Ukuran Ban GSX R150, S150, dan 150 Bandit

Ukuran Ban GSX – Motor Suzuki GSX R150 merupakan salah satu jenis motor sport yang diminati banyak orang. Seringkali motor GSX R150 dilakukan modifikasi pada ban nya agar tampilannya lebih menarik.

Advertisements

Lalu berapa ukuran ban GSX? Ukuran ban GSX R150, GSX S150, dan GSX 150 Bandit adalah 90/18 – 17 untuk ban depan dan 130/70 – 17 untuk ban belakang.

Berikut adalah beberapa pembahasan tentang ukuran ban GSX pada artikel ini:

  • Ukuran Ban Suzuki GSX Semua Tipe
  • Rekomendasi dan Harga Ban GSX
  • Ganti Ukuran Ban Motor GSX Untuk Harian
  • Akibat Ganti Ukuran Ban Motor Suzuki GSX
  • Tips Merawat Ban Suzuki GSX agar Lebih Awet
Advertisements

Ukuran Ban Suzuki GSX Semua Tipe

Motor Suzuki GSX 150 series memiliki ukuran ban yang sama. Berikut ini ukuran ban Suzuki GSX 150 series:

Tipe MotorUkuran Ban DepanUkuran Ban Belakang
GSX R15090/80 Ring 17130/70 Ring 17
GSX S15090/80 Ring 17130/70 Ring 17
GSX 150 Bandit90/80 Ring 17130/70 Ring 17

Pembelian ban GSX berbagai macam merk juga bisa Anda lakukan secara online melalui aplikasi Shopee. Anda bisa mendapatkan gratis ongkir untuk setiap pembelian produknya. Silahkan tekan tombol di bawah ini untuk melihat produknya.

Rekomendasi dan Harga Ban GSX

Advertisements

Ada banyak merk ban yang bagus untuk motor Suzuki GSX. Berikut beberapa rekomendasi merk ban GSX yang bagus.

  • Pielii Diablo Supercorsa (Rp. 2.000.000)
  • Aspira Premio Sportivo (Rp. 350.000)
  • Zeneos ZN 75 (Rp. 260.000)
  • Michelin Pilot Street (Rp. 370.000)

Ganti Ukuran Ban Motor GSX Untuk Harian

Penggantian ukuran ban motor GSX tidak bisa dilakukan sembarangan. Jika ukuran ban GSX diganti terlalu besar bisa membuat mentok pada swing arm sehingga kenyamanan berkendara menjadi terganggu.

Lalu berapa ukuran ban GSX yang pas untuk harian?

Agar berkendara tetap nyaman, sebaiknya ukuran maksimal ban GSX dinaikkan satu tingkat dari ukuran standarnya baik untuk ban depan ataupun belakang.

Jika ban standar GSX berukuran 90/80, maka Anda bisa naikkan menjadi 100/70 untuk ban depan dan 140/70 untuk ban belakang. Ukuran tersebut dirasa sudah pas untuk pemakaian motor GSX sehari – hari.

Akibat Ganti Ukuran Ban Motor Suzuki GSX

Advertisements

Untuk mendapatkan tampilan yang lebih gahar, pemiliki motor GSX melakukan modifikasi dengan menaikkan ukuran bannya.

Namun perlu Anda ketahui, mengganti ukuran ban menjadi lebih besar ataupun lebih kecil memiliki dampak tertentu. Berikut adalah akibat mengganti ukuran ban motor Suzuki GSX.

Ganti Ukuran Ban GSX Lebih Besar

Menaikkan ukuran ban GSX menjadi lebih besar membuat motor GSX terlihat lebih gahar dan stabilitas motor menjadi lebih baik.

Namun efek buruk menaikkan ukuran ban motor Suzuki GSX adalah membuat mesin motor cepat panas, usia mesin lebih pendek, serta konsumsi bahan bakar jadi lebih boros.

Ganti Ukuran Ban GSX Lebih Kecil

Mengganti ukuran ban GSX dengan ukuran yang lebih kecil memang membuat kinerja mesin menjadi lebih ringan. Namun efek buruknya laju motor menjadi lebih kencang dan keseimbangan motor menjadi terganggu. Akibatnya motor bisa mudah oleng.

Tips Merawat Ban Suzuki GSX agar Lebih Awet

Untuk menjaga keawetan ban motor, Anda perlu melakukan beberapa perawatan tertentu. Berikut ini beberapa tips untuk merawat ban motor GSX agar lebih awet.

Pastikan tekanan angina ban motor sesuai

Jangan kendarai motor GSX Anda saat kondisi ban kempes. Karena ban motor yang kempes memiliki resiko bocor dan juga permukaannya cepat halus. Anda perlu memastikan tekanan angina ban harus sesuai sebelum motor digunakan.

Jangan membawa beban terlalu berat

Setiap ban motor memiliki batas maksimal untuk mengangkut ban. Jika beban yang diangkut motor terlalu berat, maka ban motor bisa saja retak atau bahkan bisa pecah. Kondisi tersebut tentu akan membahayakan pengendara jika ban tiba – tiba pecah di tengah jalan.

Jangan parkir motor GSX di bawah terik matahari

Panasnya terik matahari bisa membuat tekanan angin ban meningkat. Akibatnya, ban motor GSX bisa pecah. Untuk mengurangi resiko peningkatan suhu akibat panas matahari, Anda bisa megisi angina ban menggunakan nitrogen.

Rutin cek kondisi ban

Kerusakan ban bisa juga terjadi akibat komponen pada roda motor yang mulai aus seperti velg yang peyang ataupun komponen ban lainnya. Oleh sebab itu, pengecekan secara rutin perlu dilakukan untuk memantau kondisi ban.

Pada umumnya, ban motor mulai terlihat halus saat jarak tempuh motor mencapai 10.000 – 12.000 km. oleh sebab itu, disarankan mengganti ukuran ban motor GSX setiap 3 tahun sekali.