Ukuran Ban Freed dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban Freed – Setiap mobil memiliki ukuran ban yang berbeda-beda, begitu pula dengan ukuran ban Honda Freed. Jadi jangan sampai salah ketika anda harus mengganti ban mobil anda.

Advertisements

Lantas berapa ukuran standar ban Freed? Ukuran standar ban Freed adalah 185/65 R15 dengan tekanan angin ban depan dan belakang 30 Psi

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai ukuran ban Honda Freed anda bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Freed
  • Rekomendasi Ban Honda Freed
  • Tanda-tanda Ban Honda Freed perlu diganti
  • Tips Merawat Ban Freed Agar Awet
  • Penyebab Ban Honda Freed Cepat Rusak
Advertisements

Ukuran Ban Freed

Sebelum mengganti ban Honda Freed, anda sebaiknya mengetahui ukuran standar Honda Freed anda, sehingga dapat anda jadikan patokan agar tidak sampai salah ketika membeli ban.

Honda Freed memakai ukuran standar ban 185/65 R15 dengan tekanan angin ban pada bagian depan dan belakang 30 Psi.

Bagi anda yang ingin memodifikasi ban Honda Freed anda bisa melakukan modifikasi dengan melakukan inch up, rekomendasi aman 1-2 inch lebih besar dari ukuran standar.

Rekomendasi Ban Mobil Freed

Agar memudahkan anda mengetahu merk ban mobil terbaik untuk mobil Honda Freed. Berikut beberapa rekomendasi ban yang bisa digunakan untuk pertimbangkan:

  • Achilles 122 Rp. 509.000
  • Dunlop SP300 Rp. 550.000
  • GT Radia Champiro Ecotech RP. 564.200
  • Bridgestone Ecopia RP. 717.000
  • Yokohama blueart ES32 Rp. 785.000
  • Michelin Energy XM2+ Rp. 1.083.000
  • Bridgestone Turanza Rp. 1.107.000

Jika anda ingin membeli ban Honda Freed original dengan berbagai harga promo, anda bisa memebelinya melalui Shopee. Anda juga bisa mendapatkan gratis biaya pengiriman. Klik tombol di bawah ini untuk mengunjungi toko otomotif Shopee.

Advertisements

Penyebab Ban Honda Freed Rusak

Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan ban Honda Freed rusak, berikut beberapa faktor penyebab yang bisa anda ketahui :

  • Kualitas ban yang digunakan kurang baik
  • Tekanan angin ban tidak stabil
  • Sering digunakan pada medan jalan yang rusak dan tidak rata
  • Menggunakan ukuran ban yang tidak sesuai
  • Tidak melakukan perawata rutin

Tanda-tanda Ban Mobil Freed Perlu Diganti

Sebagai mana komponen pada mobil lainnya, ban juga memiliki usia maksimum pemakaian. Jika ban sudah melampui usia maksimum pemakaian ataupun ban menunjukkan adanya kerusakan dini, maka ban perlu diganti.

Berikut tanda-tanda ban Honda Freed anda perlu diganti:

Advertisements

Usia ban memasuki usia ganti

Pada umumnya  waktu yang idea dan disarankan untuk mengganti ban adalah setelah pemakaian selama 3 tahun atau jika jarak tempu ban mencapai 40.000 km. hal ini dikarenakan pada usia dan jarak tempuh tersebt kelenturan ban yang dihasilkan sudah berkurang dan kemungkinan ban sudah aus dan menipis.

Ketebalan ban sudah melebihi TWI

TWI merupakan tread wear indicator atau batas keausan ban. Ban yang sudah mencapai TWI akan membayakan pada keselamatan karena ban yang sudah tipis dan halus dapat menyebabkan ban mudah tergelincir dan kendaraan susah dikendalikan.

Anda bisa mengetahui batas TWI pada lambang segitiga kecil yang berada pada bagian tepi ban. Jika kembang pada ban mencapai TWI maka ban harus diganti

Ban bagian tengah sudah gundul

Pada frekuensi pemakaian yang tinggi dapat mengakibatkan ban bagian tengah menggundul, meskipun kembang ban belum mencapai TWI, namun jika ban sudah gundul, sebaiknya segera ganti ban anda. Hal ini demi keselamatan dan kenyamanan anda saat berkendara.

Adanya retakan pada ban

Terjadinya retakan pada ban biasanya dikarenakan kendaraan digunakan di medan yang panas. Segera ganti ban anda bila terlihat ada retakan.

Tips Merawat Ban Freed Agar Awet

Untuk mencegah adanya kerusakan dini pada ban dan memperpanjang ban hingga batas usia pakai. Terdapat beberapa tips merawat Ban Honda Freed anda yang dapat anda ikuti, berikut Tipsnya :

Hindari jalan rusak dan berlubang

Usahakan untuk tidak melewati rute jalan yang rusak dan tidak rata, apabila rute tidak dapat dihindari, kurangi kecepatan anda dan usahakan untuk mengebut.

Hindari pengereman ban mendadak pada kecepatan tinggi

Ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi hindari untuk melakukan dadakan, hal tersebut bisa membuat ban cepat aus dan menipis serta mobil anda bisa oleng dan sulit dikendalikan.

Pastikan tekanan angin ban cukup

Cek secara rutin tekanan angina ban anda, tekanan angin ban yang kurang dapat merusak ban dan velg anda, dan tekanan angina yang terlalu tinggi dapat berisiko ban meledak dan pecah, selain itu juga, tekanan angina yang tida stabil dapat mengganggu kenyamanan anda saat berkendara.

Lakukan pemeriksaan rutin

Lakukan pemeriksaan mandiri pada mobil dengan mengamati keadaan ban, seperti tingkat keausan, tekanan angin dan apakah ada partikel asing tajam yang menempel pada ban. Dan jangan sampai lupa melakukan pemeriksaan dan servis rutin ke bengkel resmi mobil anda.