Ukuran Ban Brio dan Rekomendasi Merk Nya

Ukuran ban Brio – Ukuran ban setiap mobil memiliki standar yang berbeda-beda, termasuk Honda Brio. Bagi anda pengguna mobil Brio, sebaiknya anda mengetahui ukuran standard ukurannya, karena ban sangat berpengaruh pada performa mobil dan tingkat keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Advertisements

Lantas berapa ukuran ban Brio? Ukuran ban Brio RS adalah 185/55 R15 dan ukuran ban Brio Satya adalah 175/65 R14

Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai ukuran ban Brio, anda bisa membaca artikel di bawah ini.

Daftar Isi :

  • Ukuran Ban Honda Brio
  • Rekomendasi Merk Ban Honda Brio
  • Tanda Ban Honda Brio Perlu Diganti
  • Tips Perawatan Ban Mobil Brio Agar Awet

Ukuran Ban Brio

Honda Brio memiliki dua tipe utama dengan ukuran ban yang berbeda. Anda bisa mengetahui ukuran Honda brio nerdasarkan tipenya pada tabel di bawah ini :

Advertisements
Tipe MobilUkuran Ban
Brio RS185/55 R15
Brio Satya175/65 R14

Rekomendasi Merk Ban Mobil Brio

Bagi anda yang ingin mengganti ban mobil Honda Brio anda, kami mempunyai rekomendasi merk dengan kualitas terbaik untuk Honda Brio anda, berikut rekomendasinya :

  • Bridgestone Ecopia EP150 ukuran 175/65 R14 harga sekitar Rp. 650.000
  • GT Radial Champiro Eco ukuran 175/65 R14 harga sekitar Rp. 415.000
  • Dunlop Enasave EC300+ ukuran 175/65 R14 harga sekitar Rp. 566.000
  • Hankook Kinergy Eco2 ukuran 175/65 R14 harga sekitar Rp. 510.000
  • Hankook Kinergy EX H308 ukuran 185/55 R15 harga sekitar Rp.656.000
  • Bridgestone Techno ukuran 185/55 R15 harga sekitar Rp. 690.000
  • Michelin Energy XM2+ ukuran 185/55 R15 harga sekitar Rp. 1.177.000

Jika Anda ingin membeli ban mobil brio, Anda dapat melakukannya melalui aplikasi belanja online, Shopee. di Shopee, Anda akan mendapatkan penawaran harga yang menarik dan gratis ongkir sesuai dengan ketersediaan dan ketentuan.

Tekan tombol berikut ini untuk terhubung langsung di Shopee.

Advertisements

Tanda Ban Honda Brio Perlu Diganti

Selain ban yang termakan usia, penggunaan ban juga bisa mengalami kerusakan dini karena berbagai faktor. Berikut ini tanda-tanda ban Honda Brio anda sudah harus diganti :

Usia ban mobil sudah 3 tahun

Usia maksimal pemakaian ban mobil adalah 3 tahun. hal ini karena ban mobil yang terbuat dari karet. Kelenturan dan elastisitas karet akan terus berkurang seiringnya waktu. Jika lebih dari 3 tahun, hal paling dirasakan adalah ban yang sudah tidak lentur dan keras, sehingga kenyamanan terganggu.

Jarak tempuh sudah mencapai 40.000 km

Jika jarak tempuh telah mencapai 40.000 km, anda perlu mengganti ban anda. Karena pada jarak tempuh ini tingkat ketebalan ban sudah jauh berkurang. Meskipun usia ban belum 3 tahun dan kelenturan ban masih bagus sebaiknya tetap ganti ban anda.

Ketebalan tapak ban mencapai batas TWI

Batas maksimum ketebalan ban bisa dilihat melalui TWI (tread wear indicator) atau penanda berbentuk segitiga yang merupakan batas keausan ban. bila permukaan kembang ban sudah menyentuh ujung segitiga TWI, ban sudah harus diganti.

Ban gundul pada bagian sisi tertentu

Kondisi lokasi terjadinya pengundulan ban pada sisi tertentu, biasanya diakibatkan oleh pemakaian dan kebiasaan pengemudi. Biasanya gundul dapat terjadi hanya di bagian tengah saja atau sisi tepi kanan atau kiri. Sebaiknya ganti ban anda jika terlihat ada penggundulan.

Ban ada benjolan

Munculnya benjolan merupakan tanda anyaman benang atau kawat konstruksi ban ada yang putus. Hal ini menyebabkan ban akan rawan pecah karena tidak lagi kuat menahan tekanan angin ban.  

Adanya retakan pada ban

Adanya retakan biasanya disebabkan oleh kontak dengan jalanan yang panas dalam waktu lama.

Ban sering ditambal

Ban yang terlalu sering bocor dan ditambal akan membuat kekuatan dan performa ban menurun, sebaiknya ganti ban anda jika sudah mempunyai banyak tambalan.

Tips Perawatan Ban Mobil Brio Agar Lebih Awet

Untuk menjaga ban Honda Brio agar awet sampai masa usia penggantiannya, anda perlu melakukan perawatan pada ban anda, berkut beberapa tips dalam merawat ban Brio :

Advertisements

Periksa tekanan angin secara rutin

Pastikan tekanan angin anda selalu stabil, tidak kurang dan tidak lebih. Pada keadaan tekanan angin yang kurang dapat merusak ban dan velg, dan tekanan angin terlalu tinggi dapat membuat ban pecah. Selain itu tekanan angin yang tidak stabil bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Lakukan Rotasi Ban

Meskipun ban digunakan secara bersamaan, hal itu tidak menjamin ketebalan ban merata. Hel tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan mengemudi dan kondisi kaki mobil. Idealnya ban dirotasi setelah jarak tempuh mencapai 5000-10.000 km.

Kurangi kecepatan di jalan rusak dan tidak rata

Saat melalui rute jalan yang rusak dan tidak rata usahakan untuk mengurangi kecepatan mengemudi mobil dan jangan sampai mengebut. Karena benturan keras dapat merusak ban mobil anda.

Hindari pengereman mendadak ketika mobil melaju dengan kencang

Hindari kebiasaan mengerem dadakan saat mobil malaju dengan kencang, hal ini bisa menyebabkan ban lebih cepat aus.

Lakukan pemeriksaan dan servis rutin

lakukan pemeriksaan berkala pada kondisi ban, seperti tingkat keausan ban dan tekanan angin ban, selain itu bawa mobil anda untuk pemeriksaan rutin pada bengkel mobil. Hal ini bertujuan untuk memeriksa kondisi ban, posisi, dan performa ban, serta komponen mobil lainnya.