Advertisements
banner iklan

Ukuran Ban Byson dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran Ban Byson – Yamaha Byson meruapakan salah satu motor yang pertama diluncurkan tahun 2010. Yamaha Byson diproduksi dengan dua tipe, yaitu Byson Karbu dan Byson Injeksi (Fi). Meski begitu, kedua tipe ini memiliki ukuran ban yang sama.

Lalu berapa ukuran ban Byson? Ukuran ban depan Byson adalah 100/80 – 17 dan ukuran ban belakang Byson adalah 120/70 – 17. Ukuran tersebut merupakan ukuran standar pabrik.

Berikut adalah beberapa hal tentang ukuran ban Byson yang dibahas pada artikel ini.

  • Ukuran Ban Byson Injeksi dan Karbu
  • Upgrade Maksimal Ban Yamaha Byson
  • Merek Ban Yamaha Byson yang Bagus
  • Penyebab Ban Motor Yamaha Byson Rusak
  • Cara Merawat Ban Yamaha Byson agar Tahan Lama

Ukuran Ban Byson

Ukuran ban Yamaha Byson bisa dikatakan cukup besar. Hal inilah yang membuat tampilannya menjadi semakin sporty dan gagah.

Berikut adalah ukuran ban Yamaha Byson.

Tipe MotorUkuran Ban DepanUkuran Ban Belakang
Yamaha Byson Karbu100/80 – 17120/70 – 17
Yamaha Byson Injeksi100/80 – 17120/70 – 17
Advertisements

Ada banyak sekali pilihan ban Yamaha Byson yang bisa Anda dapatkan dengan harga murah di Shopee. Ada juga promo menarik dan gratis ongkir yang bisa Anda dapatkan.  Silahkan cek produknya melalui link di bawah ini.

Upgrade Maksimal Ban Yamaha Byson

Meskipun ukuran ban Yamaha Byson sudah tergolong besar, namun hal tersebut tidak menjadi alasan untuk menjadikan tampilannya agar tampak lebih gagah.

Lalu berapa ukuran ban maksimal untuk Yamaha Byson?

Untuk ban belakang Byson, Anda bisa mengubah ukurannya menjadi 160/60 – 17. Ukuran tersebut sudah termasuk ideal karena permukaan ban tidak terlalu mepet kolong spakbor dan tidak perlu melakukan perubahan apapun.

Sedangkan untuk ukuran ban depan, Anda bisa menaikkan satu tingkat diatas ukuran standarnya. Namun mengingat desain spakbor kiri dan kanan motor Byson mepet dengan ban, untuk lebih amannya Anda tetap menggunakan ukuran standar ban Byson saja.

Rekomendasi Merk Ban Motor Byson yang Bagus

Ada banyak merk ban aftermarket yang dijual dengan variasi harga yang bermacam – macam. Anda tinggal mencari ukuran ban yang sesuai. Berikut ini beberapa rekomendasi merk ban motor Byson:

  • Corsa R99 (Rp. 396.000)
  • Aspira Premio Sportivo (Rp. 455.000)
  • Michelin Pilot Street Rad (Rp. 1.180.000)
  • Dunlop TT900 Tubeless (Rp. 350.000)
  • IRC RX -01 R (Rp. 362.000)
Advertisements

Penyebab Ban Motor Byson Rusak

Berikut adalah bebrapa penyebab ban Yamaha Byson cepat mengalami kerusakan:

  • Kondisi ban motor Byson sudah mulai aus.
  • Ukuran ban tidak sesuai dengan spesifikasi velg Byson.
  • Tekanan angin ban motor Byson tidak sesuai.
  • Beban angkut motor Byson terlalu berat.
  • Gaya berkendara yang buruk.
  • Velg motor sudah bermasalah.

Ban motor yang tidak dirawat bisa menjadi penyebab ban menjadi lebih cepat rusak. Kerusakan ban motor Byson bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti dari usia ban ban yang sudah lama ataupun perilaku pengendara yang tidak baik.

Cara Merawat Ban Yamaha Byson agar Tahan Lama

Untuk menjaga kualitas ban agar lebih tahan lama, Anda perlu menerapkan beberapa tips perawatan di bawah ini.

Advertisements

1. Pastikan tekanan angin ban Yamaha Byson pas

Sebelum menggunakan motor Byson untuk berpergian, sebaiknya periksa dulu tekanan angin pada bannya. Jika angin motor kurang, bawa dulu ke bengkel untuk pengisian dengan tekanan yang pas.

2. Kurangi kecepatan saat melewati jalanan yang tidak rata

Jalan yang berlubang dan tidak rata mampu membuat kondisi ban dan velg cepat rusak. Anda perlu mengurangi kecepatan untuk menghindari hantaman batu serta lubang.

Berkendara secara hati – hati juga mampu mencegah Anda melakukan rem mendadak yang bisa membuat permukaan ban motor Byson cepat halus.

3. Batasi beban angkut motor Byson

Setiap ban motor memiliki maksimum beban angkutnya, termasuk motor Byson. Anda bisa mengecek maksimum beban angkut ban melalui kode yang ada di permukaan samping ban.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada ban motor Byson, hindari mengangkut beban yang terlalu berat.

4. Lakukan pengecekan serta servis secara rutin

Cara untuk mengecek kondisi ban yang paling mudah adalah dengan memperhatikan permukaan ban. jika permukaan ban terlihat halus, itu berarti ban harus segera diganti. Karena jika terus dibiarkan akan membahayakan pengendara.

Oleh sebab itu, pengecekan secara rutin dilakukan untuk mengetahui lebih awal permasalahan yang ada pada ban motor Byson.

Selain itu, kerusakan ban juga bisa disebabkan oleh kerusakan komponen lain seperti monoshock ataupun velg. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk melakukan servis di bengkel kepercaayaan Anda untuk mengetahui kondisi ban serta part motor Byson lainnya.