang Buruk

Salah satu penyebab ban cepat rusak adalah membeli ban dengan kualitas yang buruk. Saat ini dipasaran terdapat ban daur ulang yang bisa Anda gunakan. Terlepas dari fakta bahwa harga relatif lebih murah, namun usia pakainya juga lebih singkat.

Usia Ban yang Sudah Tua

Layaknya komponen kendaraan lainnya, ban juga mempunyai usia pakai yang harus Anda ketahui. Ban yang sudah berusia tua jelas rusak dan harus diganti. Hal ini karena kemampuan ban akan berkurang dan berbahaya jika digunakan.