Ukuran Ban Calya dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran ban Calya – Ukuran ban Calya standar sangat Anda butuhkan untuk perawatan dan penggantiannya. Perlu Anda ketahui bahwa ukuran yang tepat berpengaruh pada performa dan tampilannya.

Advertisements

Lalu berapa ukuran ban Calya? Ukuran ban Calya adalah 175/65 R14. Sedangkan jika hendak melakukan modifikasi ban, hanya direkomendasikan melakukan inch up sampai dengan 1 – 2.

Berikut ini adalah artikel lengkap mengenai ukuran ban Calya, yang bisa Anda ketahui.

Daftar Isi:

  • Ukuran Ban Calya
  • Rekomendasi Merk Ban Calya Terbaik
  • Tanda-tanda Ban Calya Perlu Diganti
  • Tips Perawatan Ban Calya yang Tepat
Advertisements

Ukuran Ban Mobil Calya

Pada mobil Calya ukuran standard ban yang digunakan adalah 175/65 R14. Meski demikian, Anda tetap bisa melakukan modifikasi dengan inch up sampai dengan 1-2 lebih besar daripada ukuran standardnya.

Pada saat melakukan modifikasi ukuran ban, pastikan Anda mengetahui patokan inch up tersebut. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan dan keamanan Anda ketika berkendara.

Rekomendasi Merk Ban Mobil Calya Terbaik

Sebenarnya ban untuk mobil Calya yang original adalah dari Brigestone Ecopia EP510. Meski demikian Anda tidak perlu risau, sebab saat ini terdapat banyak sekali rekomendasi merk ban yang bagus untuk mobil Calya.

Berikut ini adalah rekomendasi merk ban Calya terbaik, yaitu:

  • GT Radial Champiro BXT Pro Rp. 425.000
  • Hankook Kinergy EX Rp. 611.500
  • GT Radial Champiro Eco Rp. 390.000
  • Brigestone Turanza Rp. 635.000
  • Dunlop Touring R1 Rp. 460.000
  • GT Radial GTR 378 Rp. 435.000
  • GT Radial Champion BXT Plus Rp. 425.000
  • Hankook Kinergy EX Rp. 625.000

Jika Anda mencari market ban Calya dengan penawaran harga terbaik, silahkan untuk membeli pada aplikasi Shopee. Disini Anda akan mendapatkan banyak pilihn variasi ban, yang dapat Anda sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Advertisements

Tanda-tanda Ban Toyota Calya Perlu Diganti

Seperti halnya komponen pada kendaraan lainnya, ban juga memiliki usia pakai. Jika sudah melebihi usia pakai maka ban harus diganti dengan ban yang baru. Hal ini juga termasuk dalam perawatan kendaraan yang harus Anda lakukan.

Di bawah ini adalah tanda-tanda ban Calya sudah aus dan butuh diganti, yaitu:

Usia Ban yang Sudah Lama

Umumnya ban pada mobil memiliki usia pakai hingga 3 tahun. Jika sudah jatuh tempo atau melebihi usia tersebut maka ban mobil perlu diganti. Hal ini dikarenakan kelenturan ban yang dihasilkan dari karet ban sudah berkurang.

Karet ban yang sudah tidak lentur dan mengeras sangat tidak nyaman untuk digunakan.

Jarak Tempuh 40.000 Km

Jarak tempuh pada mobil juga dapat Anda jadikan patokan untuk mengetahui kapan ganti ban yang tepat. Pada umumnya bengkel menyarankan ganti ban ketika mobil sudah menempuh jarak 40.000 km.

Tapak Ban Pada Ketebalannya Sudah Melebihi Batas TWI

Advertisements

Bagi pemilik kendaraan TWI adalah Tread Wear Indicator, yang berarti batas keausan ban. Ban yang sudah melebihi batas TWI umumnya sudah tidak boleh digunakan. Sebab hal ini akan membayakan keselamatan ketika berkendara.

Untuk mengetahui batas TWI pada ban bisa anda lihat pada bagian segitiga kecil pada tepi ban. Jika kembang yang ada pada ban telah mencapai TWI, maka ban sudah harus diganti.

Ban Bagian Tengah yang Gundul

Pada pemakaian ban yang sudah terlalu lama, dapat Anda lihat kondisi ban bagian tengah yang sudah menggundul. Meskipun kembang ban masih bagus namun bagian tengahnya sudah gundul

Ban Sudah Retak

Retak pada ban sering kali terjadi pada bagian sisi samping ban. Hal ini dapat terjadi karena ban yang sering digunakan pada medan panas. Hal tersebut jika dibiarkan secara terus menerus dapat menyebbakan umur ban yang relatif lebih pendek.

Ban Terlalu Sering Ditambal

Ban biasanya akan ditambal jika terkena benda tajam ketika dipakai dijalan. Ban yang terlalu sering ditambal akan mengurangi kekuatan dan performa pada ban. Hal ini yang menyebabkan mengapa hal ini menjadi pertanda ban butuh diganti.

Tips Perawatan Ban Toyota Calya yang Tepat

Berikut ini adalah tips perawatan ban Calya yang bisa Anda lakukan, untu menjaga ketahanan ban Anda, yaitu:

Periksalah Tekanan Ban Secara Teratur

Memeriksa tekanan pada ban sangat membantu anda dalam menjaga kondisi ban mobil Calya Anda. Membiarkan tekanan ban yang kurang atau berlebihan juga akan berimbas pada kenyamanan Anda ketika berkendara.

Gantilah Ban dengan Spesifikasi yang  Tepat

Tiap-tiap kendaraan memiliki spesifikasi ukuran ban yang berbeda. Maka dari itu dalam mengganti ban mobil, pastikan untuk menyesuaikannya dengan ukuran dan standard yang telah ditentukan.

Periksalah Permukaan Ban dengan Cermat

Bagi pemilik kendaraan pastikan untuk memeriksa permukaan ban secara cermat dan rutin. Hal ini untuk mengetahui kondisi permukaan ban lebih awal, sehingga Anda dapat melakukan perawatan atau perbaikan tanpa menunggu kerusakan yang parah.

Hindarilah Jalanan yang Rusak

Sebagai salah satu komponen yang berhubungan langsung dengan jalanan, ban mobil dapat beresiko lebih mudah rusak. Salah satu faktor penyebabnya adalah terlalu sering digunakan pada jalanan yang rusak dan berlubang.