Ukuran Ban CBR dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban CBR – Banyak pemilik motor Honda CBR yang ingin mempercantik tampilan motornya dengan mengganti ukuran ban. Namun sebelum itu, pemilik motor harus mengetahui dulu ukuran standar ban  CBR yang digunakan.

Advertisements

Lalu berapa ukuran ban CBR? Ukuran ban CBR 150 adalah 100/80 – 17 untuk ban depan dan 130/70 – 17 untuk ban belakang. Sedangkan ukuran ban CBR250RR adalah 110/70 – 17 untuk ban deoan dan 140/70 – 17 untuk ban belakang.

Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang ban CBR, silahkan baca penjelasan di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Honda CBR
  • Upgrade Ukuran Ban Honda CBR
  • Rekomendasi Merk Ban Honda CBR yang Bagus
  • Penyebab Ban Motor Honda CBR Rusak
  • Tips Merawat Ban Motor CBR Agar Lebih Awet

Ukuran Ban Honda CBR

Berikut ini ukuran ban Honda CBR beberapa tipe:

Tipe MotorUkuran Ban DepanUkuran Ban Belakang
Honda CBR 150100/80 – 17130/70 – 17
Honda CBR 250 RR110/70 – 17140/70 – 17
Advertisements

Jika Anda sedang mencari ban motor Honda CBR dengan harga yang terjangkau, Anda bisa membelinya melalui Shopee. Ada banyak promo dan voucher gratis ongkir untuk pengiriman ke seluruh Indonesia. Silahkan klik tombol di bawah ini untuk menuju ke link tokonya.

Upgrade Ukuran Ban Honda CBR

Banyak pengguna Honda CBR yang mengganti ukuran bannya menjadi lebih besar agar tampilannya lebih kekar dan menarik. Namun peggantian ukuran ban tersebut ada aturannya sendiri jika tidak ingin melakukan modifikasi pada bagian motor.

Lalu berapa upgrade ukuran ban Honda CBR yang ideal?

Advertisements

Untuk CBR 150, upgrade ukuran ban yang disarankan adalah 110/70 – 17 untuk ban depan, naik satu tingkat dari ukuran standarnya. Sedangkan untuk ban belakang bisa upgrade 2 tingkat ke ukuran 150/60 – 17.

Jika upgrade ukuran ban CBR yang digunakan terlalu tinggi, bisa menyebabkan mentok di shockbreakernya. Namun Anda bisa melakukan modifikasi pada swing arm CBR jika ingin menggunakan ukuran ban yang lebih besar.

Rekomendasi Merk Ban Honda CBR yang Bagus

Banyak merk ban yang bisa Anda gunakan untuk motor CBR. Anda bisa memilih merk dan ukuran yang sesuai untuk motor CBR yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa merk ban CBR yang bagus :

  • Michelin Ppilot Street (Rp. 804.000)
  • Zeneos ZN 62 (Rp. 720.000)
  • Corsa R99 (Rp. 610.000)
  • K45 (Rp. 323.000)
  • Aspira Ppremio Sportivo (Rp. 675.000)

Penyebab Ban Motor Honda CBR Rusak

Selain komponen motor yang sudah aus, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan ban motor CBR rusak. Berikut adalah beberapa penyebab ban motor CBR rusak yang harus Anda perhatikan:

Advertisements
  • Usia ban yang sudah lama
  • Tekanan angin ban CBR tidak stabil
  • Ukuran ban CBR yang dipakai tidak sesuai standar
  • Velg motor CBR sudah rusak atau peyang
  • Motor CBR sering melewati jalan yang berlubang dan tidak rata
  • Kaki – kaki motor CBR bermasalah

Oleh sebab itu, Anda perlu berhati – hati agar dapat terhindar dari permasalahan di atas.

Tips Merawat Ban Motor CBR Agar Lebih Awet

Ban motor memiliki fungsi yang sangat penting. Selain menahan getaran saat di jalan, ban motor juga berfungsi untuk mempermudah laju motor.

Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan beberapa perawatan untuk menjaga kondisi ban motor agar tetap awet.

Berikut adalah beberapa tips merawat ban motor CBR.

Gunakan ban CBR dengan ukuran standar

Sebelum melakukan modifikasi ban  CBR, sebaiknya Anda konsultasikan dulu ke mekanik mengenai ukuran upgrade ban yang ideal. Karena jika ukurannya tidak sesuai, bisa membuat ban cepat rusak dan kenyamanan berkendara akan terganggu.

Periksa tekanan angin ban CBR sebelum digunakan

Jika ingin berpergian menggunakan motor CBR Anda, sebaiknya pastikan tekanan angin bannya dalam kondisi stabil. Jangan sampai tekanan ban terlalu tinggi atau terlalu rendah. Anda bisa membawanya ke bengkel untuk pengisian angin ban dengan tekanan yang pas.

Perhatikan beban motor CBR

Pastikan motor CBR Anda mengangkut beban yang tidak melebihi batas. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kondisi ban agar tidak mengalami keretakan, botak, ataupun pecah.

Hindari melewati jalanan yang tidak rata dan berlubang

Menghantam batu dan lubang di jalan bisa membuat ban dan velg CBR rusak. Oleh sebab itu, kurangi kecepatan Anda saat melewati di medan yang berat. Berkendara dengan hati – hati mampu mengurasngi resiko menabrak lubang atau batu di jalan.

Hindari parkir motor CBR di bawah matahari

Saat motor diparkir di tempat yang panas, angin dalam ban akan memuai sehingga tekanan angin ban akan meningkat. Jika dilakukan secara terus menerus, bisa membuat ban CBR menjadi retak dan bahkan bisa pecah.

Lakukan servis motor CBR secara rutin

Bawa motor CBR Anda ke bengkel untuk servis rutin setiap 2 – 3 bulan sekali. Hal tersebut untuk memantau kondisi ban serta komponen motor CBR lainnya jika ada kerusakan.