Ukuran Ban Chevrolet dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban Chevrolet – Saat melakukan penggantian ban mobil Chevrolet, sebaiknya ketahui terlebih dahulu ukuran standar ban, agar mendapatkan kenyamanan saat berkendara. Untuk mengetahui ukuran ban Chevrolet spark, colorado, dan tipe lainnya, silahkan simak artikel di bawah ini.

Advertisements

Berapa ukuran ban Chevrolet? Ukuran ban Chevrolet Colorado adalah 245/70 dengan konstruksi radial dan diameter 16 inchi. Setiap tipe Chevrolet memiliki ukuran ban standar masing – masing.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Chevrolet
  • Ciri – Ciri Ban Mobil Chevrolet Harus Diganti
  • Dampak Ganti Ukuran Ban Chevrolet Lebih Besar
  • Rekomendasi Merk dan Harga Ban Chevrolet
Advertisements

Ukuran Ban Mobil Chevrolet

Di bawah ini merupakan daftar ukuran ban Chevrolet sesuai dengan tipenya.

Tipe MobilUkuran Ban
Chevrolet Aveo185/60 R14
Chevrolet Aveo LI195/55 R15
Chevrolet Aveo New LS195/65 R15
Chevrolet Aveo New LT205/55 R16
Chevrolet Camaro245/45 (Diameter 20) dan 275/40 R20
Chevrolet Captiva215/65 R16
Chevrolet Captiva New235/60 R17
Chevrolet Colorado245/70 R16
Chevrolet Cruze205/65 R16
Chevrolet Optra195/55 R15
Chevrolet Safira195/65 R15
Chevrolet Kalos185/55 R15
Chevrolet Orlando225/50 R17
Chevrolet Spin195/65 R15
Chevrolet Sparks165/65 R13
Chevrolet Sparks (All New)155/70 R14
Chevrolet Trail Blazer 2.8265/60 R18
Chevrolet Trail Blazer 2.5245/70 R16
Chevrolet Trax205/70 R16
Chevrolet Zafira195/65 R15
Advertisements

Selain memberikan kenyamanan, ban Chevrolet dengan ukuran standar memiliki peran penting dalam keselamatan pegendara.

Jika mobil menggunakan ban dengan ukuran yang lebih kecil dari standar, maka ban dapat pecah karena tidak dapat menopang beban kendaraan.

Namun, jika Anda terpakasa melakukan penggantian ban dengan ukuran yang tidak sesuai standar, sebaiknya gunakan ukuran ban 2 tingkat lebih besar (upgrade). Meskipun begitu, sebaiknya ketahui juga dampak apa saja yang akan timbul saat mengganti ban dengan ukuran lebih besar.

Bagi Anda yang hendak mengganti ban mobil Chevrolet melalui online, Anda dapat mengecek ketersediaan di Shopee. Dengan melalui tombol di bawah, Anda akan bisa mendapatkan potongan harga dan gratis ongkir sesuai dengan ketersediaan.

Rekomendasi Merk dan Harga Ban Mobil Chevrolet

Di bawah ini merupakan beberapa rekomendasi ban Chevrolet beserta harganya.

Advertisements
  • Ban Chevrolet Aveo Michelin Energy XM2+ (185/60 R14), Rp. 970.000
  • Ban Chevrolet Captiva Sport LS Michelin Primacy SUV (235/60 R17), Rp. 1.848.000
  • Ban Chevrolet Spin GT Radial Champiro Eco (195/65 R15), Rp. 543.000.

Dampak Ganti Ukuran Ban Chevrolet Lebih Besar

Berikut beberapa dampak yang terjadi jika Anda mengganti ukuran ban Chevrolet lebih besar.

  • Konsumsi bahan bakar semakin tinggi
  • Setir menjadi lebih berat
  • Usia penggunaan ban berkurang
  • Dapat menyebabkan error speedometer dan odometer

Untuk itu, jika Anda ingin mengupgrade ukuran ban mobil Chevrolet, sebaiknya lakukan diskusi terlebih dahulu dengan ahlinya.

Ciri – Ciri Ban Mobil Chevrolet Harus Diganti

Sebelum mengalami kerusakan yang lebih parah, sebaiknya ketahui ketahui ciri – ciri ban mobil Chevrolet harus diganti, yaitu :

Usia pemakaian ban yang melebihi batas

Sebenarnya untuk ketentuan usia penggantian mobil tidak ada. Namun, perlu diketahui ban merupakan komponen yang terbuat dari karet yang memiliki sifat elastis untuk meredam getaran.

Dengan waktu pemakaiannya yang cukup lama, sifat elastis karet dapat berkurang dan mengeras, sehingga kinerja ban menjadi tidak optimal. Secara ideal, ban akan terasa mengeras setelah berusia lebih dari 3 tahun.

Ketebalan ban sudah menipis dan bergelombang

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, ketika ketebalan pada alur ban dibawah 1 milimeter, sebaiknya Anda segera melakukan penggantian. Jika ban tersebut tetap digunakan, maka saat melewati jalan yang tergenang air, ban tidak dapat membuang air sehingga dapat membahayakan keselamatan.

Terdapat benjolan pada ban

Jika pada sisi ban terutama pada sisi dinding terdapat benjolan, biasanya disebabkan ban menerima benturan yang keras pada saat kecepatan tinggi. Hal ini dikarenakan, kawat atau serat nilon sabuk ban terputus.

Apabila mobil tetap dikendari dengan kondisi ban seperti itu, secara terus menerus, maka semakin lama ban tidak dapat menahan beban berat, dan dapat meletus.

Kondisi ban yang tidak seimbang

Saat melakukan balanced / penyeimbangan ban, menunjukkan bahwa ban bergerak kanan – kiri atau atas – bawah, dan velg normal, maka pertanda ban tdak seimbang dan perlu untuk diganti.

Banyak luka pada ban dan bekas tambalan

Selain luka pada ban dapat menimbulkan lapisan dalam ban sobek, ban yang mengalami kebocoran berulang kali, dan membuat bekas tambalan yang cukup banyak, hal ini dapat menyebabkan kinerja ban menurun.

Pada saat berkendara dengan kecepatan yang tinggi, dapat menimbulkan suhu yang bertambah tinggi pada ban, sehingga tambalan ban lepas.

Timbul retakan pada ban

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya retakan pada ban, yaitu usia, cairan kimia, dan suhu. Biasanya retakan akan muncul pada bagian dinding ban. Apabila hal ini terjadi, dapat membuat kemampuan ban menurun secara signifikan, dan harus segera dilakukan penggantian.

Terjadi pengelupasan alur ban

Jika pada lapisan ban ditemukan bagian yang mengelupas, sebaiknya segera lakukan peggantian ban mobil Chevrolet. Biasanya pengelupasan ban terjadi pada bagian alur ban.

Telah menempuh jarak ±40 Km

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan, ban yang terpasang sempurna, akan memiliki batas usia pengggunaan setelah mencapai jarak tempuh 40.000 Km. Jika lebih dari itu, kemungkinan daya cengkeram ban semakin berkurang.