Ukuran Ban Gran Max dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban Gran Max – ukuran standar ban merupakan pengetahuan dasar yang perlu diketahui oleh setiap pemilik mobil, karena setiap ban mobil memiliki ukuran standar yang berbeda. Begitu juga dengan Daihatsu Gran Max yang memiliki  ukuran ban tersendiri.

Advertisements

Lalu berapa ukuran ban Gran Max? Ukuran ban Gran Max MB adalah 165 R13-C dan ukuran ban Grand Max PickUp adalah 175 R13-8PR.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai ukuran ban Gran Max, anda bisa menyimak artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Gran Max
  • Rekomendasi Ban Gran Max
  • Tips Merawat Ban Gran Max
  • Penyebab Ban Daihatsu Gran Max Rusak

Ukuran Ban Gran Max

Di bawah ini adalah ukuran standar ban Gran Max yang disajikan dalam bentuk tabel :

Advertisements
Tipe MobilStandar Ukuran Ban
Gran Max MB165 R13-C
Gran Max PickUp175 R13-8PR

Dalam melakukan perawatan dan pernggantian ban, anda perlu mengetahui standar ukuran ban. hal ini untuk menghindari adanya kesalahan dalam pembelian ban Gran Max anda.

Rekomendasi Ban Mobil Gran Max

Bagi anda yang mengganti ban Gran Max anda, kami mempunyai rekomendasi ban berkualitas yang cocok pada Grand Max, berikut rekomendasinya :

  • GT Radial Maxmiller Pro ukuran 165 R13 harga sekitar Rp. 546.000
  • Achilles Dura Grip II ukuran 165 R13 harga sekitar Rp. 588.000
  • Michelin Agilis ukuran 165 R13 harga sekitar Rp. 967.000
  • Dunlop LT5 ukuran 175 R13 harga sekitar Rp.550.000
  • GT Radial T120SS ukuran 175 R13 harga sekitar Rp. 580.000
  • Bridgestone Duravis R624 ukuran 175 R13 harga sekitar Rp. 694.000

Anda bisa membeli produk rekomendasi di atas di toko otomotif sekitar anda. Anda juga bisa membelinya di toko otomotif online terpercaya via Shopee, selain itu anda bisa mendapatkan gratis ongkir yang berlaku. Silahkan klik link berikut untuk melihat produk di Shopee.

Advertisements

Penyebab Ban Mobil Grand Max Cepat Rusak

Selain termakan usia pemakaian, bna juga bisa mengalami kerusakan yang disebabkan dari berbagai faktor. Berikut beberapa penyebab ban Gran Max anda cepat rusak :

  • Kualitas ban yang digunakan buruk
  • Ukuran ban tidak sesuai dengan spesifikasi
  • Tekanan angin ban tidak stabil
  • Mengangkut beban muatan melebihi batas maksimum
  • Terlalu sering melewati jalan rusak dan tidak rata dengan kecepatan tinggi
  • Sering melakukan pengereman saat kendaraan melaju dengan kencang
  • Tidak secara rutin melakukan pemeriksaan

Tips Merawat Ban Daihatsu Gran Max

Untuk mencegah adanya kerusakan fatal sebelum masa penggantian ban, anda perlu melakukan perawatan pada ban anda. Berikut ini beberapa tips dalam merawat ban Gran Max yang bisa anda ikuti :

Advertisements

Pastikan secara rutin tekanan ban stabil

Periksa secara berkala tekanan angin pada ban anda stabil, artinya tekanan angin tidak kurang dan tidak lebih. Tekanan angin yang kurang berisiko merusak ban serta velg, dan tekanan angin yang berlebih akan membuat ban pecah. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Lakukan rotasi ban

Meskipun ban digunakan secara bersamaan namun tidak menjamin tingkat keausan akan merata. Hal tersebut bergantung pada gaya mengemudi, beban kendaraan, dan kondisi kaki mobil. Usahakan untuk rutin melakukan rotasi ban. Idealnya rotasi ban dilakukan setelah jarak tempuh mencapai  5000-10.000 km.

Kurangi kecepatan saat melewati jalan rusak

Saat anda melewati jalan yang rusak dan tidak rata usahakan untuk tidak mengebut dan kurangi kecepatan berkendara anda. Karena benturan yang keras, bisa merusak ban anda.

Hindari pengereman mendadak saat mobil melaju kencang

Pengereman mendadak saat mobil sedang melaju dengan kencang dapat menyebabkan ban mobil cepat aus dan mobil akan sulit dikendalikan.

Hindari membawa muatan berlebihan

Meskipun Gran Max merupakan kendaraan dengan skala muatan besar, namun Grand Max juga memiliki batas beban maksimal. Beban yang berlebihan juga akan berisiko merusak ban mobil. Gran Max PickUp bisa menampung maksimal 800 kg dan Grand Max MB bisa menampung 750 kg.

Lakukan pemeriksaan rutin

Jangan lupa membawa mobil anda untuk pemeriksaan rutin pada bengkel resmi, hal ini bertujuan unuk memeriksa kondisi ban dan performa ban, serta komponen mobil lainnya.