Ukuran Ban Civic dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban Civic – Mengetahui ukuran standar ban merupakan hal dasar yang perlu diketahui oleh para pemilik mobil, karena setiap mobil memiliki ukuran yang berbeda. Begitu pula dengan Honda Civic yang memiliki ukuran berbeda berdasarkan tipenya.

Advertisements

Lalu berapa ukuran ban Civic? Ukuran ban civic turbo adalah 215/50 R17, Civic FD adalah 205/55 R16, Civic Genio adalah 185/60 R14, dan Civic type R adalah 225/40 R18.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai ukuran ban Civic, anda bisa membaca artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Civic
  • Tanda-Tanda Ban Honda Civic Perlu Diganti
  • Tips Merawat Ban Honda Civic
  • Penyebab Ban Honda Civic Cepat Rusak
Advertisements

Ukuran Ban Civic

Honda Civic mempunyai ukuran ban yang berbeda pada setiap tipenya, agar tidak sampai salah ketika anda harus mengganti ban anda, sebaiknya anda mengetahui ukuran standarnya untuk dijadikan sebagai patokan.

Berikut ini ukuran ban Honda Civic :

Tipe CivicUkuran Ban
Civic Turbo215/50 R17
Civic FD205/55 R16
Civic Genio185/60 R14
Civic Type R245/30 R20

Apabila anda sedang mencari ban original Honda Civic, anda bisa membelinya di toko otomotif via Shopee. Anda juga bisa mendapatkan harga promo serta gratis biaya pengiriman ke seluruh Indonesia. Klik tombol di bawah ini untuk melihat produknya.

Advertisements

Tips Merawat Ban Mobil Civic

Untuk menjaga kondisi tetap prima dan mencegah agar ban tidak mengalami kerusakan sebelum batas usia maksimum pemakaian, terdapat beberapa tips merawat ban Honda Civic yang bisa bisa anda ikuti, berikut tipsnya :

Pastikan tekanan ban stabil

Sesuaikan tekanan angin ban anda, dengan standar tekanan yang direkomendasikan oleh pabrik. Karena tekanan angin yang kurang dapat merusak ban dan velg mobil, dan tekanan angin  yang terlalu tinggi bisa membuat ban meledak atau pecah. Selain itu, tekanan yang tidak stabil pastinya akan mengganggu kenyamanan anda saat berkendara.

Hindari jalan yang rusak dan tidak rata

Hindari memilih rute jalan yang rusak dan rata, apabila tidak ada pilihan rute jalan lainnya sebaiknya anda mengurangi kecepatan kendaraan anda dan tidak mengebut di jalanan yang tidak rata.

Hindari pengereman mendadak pada kecepatan tinggi

Hindari kebiasaan mengerem dadakan ketika kendaraan anda sedang melaju dengan kecepatan tinggi, hal ini dapat menyebabkan ban cepat aus, akibatnya ban cepat menipis dan mobil akan susah dikendalikan. 

Lakukan pemeriksaan secara berkala

Anda bisa melukan pemeriksaan mandiri pada mobil anda dengan mengamati kondisi fisik ban, seperti ketebalan ban dan tingkat keausan ban. Dan tentu saja jangan lupa membawa mobil ke bengkel resmi untuk pemeriksaan serta servis rutin, sehingga anda tau lebih detail mengenai kondisi ban mobil anda.

Penyebab Ban Honda Civic Cepat Rusak

Ada beberapa faktor yang menyebabkan ban Honda Civic rusak, berikut diantaranya:

Advertisements
  • Pemilihan kualitas an yang buruk
  • Tekanan angin ban tidak stabil
  • Sering melalui medan jalan rusak
  • Menggunakan ukuran ban yang tidak sesuai
  • Tidak melakukan pemeriksaan dan servis rutin

Tanda-Tanda Ban Mobil Civic Perlu Diganti

Selain memiliki masa maksimal pemakaian, ban juga berisiko mengalami kerusakan dini yang bisa diakibatkan oleh beberapa faktor, berikut tanda-tanda ban Honda Civic anda perlu diganti :

Usia ban sudah masuk usia maksimum pemakaian

usia maksimum ban yang direkomendasikan untuk diganti adalah setelah masuk 3 tahun, atau ketika jarak tempuh mobil Honda Civic anda sudah mencapai 40.000 km. Pada jarak tempuh dan usia tersebut tingkat ketebalan dan kelenturan ban sudah sangat berkurang dan mencapai batas maksimal.

Ketebalan ban sudah melewati TWI

Batas maksimum ketebalan ban dapat dilihat melalui TWI (tread wear indicator) atau merupakan tanda dengan lambing segitiga kecil pada bagian sisi ban. Bila permukaan ban sudah menyentuh ujung segitiga sebaiknya anda segera mengganti ban anda.

Ban bagian tengah sudah gundul

 pada mobil dengan frekuensi penggunaan yang tinggi bisa membuat ban bagian tenga cepat gundul, walaupun tingkat ketebalan ban belum menyentuh TWI namun ban bagian tengan sudah gundul sebaiknya segera ganti ban anda. Karena pada keadaan ini daya cengkram ban sudah sangat berkurang.

Adanya retakan pada ban 

Jika terlihat adanya retakan pada ban, sebaiknya segera ganti ban anda.